Penggunaan Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Khat Kufi Murabba' Foks Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v20i1.24943

Abstract

Whatsapp yang semula populer sebagai media komunikasi, laju era digital membuatnya dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan/ pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana penggunaan aplikasi Whatsapp group dalam pembelajaran khat kufi murabba’ FOKS Indonesia, serta persepsi para member mengenai hal tersebut. Peneliti berfokus pada sebuah komunitas pegiat kufi murabba’ FOKSI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan instrumen berupa angket skala likert dan terbuka yang disebar pada member FOKSI sejumlah 30 responden. Sementara analisis data penelitian merujuk pada model Miles dan Huberman, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp group berfungsi sebagai wadah diskusi dan penugasan pembelajaran khat kufi murabba’ FOKSI. Para member FOKSI memberikan respons yang positif dengan prosentase hasil angket 89,3% “Sangat Setuju” bahwa penggunaan whatsapp group mampu meningkatkan motivasi belajar member dan menjadikan pembelajaran lebih intensif dan mudah dipahami. Namun tak lepas dari ketidaksempurnaan sebuah media, whatsapp dirasa belum memiliki fitur yang memadai dalam pertemuan kelas dengan jumlah peserta yang banyak. Secara keseluruhan, whatsapp group ‘recomended’ untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran khat kufi murabba’.

References

Ahmad, A. A. (2020). Contemporary Islamic Calligraphy Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research). 519, p. 232. Makasar: Atlantis Press.

Alashari, D. M., Hamzah, A., & Marni, N. (2020). The Journey of Islamic Art Through Traditional and Contemporary Calligraphy Painting. International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 7(3), 2.

Amin, M. A., & Rizal, A. (2016). Aplikasi Pembelajaran Seni Kaligrafi Berbasis Multimedia di Madrasah Diniyah Awaliyah Bojongsana. Semnasteknomedia Online (p. 4). Yogyakarta: Universitas AMIKOM.

Amrullah, N. A., Arifin, A. S., & Miftahuddin, A. (2021). Motivasi Member FOKS Indonesia Menekuni Seni Khat Kufi Murabba' (Analisis Deskriptif). Lisanul Arab, 10, 84.

Amrulloh, A. Y. (2021). Aplikasi "Kitabahku" Berbasis Android Untuk Pembelajaran Kitabah Khat Naskhi. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021 HMJ Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, (p. 566). Malang.

Ansory, A. M. (2021). Technology-BASED Arabic Calligraphy Learning in a New Era (Study on the Online Khat Learning Community). Advances in Social Science, Education and Humanities Research Proceedings of the ICONETOS 2020. 529, p. 190. Atlantis Press.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dariyadi, M. W. (2015). Penggunaan Software "KELK" Sebagai Media Pembelajaran Kaligrafi Berbasis ICT. Konferensi Nasional Bahasa Arab 1 (p. 226). Malang: Universitas Negeri Malang.

Faturrahman, I., Arini, & Mintarsih, F. (2018, April). Pengenalan Pola Huruf Hijaiyah Khat Kufi Dengan Metode Deteksi Tepi Sobel Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 38.

Isnaini, L., Rohayah, A. A., & Asiah, S. (2022, Oktober 12). Pelatihan Seni Kaligrafi di MI Al Hikmah Tambun Selatan. Jurnal of Community Development in Islamic Studies, 01(02), 110.

Kamiliah, F. (2022). Peran Kaligrafi Kufi Dalam Dakwah: Telaah Terhadap Perjalanan Sejarah Kaligrafi Kufi. Banjarmasin.

Marzelina, V. A. (2020). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Khat Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Kelompok B Di TKIT Permata Ceria Klaten Tahun Ajaran 2020/2021. Surakarta: eprints IAIN Surakarta.

Miles, M. B., & Huberman, M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Purnomo, E., Marheni, E., & Mardatilah, I. (2019, Desember). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill Dan Demonstrasi. Jurnal Performa, 4(2), 153-154.

Shiddiq, J. (2021, Februari). Kaligrafi Kufi Dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Qolamuna, 6(2), 283.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, L. (2021). Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Daring di SDN 61 Bengkulu Selatan. Bengkulu: Repository IAIN Bengkulu.

Wulandari, E., & Mandasari, Y. P. (2021). Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Daring di Masa Pandemi: Sebuah Kajian Teori. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional. 3, p. 175. Yogyakarta: ejournal.mercubuana.

https://web.facebook.com/groups/foks.id/?_rdc=1&_rdr (diakses pada tanggal 03 Januari 2023, pukul 12.47 WIB)

Downloads

Published

2023-04-04