Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Buton

Authors

  • Rahmatia Hasanuddin University
  • Muhammad Darwis Hasanuddin University
  • Lukman Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13516

Abstract

Kesalahan fonologi ditemukan saat siswa membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Buton, dan mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan fonologi tersebut. Desain penelitian adalah analisis kesalahan berbahasa dengan jumlah sampel 20 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data diperoleh dengan langkah-langkah pengumpulan data, pengidentifikasian kesalahan yang terdapat dalam data, pengklasifikasian kesalahan berdasarkan bentuknya, dan penjelasan kesalahan dengan mencari penyebab kesalahan tersebut, serta pengevaluasian atau penilaian taraf keseriusan kesalahan itu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesalahan fonologi membaca teks bahasa Arab berdasarkan makhorijul huruf. Kesalahan fonologi dalam melafalkan huruf hijaiah berdasarkan makhorijul huruf  atau tempat keluarnya huruf terbagi dalam al-jauf (rongga mulut), al-halq (tenggorokan), al-lisan (lidah), asy-syafatain (bibir), dan al-khaisyum (pangkal hidung). Lebih lanjut, kesalahan fonologi terjadi dalam beberapa bentuk, yakni penghilangan fonem, pengurangan fonem, dan perubahan fonem. Faktor penyebab terjadinya kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab disebabkan oleh penyaramataan berlebihan yang dilakukan siswa dalam melafalkan huruf hijaiah (kesalahan intralingual) dan masih terpengaruh oleh bahasa pertama (kesalahan interlingual).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Al-Naqah, Mahmud Kamil. 1985. Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Li Al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisi. Makkah Al-Mukarramah: Jami’at Um Al-Quran.

Amrulloh, Muhammad Afif dan Haliyatul Hasanah. 2019. Analisis Kesalahan Fonologi Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Jurnal Bahasa Arab Vol. 3, Nomor 2. Lampung: UIN Raden Intan.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Corder, S.P. 1981. Error Analysis and Interlangue. England: Oxford University Press.

Djumingin, Sulastriningsih, Vivi Rosida, dan Bakhtiar. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Humam, KH. As‟ad. 2005. Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional.

James, Carl. 1998. Error in Languange Learning and Use Exploring Error Analysis. London: Longman.

Junaidi, Achmad. 2015. Analisis Program Siaran Berita Berjaringan di Programa 1 RRI Samarinda dalam Menyampaikan Berita dari Kawasan Perbatasan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3, Nomor 2. Samarinda: FISIP UNMUL.

Kridalaksana, Harimurti. 1995. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nuraini. 2012. Kesalahan Pelafalan Bahasa Jawa. Makalah.

Richards, Jack C. 1974. Error Analysis Perspective On Second Language Acquistics. Inggris: Longman.

Sami, Abdus, Abdul Naeem, dan Abdul Moin. 2010. Al-Quran-Ku Dengan Tajwid Blok Warna. Jakarta: Lautan Lestari.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Tarigan, Djago dan Sulistyaningsih Lilis. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

-------------------------. 1984. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.

-------------------------. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur dan Tarigan Djago. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tim Pelaksana Pentashihan al-Quran. Al-Quran Dan Terjemahannya.

Wadud, Abd. 1997. Al-Qur’an Hadist. Semarang: Toha Putra.

Wulandari, Nawang. 2020. Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Al-Fathin Vol. 3, Nomor 1. Lampung: IAIN Metro

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Rahmatia, Muhammad Darwis, & Lukman. (2021). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Buton. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(1), 121-139. https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13516