STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DI KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Andi Surahmi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Farid Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6959

Keywords:

rategi komunikasi, Pemerintah Kecamatan, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan.

Abstract

ABSTRAK Dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan setiap program pembangunan. Oleh karena itu dukungan masyarakat hendaknya selalu mendapat perhatian dan selalu diusahakan keberadaannya dalam setiap kesempatan. Namun untuk menggerakkan masyarakat agar ikut terlibat aktif dalam pembangunan maka dibutuhkan strategi komunikasi yang baik oleh seorang pemimpin. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Kecamatan Duampanua dan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Duampanua dalam pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sebagai metode penyelesaian masalah penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumen-dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang untuk ikut serta dalam pembangunan daerah, strategi komunikasi yang diterapkan oleh aparatur pemerintah Kecamatan Duampanua yaitu Sender (komunikator), Mesagge (pesan), Channel (media), Receiver (komunikan) serta pembangunan tindak lanjut pembangunan secara partisipatif serta faktor yang mempengaruhi komunikasi pembangunan kecamatan secara partisipasi di Kecamatan Duampanua. Adapun tingkat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, dilakukan dalam bentuk paritispasi fisik dan non fisik. Dalam partisipasi fisik yaitu keterlibatan masyarakat berupa bantuan tenaga dan bantuan materiil. Sedangkan partisipasi non fisik yaitu Pemerintah Kecamatan Duampanua memberikan peluang kepada masyarakat untuk memberikan sumbangsi pemikiran yang baik untuk rencana pembangunan Kecamatan Duampanua. Kata Kunci : Strategi komunikasi, Pemerintah Kecamatan, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

 Anderson JE. 1960. Public Finance: Principles and Policy. Houghton Mifflin: Boston.Dauda, Carol L. 2004. The Importance of De Facto Decentralization in Primary Education in Sub-Saharan Africa PTAs and Local Accountability in Uganda. Journal of Planning Education and Research 2004 24:28.Agus. 2015. Peran Komunikasi Badan Kesbangpol dalam Pembinaan Umat Melalui Forum Kerukunnan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Maros. UNHAS. Makassar.Arifin, anwar. 1994.  Strategi Komunikasi. CV Amrico. BandungAnderson, E, K. 1992. Introduction and Communication Theory and Practice. Cummings Publishing Company Menlo Park. California.Atkinson, 1994. An Introduction to Motivation. D. Van Nostrand Company, Inc, New York.Bahfiarti, Tuti. 2012. Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi. Universitas Hasanuddin. Makassar.Bandura, Albert. 1997. Aggression: A Sosial Learning Analysis. Englewood Prentice Hall. New York.Depari, Eduard and Mc Andrew, Collin. 1991. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Gadjah Mada University. Yogyakarta.Siswanto H.B. 2011.  Pengantar Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta. Curtis, Daw B., et.al., 2016. Komunikasi Bisnis dan Professional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada. JakartaCangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada. JakartaEffendy, Onong Uchajana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Bandung.Eggen, P, dan Kauchak, D. 1997. Educational Psychology. Prentice Hall Inc.United Stated,Handoko, T. Hani. 2002.  Manajemen. BPFE. Yogyakarta.Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga. Yogyakarta.Sherwyn P. Morreale Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge. 2007. Human Communication : Motivation, Knowledge and slalls.Robbins, James G. dan Janes, Barbara S. 1986. Komunikasi Yang Efektif, Untuk Pemempin, Pejabat Dan Usahawan.  CV. Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.West, Richard & Turner, Lynn, H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi, Edisi Ketiga. Salemba Humanika. Jakarta.

Downloads

Published

2018-12-17

Issue

Section

Articles