Kritik Epistemologi Nahwu Imam Sibawaih (750 – 793 M) Berdasarkan Pemikiran Nahwu Modern Tammam Hasan (1918 – 2011 M)

Authors

  • Ahmad Faiz Mahbubi Addaraini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Miftahul Huda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Umi Machmudah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v19i2.23381

Abstract

Perkembangan zaman juga mempengaruhi perkembangan bahasa. Begitu pula dengan bahasa Arab yang mengalami perubahan dari zaman klasik hingga zaman modern. Perubahan bahasa Arab tersebut ditandai dengan munculnya teori-teori baru terhadap struktur kaidah bahasa Arab atau nahwu yang sudah ada. Salah seorang pembaharu bahasa Arab yang terkenal dengan pemikiran nahwu modernya adalah Tammam Hasan. Beliau mengkritik landasan penelitian nahwu klasik yang dipelopori oleh Imam Sibawaih karena beliaulah yang pertama kali merumuskan ilmu nahwu secara lengkap dan terperinci pada buku nahwu-nya yang fenomenal Al-Kitab. Kritik epistemologi nahwu inilah yang akan dibahas dalam artikel ini, sehingga tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeksripsikan epistemologi nahwu Imam Sibawaih berdasarkan pemikiran nahwu modern Tammam Hasan. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jika dilihat dari tempat pengambilan data, penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal-jurnal yang bertemakan tentang nahwu, ushul nahwi, metode sima’I, Imam Sibawaih, Tammam Hasan, dan metode nahwu modern. Hasil penelitian ini mendeksripsikan dua hal; pertama, tentang metode sima’i sebagai epistemologi nahwu klasik Imam Sibawaih, dan kedua, tentang kritik Tammam Hasan terhadap nahwu klasik Imam Sibawaih tersebut pada aspek berikut; 1) bahasa dan dialek, 2) masa bahasa, 3) riwayat bahasa, dan 4) qiyasi dan sima’i..

Kata Kunci: Epistemologi; Klasik; Modern; dan Nahwu

References

Arif, Abdul Rahman Hasan Al. (2002).Tamam Hasan Ra’idan Lughowiyan. Kairo: Alam Al Kutub

Creswell, Jhon W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dhoif, Syauqi. (1798). Madaris Nahwiyah. Qohiroh: Darul Ma’arif

Fachruddin, Aziz Anwar. (2017). Pengantar Sejarah dan Madzhab Linguistik Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi

Hasan, Tammam. (1981). Al Ushul: Dirosat Ibistimologiyatil Ushulil Fikril Lughowil Arobi. Libanon: Darul Tsaqofah

Hasan, Tammam. (2007). Ijtihad Lughowiyah. Kairo: Alamul Kutub

Hasan, Tammam. (2006). Maqolat Fillughoh Wal Adab. Kairo: Alam Al Kutub

Hamzah, Muhammad Fauzi. (2014). Al Kitab Kitabu Sibawaih. Qohiroh: Maktabatul Adab

Iskandari, Ahmad Al. Inani, Musthofa. (1916). Al Wasith. Mesir: Darul Ma’arif

Najib, Sri Guno. (2015). Sejarah Nahwu: Memotret Kodifikasi Nahwu Sibawaih. Salatiga: LP2M Press

Nahlah, Mahmud Ahmad. (2002). Ushul Nahwi Al Arabi. Beirut: Darul Ma’rifah Aljami’ah

Rini. (2019). “Ushul Nahwu Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu”, Jurnal Arabiiyatun IAIN Curup. https://www.researchgate.net/publication/333167426 _Ushul_al-Nahwi_al-Arabi_Kajian_Tentang_Landasan_Ilmu_Nahwu (Diakses pada 21 April 2021)

Strisno, Hadi. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM

Taufiq, Wildan. (2015). Fiqh Lughoh: Pengantar Linguistik Arab. Bandung: CV. Nuansa Aulia

Thoriqussua, M. (2015). As Sama’: Kajian Epistimologi Ilmu Nahwu. Malang: Jurnal Pustaka IAI Alqolam

Versteegh, Kees. (1997). Landmarks In Linguistic Thought III. London: Routledge

Wahab, Muhib Abdul. (2009). Pemikiran Linguistik Tammam Hasan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Press

Wargadinata, Wildana. Chonyta, Didin. (2018). “Metode Penelitian Nahwu Tammam Hasan”, Artikel Online Academia, https://www.academia.acu/13137977/METODE_ PENELITIAN_NAHWU_TAMAM_HASAN (Diakses pada 23 April 2021)

Zaidan, Jurji. (1992). Tarikh Adab al Lughoh al Arabiyah. Mesir: Darul Maktabah al Hayyah

Downloads

Published

2022-11-30