Pembentukan Identitas Ideologi Prestise Media Sosial blackberry Messenger (BBM) pada Smartphone

Authors

  • Haeriyyah Haeriyyah Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v15i2.10614

Keywords:

Ideologi, Semiotika, Barthes

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi ideologi prestise dengan teori mitologi Barthes dari sebuah aplikasi BBM di smarphone. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan dengan metode kualitatif.Hasli penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat distorsi dan penyelewengan teks yang mengakibatkan “kesadaran palsu”. Smartphone yang gaul, berprestise dan  mahal adalah smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Sosial media BBM. “Kesadaran palsu” ini membuat orang berpikir bahwa yang tidak menggunakannya berarti tidak gaul dan bisa saja berpotensi mengurangi kepercayaan dirinya. Sehingga mereka harus berusaha dengan berbagai cara agar smartphone yang dia gunakan harus memiliki aplikasi media Sosial BBM, walaupun terkadang dia hidup pas-pasan. Identitas smartphone gaul yang ditampilkan oleh model-model dalam iklan bukanlah realitas yang sebenarnya. Semua yang ada telah direkayasa untuk mempersuasi orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mariyanto, T., & Jacky, M. (2014). MITOS DAN KRITIK DALAM IKLAN 3 (Analisis Semiologi Roland Barthes terhadap Mitos Kritis Iklan 3 Indie+). Paradigma, 3.

TVC Collection Indonesia. (2018, 17 Februari). Iklan Samsung Galaxy Y Neo - Smartphonya Kita Kita Versi Gading Marten. Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=DYuWS5nfFes

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Haeriyyah, H. (2018). Pembentukan Identitas Ideologi Prestise Media Sosial blackberry Messenger (BBM) pada Smartphone. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 15(2), 20-26. https://doi.org/10.20956/jna.v15i2.10614