THE INFLUENCE OF THE MARKETING MIX ON CUSTOMER SATISFACTION AT KOPI KENANGAN RATU INDAH MALL, MAKASSAR
Keywords:
produk, harga tempat, promosi, kepuasan pelangganAbstract
Abstract
The research was conducted to know the effect of the marketing mix on consumer satisfaction at the Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar Coffee Business. This is motivated by the increasingly competitive world market, making the business world, especially food and beverages, demand to be professional and to be able to respond to consumer needs. The solving method determines the number of samples by incidental random sampling. Then the analytical method used in this study is the research instrument test, multiple regression test, and classical assumption test. The results of this study indicate that the Variables Product, Price, Place, and Promotion have a positive and significant impact on increasing customer satisfaction at Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar. Meanwhile, physical evidence has no significant effect on customer satisfaction at Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar.
Abstrak
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar. Hal ini dilatarbelakangi oleh Pasar dunia yang semakin kompetitif, membuat dunia usaha khususnya makanan dan minumam dituntut untuk profesional, serta dapat menanggapi kebutuhan konsumen. Metode slovin merupakan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel dengan insidental random sampling. Kemudian metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji regresi berganda uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Product, Price, Place, Promotion memiliki pengaruh positif sekaligus signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar. Sedangkan untuk bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Kenangan Mall Ratu Indah Makassar.