STRATEGI PROMOSI FILM ADA APA DENGAN CINTA 2 MELALUI MEDIA ONLINE
Keywords:
Strategi Promosi, Film Ada Apa Dengan Cinta 2, Media online.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motif Miles Films memanfaatkan media online dalam mempromosikan film Ada Apa Dengan Cinta 2; (2) Untuk mengetahui strategi Miles Films dalam mempromosikan film Ada Apa Dengan Cinta 2 melalui media online. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, dengan menggunakan ruang virtual berupa surat eletronik dan beberapa data yang didapatkan melalui jejaring sosial. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitif. Informan dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian in adalah wawancara, observasi, dan melakukan studi kepustakaan untuk mengkaji buku-buku, hasil penelitian, dan literatur-literatur lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Miles Films memiliki beberapa motif dalam memanfaatkan media online dalam mempromosikan film Ada Apa Dengan Cinta 2. (1) sebagai media promosi yang menjangkau calon penonton yang lebih muda. (2) feedback atau masukan yang didapatkan dari pengguna media online lebih cepat. (3) media online meupakan media yang sederhana dan mudah dalam penggunaanya. (4) media online sebagai media promosi terkini dalam proses mempromosikan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Beragam strategi yang dilakukan Miles Films dalam upaya memanfaatkan media online sebagai alat untuk mempromosikan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Di antaranya seperti pemanfaatan YouTube sebagai media meluncurkan trailer film, menjalin kerjasama dengan portal berita online dan media sosial, mengadakan kuis online, serta memanfaatkan bentuk komunkasi kreatif di media sosial seperti meme.
References
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Hersinta & Suwana, Fiona. 2012. ‘Komunikasi WOM dan Aspek Konversasional Dalam Retweet Mengenai Film Harry Potter dan The Deathly Hallows: Part 2’. Exposure: Journal of Advanced Communication. Vol.1/Februari: 297. https://books.google.co.id/books?id=1e0e3h0ajNQC (diakses tanggal 12 Juni 2017 pukul 20.14 wita)
Kerrigan, Finola. 2010. Film Marketing. Oxford: Elsevier Ltd.
Morissan . 2010. (b) Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Yogyakarta
Puspa, Y.Y. dkk. 2014. ‘Strategi Promosi Dalam Menjaring Calon Mahasiswa Baru Pada UPBJJ-UT Palu Di Wilayah Propinsi Sulawesi Tengah’. Jurnal Komunikasi Kareba. Vol.III No.4/Oktober-Desember 281-288.
Sasilia, Aulianti. 2016. Strategi Promosi Buku “Critical Eleven” Oleh Akun Instagram Ika Natassa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Schultz, Don E, dkk. 1993. Integrated Marketing Communication. Lincolnwood, III., USA: NTC Bussiness Books.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
http://aadc2.com/ (diakses pada 22 November 2017 pukul 21.00 wita)
https://www.facebook.com/AADC2movie (diakses pada November 2017 pukul 21.00 wita)
https://www.instagram.com/milesfilms/ (diakses pada 20 November 2017 pukul 19.12 wita)