PEMIKIRAN INOVATIF DAN MOTIVATIF SYAHRUL YASIN LIMPO DALAM MEMAJUKAN PEMBANGUNAN DAN PEMERINTAHAN DI SULAWESI SELATAN

Authors

  • Muh. Ibrahim Halim Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan
  • Andi Alimuddin Unde Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Farid Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5178

Keywords:

Media Komunikasi Massa, Buku SYL WAY, Pemikiran Inovatif dan Motivatif, Analisis Framing

Abstract

Buku SYL WAY merupakan salah satu media komunikasi massa yang dimanfaatkan Syahrul Yasin Limpo sebagai media penyebaran informasi dan ide-ide kepada khalayak, di mana ide-ide dalam buku SYL WAY bermuatan pesan inovatif dan motivatif dalam kaitannya dengan pembangunan dan pemerintahan di Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemikiran inovatif dan motivatif Syahrul Yasin Limpo melalui esai terhadap pembangunan dan pemerintahan di Sulawesi Selatan. Metode penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Objek penelitian ini adalah empat seri buku SYL WAY yaitu SYL WAY I, SYL WAY II, SYL WAY III, dan SYL WAY IV. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi pemikiran inovatif dan motivatif Syahrul Yasin Limpo dalam menulis dipengaruhi tiga faktor yakni sebagai seorang pamong atau birokrat yang merangkak dari bawah dengan jenjang karier birokrasi yang lengkap, sebagai putra seorang mantan pejuang kemerdekaan, dan karakter kultural sebagai orang Gowa yang memegang prinsip dan teguh memperjuangkan hal yang ingin dicapainya. Upaya penyebaran informasi dan ide-ide inovatif dan motivatif dilakukan melalui media berupa buku yang merupakan media komunikasi massa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara (2014). Komunikasi Politik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Entman (1993). Framing: Toward Clarification of Fractured Paradigm. Journal of Communication vol. 43. International Communication Association.

Eriyanto (2011). Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT. LKiS.

Harun R. H. & Ardianto E. (2012). Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial. Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. Depok. Rajawali Pers.

Kriyantono R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana.

Little Jhon, Stephen & W, Foss, A. Karen (2011). Theoris of Human Communication. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail D. (2011). Teori Komunikasi Massa (Buku 1 Edisi ke-6). Jakarta: Salemba Humanika

Muis A. (2012). Mata Air Peradaban: Memorial Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Yogyakarta. Citra Pustaka kerja sama Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Sulawesi Selatan.

Roobins S.P. & Judges T. A. (2008). Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.

Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotic, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Articles