KOPI KALOSI ENREKANG DALAM BRANDING KOPI TORAJA

Authors

  • Saripa Nugrawati <p align="center">Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Hasanuddin</p><p align="center">&nbsp;</p>
  • Muhammad Yunus Amar <p align="center">Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin</p><p align="center">&nbsp;</p>

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6966

Keywords:

Komunikasi, Bauran Promosi, Brand Image

Abstract

 ABSTRAKKopi merupakan komoditas perkebunan yang masuk dalam kategori komoditi strategis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk promosi kopi Kalosi Enrekang dan kendala – kendala yang menghambat aktifitas promosi kopi Kalosi Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Enrekang dan Kota Makassar. Informan penelitian sebanyak lima belas orang yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas promosi kopi Kalosi Enrekang dilakukan dengan menerapkan empat jenis promosi, yaitu melalui iklan, penjualan pribadi, promosi Penjualan, dan Word of Mouth Communication. Kendala yang menghambat kegiatan promosi kopi Kalosi Enrekang adalah biaya promosi yang dianggarkan oleh pemerintah Kabupaten Enrekang yang tergolong minim dan ketersediaan bahan baku atau stok kopi Kalosi Enrekang yang belum mampu untuk memenuhi permintaan pasar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKAAlam S. (2007). Kelayakan Pengembangan Kopi Sebagai Komoditas Unggulan Di Propinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Socio-Economic of Agriculture and Agribusiness SOCA 7 (2) 1-14.Belch E. & Belch A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.Cangara H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.Irawan B.S. (1998). Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Liberty.Miles B.B. & Huberman A.M. (1992). Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press Jakarta.Raharjo A. (2013). Pembangunan Ekonomi Maritim. Yogyakarta: Graha Ilmu.Rangkuti F. (2007). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.Ronald C. (2014). Pengaruh Bauran Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada PT. Ciputra Fajar Mitra Di Makassar (Tesis). Makassar: Universitas Hasanuddin.Siswoyo P. (1993). Kopi Internasional dan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.Sugiyono (2008). Metode Penelitian Bisnis Cetakan keduabelas. Bandung: Alfabeta.Tjiptono F. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi. 

Downloads

Published

2018-12-20

Issue

Section

Articles