KONSTRUKSI PENCITRAAN MASKULINITAS PADA MAJALAH MEN’S HEALTH INDONESIA VERSUS FEMINITAS PADA MAJALAH WOMEN’S HEALTH INDONESIA

Authors

  • Andi Azisah Azis Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Hafied Cangara Ilmu Komunikasi Fiisp Unhas
  • Tuti Bahfiarti Ilmu Komunikasi Fiisp Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v4i4.646

Keywords:

Masculinity, femininity, Indonesia Men’s Health magazine, Indonesia Women’s Health magazine

Abstract

Abstract The aim of the research was to determine the construction of image projection of masculinity formed Indonesia Men’s Health magazine versus femininity of Indonesia Women’s Health magazine. The subjects of the research were the covers of Indonesia Men’s Health magazine and Indonesia Women’s Health magazine published from December 2014 to May 2015. The methods of obtaining the data were done by interpreting picture texts and categorizing written text topics. They were analyzed descriptive qualitatively using the model of semiotics according to Roland Barthes. The results of the research indicate that Indonesia Men’s Health magazine constructs masculinity of men based on appearance, does new construction on the meaning of masculinity different from the previous one, changes the stereotype of men to be soft through self-care habit, and maintains appearance. It is also found that Indonesia Women’s Health magazine contructs woman femininity based on face beauty and feminine body shape and strengthens woman stereotype as a super woman who is courageous to enter public space.Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi pencitraan maskulinitas yang dibentuk majalah Men’s Health Indonesia versus konstruksi pencitraan feminitas yang dibentuk majalah Women’s Health Indonesia. Subjek penelitian ini adalah sampul majalah Men’s Health Indonesia dan majalah Women’s Health Indonesia edisi Desember 2014 sampai dengan Mei 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menginterpretasikan teks gambar dan membuat kategorisasi topik teks tertulis yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model semiotika menurut Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah Men’s Health Indonesia mengkonstruksi maskulinitas pria berdasarkan penampilan, melakukan konstruksi baru terhadap arti maskulinitas yang berbeda dari sebelumnya serta mengubah streotipe pria menjadi lembut melalui kebiasaan perawatan diri dan menjaga penampilan. Penelitian ini juga menemukan bahwa majalah Women Health Indonesia mengkonstruksi feminitas wanita berdasarkan kecantikan wajah dan bentuk tubuh yang feminis serta memperkokoh streotipe wanita sebagai wanita super yang berani masuk ke ruang publik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Devereux, Eoin. 2014. Understanding The Media. London: Sage Publication.

Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta: Granit.

Huxley, Aldous. 1974. The Art Of Seeing. London: Chatto & Windus.

Ibrahim, Idi Subandi. 2011. Kritik Budaya Komunikasi: Budaya, Media, dan Gaya Hidup dalam Proses Demokratisasi di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandi dan Bachruddin Ali Akhmad. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandi dan Hanif Suranto (ed.). 1998. Wanita dan Media: Konstruksi Idiologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kelsey, L. 2003. Was It Good For You Too? 30 Years of Cosmopolitan. London: Robson Books.

Kusumaningrum, E. 2012. Maskulinitas dalam Iklan Majalah Men’s Health. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Littlejohn, Stephen W. dan Karen A. Foss. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Marlianti, Nelly dan Ade Suryani. 2012. Representasi Tubuh Perempuan dalam Rubrik Kecantikan di Majalah Femina Edisi Mei 2011. Jurnal Komunikologi, 9(2):67-73.

Sondakh, Priska Cinthia. 2014. Maskulinitas di Majalah Pria: Studi Semiotika Terhadap Rubrik Rupa di Majalah Men’s Health Indonesia. Jurnal e-Komunikasi, 2(2):1-12.

Stokes, Jane. 2003. How To Do Media and Cultural Studies. London: Sage Publication.

Susanto, A. B. 2001. Potret-potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia yang Dilipat Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Bandung: Matahari.

McKay, Jenny. 2010. The Magazine Handbook. London: Routledge.

Downloads

Published

2016-06-29