تعليم اللغة العربية عن بعد وتطوره في جامعة حسن الدين مكاسر
Keywords:
تعليم, اللغة العربيةAbstract
Artikel ini membahas tentang perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Universitas Hasanuddin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang ditampilkan dari dokumen laporan program studi bahasa dan dokumen Universitas Hasanuddin yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin selalu mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran dalam jaringan dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Mode kedua jenis pendekatan pembelajaran ini berbeda. Mode pembelajaran bahasa Arab dalam jaringan memiliki ciri yaitu materi pembelajaran dan penugasan disiapkan pada media learning management system (LMS atau Sikola) dan tatap muka dilakukan dalam kelas. Sedangkan mode pembelajaran jarak jauh materi pembelajaran dan penugasan disiapkan pada media learning management system (LMS atau Sikola) tetapi tetap muka dilaksanakan terkadang dalam kelas dan lebih banyak dilakukan dalam jaringan melalui video konferensi. Selain itu, perkembangan media teknologi pembelajaran senantiasa diikuti oleh sivitas akademika program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin, misalnya perubahan platform LMS menjadi Sikola. Kesiapan menghadapi perubahan teknologi pembelajaran selalu diperhatikan program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin.References
المراجع العربية
رمزي، احمدعبد الحي، 2010: التعليم عن بعد في الوطن العربي وتحديات القرن الحادي والعشرين. القاهرة: مكتبة الأنجلو المصرية.
مختار، إبراهيم سليمان أحمد، 2006: تعلم اللغة العربية عبر الشبكة العالمية. الطبعة الأولى. ماليزيا: الجامعة الإسلامية العالمية.
المراجع غير اللغة العربية
Baso, Yusring Sanusi. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady Al-Adab, 4:2, p. 40-48.
Baso, Yusring Sanusi. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Nady Al-Adab, 5:2, p. 48-54.
Baso, Yusring Sanusi. 2009. Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang: Myskat.
Baso, Yusring Sanusi. 2016. Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System. Makassar: Program Studi Bahasa Arab Unhas.
Program Studi Bahasa Arab Universitas Hasanuddin. 2012. Laporan Hibah Program Hibah Kompetisi Institusi (PHK-I). Tidak dipublikasikan.