Pembelajaran Maharatul Kalam Berbasis Media Alef di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Sahrul Muhamad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Muntaqim Al Anshory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Taufiqurrochman Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alfarizi Farhan Mokoagow Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Media Alef adalah salah satu inovasi media pembelajaran yang dihadirkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) sebagai program pembelajaran digital dengan mendukung penggunaan teknologi yang dipakai pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan Media Alef dalam pembelajaran maharatul kalam, faktor pendukung dan penghambat, dan respon para siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif, untuk memperoleh informasi terkait dengan pembelajaran maharah kalam menggunakan platform Alef. Adapun data kuantitatif digunakan untuk mengetahui respon siswa. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa-siswi MTs Negeri 2 Kotamobagu tahun pelajaran 2022/2023. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 65 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Media Alef dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran maharatul kalam, yaitu Media Alef menyajikan materi kepada siswa dengan menghadirkan video pembelajaran dalam bentuk animasi dan percakapan yang menarik, (2) faktor pendukung yang ditemukan ialah terdapat lab komputer, proyektor seperti LCD, dan jaringan wifi di madrasah, adapun faktor penghambat ialah jaringan yang kurang lancar, (3) berdasarkan respon siswa, media alef sangat mendukung dan memudahkan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khsususnya maharatul kalam, hal ini diperoleh dari pembagian kuesioner kepada siswa bahwa sebanyak 70.8% siswa setuju bahwa media Alef dapat memberikan semangat dalam belajar bahasa Arab, 67.7% siswa memberikan respon setuju bahwa mereka tertarik belajar berbicara bahasa Arab lewat Media Alef, 67.7% siswa memberikan respon setuju bahwa mereka senang belajar berbicara bahasa Arab melalui media Alef, dan 58.5% siswa menyatakan sangat setuju pembelajaran menggunakan Media Alef sangat dibutuhkan dalam belajar bahasa Arab, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.

References

Abdurochman. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Journal of Elementary Education, 2(2), 147–160.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahril, D. (2022). Implementation Of The Problem-Based Learnings Model Help Alef Education in MTs As’adiyah Uloe. Jurnal Of Islamic Studies, 1(1), 54–70.

Fasehah, D. A., Peranginangin, H., & Susiawati, I. (2023). Persepsi Siswa Madrasah Tsanawiyah Terhadap Penggunaan Laptop Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(4), 3108–3116.

Herawati. (2022). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Platform Alef Education Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 5(2), 509–524.

Kasriatin. (2023). Meningkatkan Katerampilan Berbicara (Maharat Al-Kalam) Bahasa Arab Melalui Media Powerpoint Kelas Viii-E Mtsn 4 Sidoarjo. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(3), 187–194.

Mahmuda, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An-Nabighoh, 20(1), 130–138.

Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1037

Mira, R., Saragih, B., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738.

Muhamad, S., Fitriani, L., & Aziz, A. (2023). Metode Teams Games Tournament Berbantuan Media Quizizz dalam Pembelajaran Mufradat untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Studi Islam, 6(2), 174–185. https://doi.org/10.26555/insyirah.v6i2.9425

Muhammad Nashrullah. (2021). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda). Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.553

Munthe, S., Bambang, B., & ... (2022). Pembelajaran Mufradat dalam Meningkatkan Maharah al-Kalam Santri di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian …, 4(2), 22–31. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i2.1194

Nalole, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Melalui Metode Muhadatsah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Minhaj, 1(1), 129–145.

Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187.

Nuroh, N., & Ubaidillah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Alef Education Terhadap Penguasaan Maharah Istima’. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 15(2), 156–170. https://doi.org/10.32678/alittijah.v15i2.8913

Paputungan, M. Z. (2020). Strategi Pengembangan Maharah Al-Kalam Siswa Dalam Mata Pelajaran Muhadatsah Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.2221

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan 6 (2014): 11, 11.

Rahmayanti, I., Muhamad, S., Udin, Y. La, Nashihah, D., & Qomari, N. (2024). Pengembangan Formative Sebagai Media Evaluasi Maharah al Qira ’ ah Siswa Kelas X MAN Kota Batu Malang. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 4(1), 257–278. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i1.4134

Sarbaini, A., & Hasanah, A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Maharatul Kalam. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2), 181. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v4i02.3167

Suyatno. (2020). Analisis Kompetensi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(1), 12–26. https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i1.51

Syamaun, N. (2015). Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 343–359.

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

Wahyuni, D. (2021). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Metode Edukatif Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Aliyah (MA). Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 18(2), 102–110.

Wahyuni, W. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Vlog untuk Meningkatkan Maharah Kalam Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling …, 4(5), 8151–8159. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7997

Downloads

Published

2024-07-31