Analisis Marga (العشيرة) / ’Al-Asyīratu/ pada Keturunan Arab di Kota Medan

Authors

  • Agung Qosym Yus USU

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v18i2.18134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marga yang di gunakan pada keturunan Arab di kota Medan dan untuk mengetahui makna marga pada keturuan Arab di kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan metode Analisis Deskriptif dengan menggunakan teori Sibarani (Sibarani, 2004) Makna nama marga ini dapat berupa makna futratif, makna situasional, dan makna kenangan. Hasil dari penelitian ini adalah Marga pada keturunan Arab di kota Medan yang termasuk kedalam makna futuratif ada 14 Marga yaitu : Ba’aqil, Yahya, Babel Khayr, Balatif, Ya’ghub, Bin Abdul Aziz, Muthahhar, Abdat, Banaem, Ba’fai, Bin Saad, Bamhemud, Ba’fai, Al-Amri dan Bafadhal. Hasil dari penelitian ini adalah Marga pada keturunan Arab di kota Medan yang termasuk kedalam makna situasional ada 37 Marga yaitu yaitu : Al-Habsyi, Al-Masir, Jamalulleil, Al-Mahdaly, Bawazier, Al-Qadri, An-Nahari, Billeil, Gozi, Jabri, Bahadjaj, Mazrok, Al-Munawwar, Samin, Hedra, Basalamah, Al-Khayyath, Assewet, Badgel, Jaelani, O’basabeh, Baziad, Badres, Baodan, Sungkar, Syarir, Shahab, Al-Jufri, Ba’awab, Baswedan, Bayya, Yafei, Al-Aghrabi, Yamani, Bajened, balaskaf, dan Baayes. Hasil dari penelitian ini adalah Marga pada keturunan Arab di kota Medan yang termasuk kedalam makna kenangan ada 16 Marga yaitu, yaitu : Al-Kaf, Al-Haddad, Al-Idrus, Assegaf, Aidid/Aididah, Al-attas, Hamdeh, Syamlan, Madhi, Misri, Ba-asyr, Bin Faid, Zubaidi, Baswan, Ba’tebe dan Nabhan Kata Kunci: Keturunan Arab kota Medan, Marga, Makna, Antropolinguistik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ibrahim. 2002.معجم البلدان والقبائل اليمنية /mu'jamu al-buldānu wa al-qabāilu al-yamaniyyatu/. Beirut: Dar Al Kalimah.

Aidid, Muhammad Hasan. 1999. Petunjuk Monogram Silsilah Berikut Biografi dan Arti Gelar Masing-masing Leluhur Alawiyyin. Jakarta: Penerbit Amal Saleh.

Al-Khuli, Muhammad Ali. 1982. A Dictionary of Theoretical Linguistitic: English-Arabic with An Arabic-English Glosary. Beirut: Maktabah Lubnan.

Almasyhur, Idrus Alwi. 2015. Sejarah, Silsilah & Gelar Keturunan Nabi Muhammad SAW. Jawa Timur: Pustaka Salma. al-Qur’an Al-Karim.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahafdullah, Madjid Hasan. 2010 Dari Nabi Nuh sampai orang Hadhramaut di Indonesia. Jakarta: Bania Publishing

Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dhaif, Syauqi. 2011. Al-Mu'jam Al-Wasith. Mesir: Maktabah Shurouq ad-Dauliyyah.

Duranti, Alessandro. 1997. Linguistic Anthropology. Reprinted. Cambridge: Cambridge University Press.

Hajar, Ibnu. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok- pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasan, Saad. 2013. اللغة العربية العامة لأقسام غير الاختصاص /al-lughatu al-‘arabiyatu al-‘ammatu liasāmi ghayri al-ikhtiṣāṣi/ . Iraq: Dar Ashshadi

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.

Jufri, Ahmad. 2009. Migrasi Arab Hadramaut ke Batavia Akhir Abad XVIII Awal Abad XIX. Skripsi Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Kafaabillah, Dita. 2015. Nama Marga Keturunan Arab Hadhrami di Pasar Kliwon Surakarta: Kajian Antropolinguistik. Skripsi Program Studi Sastra Arab UNS: Surakarta.

Keshes, Natalie Mobini. 2007. Hadrami Awakenig Kebangkitan Hadhrami di Indonesia. Jakarta: Akbar Media

Lyons, John. 1995. Linguistic Semantics: an Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Edisi Revisi. Cet ke 5. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Muaz, Muha Muhammad Fauzi. 1430 H. al-`anṣarūbūlūjiyyu al-Lugawiyyah. Mesir: Dār al-Ma‟rifatu al-Jāmi‟atu.

Mustafa, Tiluwin. 2011. مدخل عام الأنثروبولوجيا /madkhal ’ām al-`anṣarūbūlūjiyy/. Beirut-Lebanon: Dar Al faarabi.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: TARSITO.

Shahab, Yasmine Zaki. 2005. Sistim Kekerabatan sebagai Katalisator Peran Utama Keturunan Arab di Jakarta. Dalam Jurnal Antropologi Indonesia Vol. 29, No. 2 Universitas Indonesia.

Sibarani, Robert. 1993. Pemberian Nama Sebagai Awal Pemunculan Linguistik Makna Nama dalam Bahasa Nusantara. Bandung: PT. Bumi Siliwangi. Sibarani, Robert. 2004. Antropolinguistik. Medan: Poda

Sugiri, Edy. 2003. Perspektif Budaya Perubahan Nama Diri Bagi Wni Keturunan Tionghoa Di Wilayah Pemerintah Kota Surabaya dalam jurnal BAHASA DAN SENI, Tahun 31, Nomor 1, hal 54-68.

Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Tiluwin, Mustafa. 2011,

Van den Berg, L. W. C. 1989. Le Hadhramaout Et. Les Colonies Arabes Dans L’Archipel Indien (terj. Rahayu Hidayat). Jakarta: INIS Jilid

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Yus, A. Q. (2021). Analisis Marga (العشيرة) / ’Al-Asyīratu/ pada Keturunan Arab di Kota Medan. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(2), 1 - 22. https://doi.org/10.20956/jna.v18i2.18134