ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KAMPANYE POLITIK PADA MEDIA BALIHO PILPRES DAN WAPILPRES JOKOWI-JK 2014 DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Andry Priyadharmad <p align="center"><span style="font-size: 8.33333px;">J</span>urusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain,</p><p align="center">Universitas Negeri Makassar</p>
  • Moehammad Iqbal Sultan <p align="center">Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,</p>Universitas Hasanuddin, Makassar&nbsp;

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v8i1.8886

Keywords:

Analisis Semiotika, Kampanye politik, Pemilihan Presiden, Pesan

Abstract

Latar belakang penelitian ini di karenakan dasawarsa media luar ruang mempunyai peran strategis dalam kehidupan politik berbangsa dan bertanah air. Media luar ruang juga berperan dalam menyalurkan dan menyebarkan informasi tentang peristiwa politik. Penelitian ini bertujuan menjelaskanpemetaan tanda yang terkandung pada media baliho dan menginterpretasikan pesan politik yang terkandung pada media baliho pilpres dan wapilpres Jokowi-JK 2014 di kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan analisis semiotika dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung baik berupa gambar siap olah maupun gambar yang telah di olah dari tim pemenangan kampanye Jokowi-JK di kota Makassar. Sedangkan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan melalui dokumen-dokumen tertulis yang berkaitan dengan makna pesan kampanye Jokowi-JK. Data di analisis dengan metode kualitatif deskriptif, teori yang digunakan adalah teori perbedaan pendapat, teori informatif, teori persuasif dan teori propaganda. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan pemetaan pada baliho pertama terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, sedangkan pada baliho kedua terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, baliho ketiga terdapat dua ikon, tujuh indeks dan tiga simbol, baliho keempat terdapat dua ikon, enam indeks dan dua symbol, baliho kelima terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol, pada baliho keenam terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol dan terkahir pada baliho ketujuh terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol. Sedangkan pada pada representasi pesan kampanye politik pada media baliho pilpres dan wapilpres 2014 adalah Jokowi-JK merupakan pemimpin transformasional dan melayani dengan memiliki beberapa karakter diantaranya seperti merakyat, amanah, sederhana, bijaksana, jujur dan bertanggung jawab. Adapun jenis pesan yang digunakan pada media baliho kampanye Jokowi-JK ini pada umumnya menggunakan jenis pesan yang bersifat propaganda.                                                                                            

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balai Pustaka. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai PustakaBudiman, K. (1999). Kosa Semiotika. Yogyakarta: LKiSBungin, Burhan (2009). Penelititan Kualitatif.Jakarta: KencanaCangara, H. 2014. Komunikasi Politik. Edisi Revisi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta___________. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Kedua. PT Rajagrafindo Persada: JakartaEco, U. 2009. Teori Semiotika. Kreasi Wacana: YogyakartaEffendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. PT Mandar Maju: BandungFiske, John. 1994. Introduction to Communication Studies. Routledge: LondonGriffin E.M. 2003. A First Look Communication Theory. Mcgrawhill: New YorkKriyantono, R.(2006). Teknik Praktek Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media GroupKompasiana. 2014. Presiden Jokowi Harapan Baru Indonesia. PT Elex Media Komputindo: JakartaLittlejohn, S.W. 2005. Theories of Human Communication. Wadsworth: California____________. (Edisi 9) 2008. Teori Komunikasi.Terjemahan oleh Mohammad Yusuf Hamdan. 2009. Salemba Humanika: JakartaMulyana, B. 2002. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. PT Remaja Rosakarya: BandungNugroho, B & Setia, M.Y.P. 2014. Jokowi People Power. PT Gramedia Pustaka Utama: JakartaNoth, W. 1995. Handbook of Semiotics. Indiana University Press: BloomingtoonNoth, W. 2006. SEMIOTIKA. Airlangga University Press: SurabayaPeirce, Charles Sanders, 1931-58. Collected Papers. Vols.1-6 ed. Hartshorne, Charles, and Weiss, Paul; vols.7-8 ed. Burks, Arthur W. Harvard Univ. Press: Cambridge_________. 1977b. Semiotic and significs: The Correspondence between Charles Sanders Peirce and Victoria Ledy Welby, ed. Indiana Univ. Press: Hardwick, C.S. BloomingtonPilang, Y. A. (Edisi 4). 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Gaya. Matahari: BandungRustan, S. 2011. Font & Tipografi. PT Gramedia Pustaka Utama: JakartaRusmana, D. 2014. Filsafat Semiotika. CV Pustaka Setia: BandungSanyoto, E.S. 2010. Nirmana. Edisi Kedua. Jalasutra: YogyakartaSantoso, R. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Eureka & JP Press: SurabayaSeverin, W.J dan Tankard, J.W.Jr. 2014. Teori Komunikasi: Sejarah,Metode,Terapan di dalam Media Massa. Edisi Kelima. PT Rajagrafindo Persada: JakartaSimarmata, S. 2014. Media dan Politik. Sikap Pers terhadap Pemerintahan Koalisi di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: JakartaSobur, A. 2001/2002. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya: Bandung____________. 2013. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: BandungTinarbuko, S. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Edisi Revisi. Jalasutra: YogyakartaUmbas, M. 2014. Solusi Jokowi 1. PT Gramedia Pustaka Utama: JakartaWibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi. Edisi kedua. Mitra Wacana Media: JakartaWiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo: JakartaWikipedia, 2015Wulandari, R. 2014. Media Darling Ala Jokowi. PT Gramedia Pustaka Utama: JakartaYuda, H.AR &Poltracking, Tim. 2014. Jejak Para PEMIMPIN. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Downloads

Published

2019-12-30