MODEL ANTESEDEN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KOGNITIF PADA PELANGGAN INDIHOME DI KOTA BANDUNG
Keywords:
persepsi nilai, kepuasan teknis, kepuasan fungsional, sikap loyalitas, perilaku loyalitas, loyalitas kognitif, perceived value, technical satisfaction, functional satisfaction, attitude loyalty, loyalty behavior, cognitive loyaltyAbstract
Abstract
The development of information and communication technology is currently very fast. One of the developments in information and communication technology is the internet. Indihome as one of the largest internet service provider products in Indonesia. The purpose of this study was to analyze and explain the effect of perceived value, technical satisfaction, functional satisfaction, loyalty attitudes, and loyalty behavior in forming cognitive loyalty. This type of research is a quantitative survey, with verification research methods. The sample in this study used 400 people as respondents where the respondents were users of indihome products in the city of Bandung. Data collection techniques using kueisoner and then distributed using google form. The sampling technique was purposive sampling with several respondents' criteria. Data analysis using descriptive analysis. The results achieved indicate that loyalty behavior has a greater positive and significant influence in forming cognitive loyalty than perceived value, technical satisfaction, functional satisfaction and loyalty attitudes.
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat. Salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini adalah internet. Indihome sebagai salah satu produk penyedia layanan internet terbesar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh persepsi nilai, kepuasan teknis, kepuasan fungsional, sikap loyalitas, perilaku loyalitas dalam membentuk loyalitas kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survey, dengan metode penelitian verifikatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 400 orang sebagai responden yang dimana responden adalah pengguna produk indihome di kota Bandung. Teknik pengambilan data menggunakan kueisoner lalu disebarkan menggunakan google form. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa perilaku loyalitas lebih besar pengaruh positif dan signifikan dalam membentuk loyalitas kognitif daripada persepsi nilai, kepuasan teknis, kepuasan fungsional dan sikap loyalitas.