PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PATTIMURA, AMBON

Authors

  • Pahrul Idham Kaliky Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i1.354

Keywords:

technology communication, instructions based on technology

Abstract

Abstrak Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis penggunaan media internet dalam proses pembelajaran di kalangan mahasiswa Universitas Pattimura di kota Ambon. Studi ini diawali dengan asumsi bahwa pemakaian internet dalam proses pembelajaran pada amahasiswa di Universitas Pattimura Ambon belum dimanfaatkan secara penuh. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang manfaat internet dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode lainnya untuk keperluan bisnis dan industri. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan populasi mahasiswa 1000 orang dan sampel sebanyak 91 orang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan internet dalam proses pembelajaran di kalangan mahasiswa Universitas Pattimura: (1) belum digunakan secara formal, dan hanya digunakan secara informal. Mahasiswa menggunakan internet untuk membantu menyelesaikan tuigas-tugas yang dibebankan kepada mereka, (2) Hambatan yang dialami oleh mahasiswa dan dosen dalam memanfaatkan internet adalah fasilitas yang disediakan belum memadai, diantaranya hardware and software. Hal ini disebabkan oleh karena kurangnya perhatian serta kebijakan dari pimpinan Universitas Pattimura yang bersentuhan dengan teknologi informasiAbstract This research aims to analyze the using of communication internet in the instruction process at Pattimura University students Ambon City. This study is carried out based on the assumption that, in general, the using internet in instruction process at Pattimura University Students has not been totally utilized. This is caused by the lack of understanding of its advantages compared to other methods in regard to the need of business and industry. The type of research is descriptive qualitative. The population of this research are 1000 students. And the number of sample are 91 student. The Result of research indicated that the execution of internet communication online used in the the instruction process at Pattimura University students The study found that; (1) the using of communication internet in the instruction process at Pattimura University students Ambon City are not formal situation but informal. The student usually using internet to find out information about assignment. (2) The resistance in its implementation, due to lack of attention and support of all existing personal. Resistance of it because affected by technology choice which less precisely or old fashion have and implementation which is less strategic. Failure for examples: when conducting transaction emerge by the message 'stop-object reference note set the to an instance of an object’. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin.Martoenoes, 2006. Strategi dan

Model Belajar Mengajar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar:

Makassar

Bloom,B.S, 1981. Taxonomy of Educational

Objectives; A Cognitive Domain, New

York: Lorngman.

Cangara, Hafied, 2007.Edisi Revisi,

Pengantar Ilmu Komunikasi :

PT.RajaGrafindo Persada : Jakarta. Cobine, G.R. (1997). Studying with the Computer . ERIC Digest. (Online).

Tersediahttp://www.ericfacility.net/eric digests/ed450069.html. (diakses tanggal 13 gustus 2009).

Gagne,R.M.1970. Condition of Learning. New York: Holt Rinehart & Wiston, In

Hamalik, Oemar. (2000). Kurikulum dan Pembelajaran : Bumi Aksara : Jakarta.

Indrajit & Djokokopranoto, (2006).

Manajemen Perguruan Tinggi

Moderen,: Cv. AndI : Yokyakarta. Juditha, Christiany, 2007. Studi Pemanfataan IT pada Masyarakat Kota Gorontalo dan Jayapura. Termuat dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Edisi No. 51/2007, Badan Litbang Sumber Daya Manusia Departemen Komunikasi dan Republik Indonesia, Informatika Jakarta.

Krect, D Coutchfild dan Ballachey, 1982. Individual in Society, McGrow Skill Book, Co, New York.

Kriyanto Rachmat, (2007). RISET KOMUNIKASI: Prenada Media Group: Jakarta.

Littlejohn Stephen.W , 1989, Theories of Human Communication, Third Edition, Wadswort Publishing Company, Belmont California.

Mudhofir. 1992. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong.J.Lexy, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remadja Rosdakarya. Bandung.

Muhammadin.Nadjib.M, 2007. Hasil Penelitian Disertasi: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Daya Saing Universitas Hasanuddin. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin : Makassar.

Miarso Y usufhadi, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Prenada Media: Jakarta.

Muhibin Syah, 1995. Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: CV.Alfabeta: Bandung

Nadya, Abrar. 2003. Perpektif Teknologi Informasi dan Komunikasi.. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Pala, Rukman (2008). Pemanfaatan galeri Internet bagi Siswa pada Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi Wilayah VII Makassar. Hasil penelitian belum diterbitkan pada BBPPKI Makassar.

Priowirjanto, Gatot Hari, dkk, (2008) dalam makalah yang berjudul “Sejarah Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dari Jarnet hingga Jardiknas menuju ke South East Asian Education Network (SEAEduNet)”, (http://khalidmustafa. wordpress.com/2008/05/23/).

Rogers.Evert.M, 1985. Communication Tecnology, The New Media in Society. The Free Press A Division of Macmillan, Inc. Ney York.

Sadiman.Arief.S.dkk, 2008. MEDIA PENDIDIKAN : PT.RajaGrafindo Persada : Jakarta

Sagala Syaiful. (2006), Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Memecahkan Problematka Belajar, Pener- bit.Alfabeta, Bandung.

Sardiman A.M, 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Saud,Udin Saefuddin dan Suherman,Ayi. 2006. Inovasi Pendidikan, Peneribit UPI Press: Bandung

Scott, George. 2001. Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. PT. RadjaGrafindo Persada, Jakarta.

Siagian, P Sondang, 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya, PT. Rineka Cipta. Jakarta

Suriasumantri, 1994. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Sinar Harapan, Jakarta.

Wagner, Richard V. And John J. Skerwood, 1969. The Study of Attitude Change, Belmon, California. Brooks/Cole Publishing Company.

Witherington,H.C. 1952. Educational Psychology, Buston: Ginn and Co

Sugiono. 2003. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Syukur Fatah, 2005. Teknologi Pendidikan : Rasail (Ranah Ilmu-Ilmu Sosial Agama Dan Interdisiplinier) : Semarang.

Wahid, Fathul, 2007. Teknologi Informasi Dan Pendidikan: Ardana Media: Y ogyakarta.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles