Penerapan Gabungan Metode Bernyanyi dan Media Flash Card untuk Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Santri
Abstract
Bernyanyi merupakan salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu peserta didik menguasai dan menghafal materi dengan baik. Selain metode, media juga sangat penting untuk meningkatkan penguasaan daya ingat santri. Salah satunya adalah media kartu flash card. Menurut Azhar Arsyad dalam bukunya mengatakan tentang media flash card yang merupakan kartu berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau membimbing peserta didik kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar tersebut. Di TPA Asy-Syukuriyah menggunakan flash card yang berukuran 8 x 12 cm, karena menurut Arsyad mengungkapkan bahwa kartu flash card biasanya berukuran 8 x 12 cm atau bisa disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya kelas yang dihadapi oleh pendidik. Dengan perpaduan penggunaan metode bernyanyi dan media flash card, menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan semakin menstimulasi penguasaan peserta didik terhadap materi mufradat (kosakata) bahasa Arab. Berdasarkan observasi awal, kurangnya penguasaan santri terhadap materi mufradat bahasa Arab di TPA Asy-Syukuriyah Kota Bandung, maka upaya yang dilakukan yaitu menerapkan gabungan metode bernyanyi dan media flash card. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu teknik yang menggambarkan karakteristik sesuatu dengan cara yang sistematis dan akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gabungan metode bernyanyi dan media flash card dalam penguasaan mufradat bahasa Arab santri mengalami peningkatan yang signifikan. Peneliti menemukan bahwa dengan menerapkan penggabungan metode bernyanyi dan media flash card terbukti santri dapat menguasai mufradat (kosakata) bahasa Arab dengan baik, salah satunya melalui materi bahasa Arab tentang jari jemari tangan dengan menggunakan lagu Heli Guk Guk Guk.
References
Abdurrahman, M., Sauri, S., & Nurmala, Mia. (2020). Taujih Risalah Ilmiah. Bandung: Royyan Press.
Aisyah, Khotimatul, Abdul Hamid, dan Moh Masrur. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs YPPTQMH Ambarawa: Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab L-DHAD, 1(2), 8-12.
Amalia, Rachmah. (2023). Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 288-294. doi: 10.30997/karimahtauhid.v2i1.7802.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Chasanah, Nurul. (2023). Upaya Peningkatan Penguasaan Mufrodat Baru dengan Metode Menyanyi pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Semarang. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3 (3), 219-226. doi: 10.51878/secondary.v3i3.2397
Dewi, Ni Luh Komang Mulya, Semara Putra, dan Suniasih, Ni Wayan. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik pada Anak Kelompok B1 TK Kumara Bhuana Peguyangan Denpasar Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 137-146. doi: 10.23887/paud.v5i2.11661
Fadlilah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Faridah, Siti Nurul dan Fajar, Ahmad. (2022). Peningkatan Hafalan Mufradat Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi pada Santri di Pondok Pesantren Fajrul Islam Karang Hegar Subang. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 29-40. doi: 10.21009/satwika.020105
Fitriani, A., Susiawati, I., & Utami, D. (2023). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis. Journal on Education, 3(3). 6396-6406. doi: 10.31004/joe.v5i3.1421
Hijriyah, Umi. (2016). Analisis Pembelajaran Mufrodat dan Struktur Bahasa Arab. Lampung: IAIN RIL.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15. doi:
Izzam, Ahmad. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Jannah, Abidatul. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosakata Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Miftachul ‘Ilmi Kedungmelati Kesamben Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Pesantren Tinggi Darul'Ulum). Retrieved from http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2402
Karimah, U., Hakim, L., Zaini, A., Nizar, A., & Prasetiya, B. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Pada Kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 51-65.
Khoiriyah, Siti Ainun. (2013). Pemanfaatan Media Flash Card untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII A MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8654
Larlen, Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Jambi, 3(1).
Lutfi, A. Barzan dan Afroni, Mochamad. (2021). Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab di Kelas VII A Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2), 118-128. doi: 10.58410/bashrah.v1i02.320
Mahyudin, Erta. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Arab bagi Anak-Anak dengan Media Lagu. Mustaqqafin: Jurnal Pendidikan Islam dan Bahasa Arab, 1(1), 65-84. doi: 10.46257/mutsaqqafin.v1i01.26
Maknun, Moch Lukluil. (2014). Buku Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Pekalongan. Jurnal Penelitian, 11(1), 59-74.
Mashuri, Mashruri dan Dewi, Maya. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah Di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346-364. doi: 10.22373/jm.v7i2.2368
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Najipa, Naura dan Zainuddin, Darwin. (2023). Analisis Materi Ajar dalam Buku Mahir Bahasa Arab 2 untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Program Keagamaan. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(2), 181-195. doi: 10.21154/tsaqofiya.v5i2.203
Nur, Amiruddin Z. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 6(1), 60-68.
Nurjannah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 SONI. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 290-313.
Qomaruddin, Ahmad. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat.” Jurnal Tawadhu, 1(2), 272-290.
Rachmawati, Rizka Andini dan Husin, H. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(2), 223-230. doi: 10.47353/bj.v2i2.81
Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99-106. doi: 10.57171/jt.v2i2.296
Retno, Dyah Ayu Prawidya Pintoko. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah Kelas A RA Perwanida 1 Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun 2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA). Retrieved from http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6449
Ridwan, R., dan Awaluddin, A. Fajar. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56-67. doi: 10.30863/didaktika.v13i1.252
Riyana, Cepi dan Susilana, Rudi. (2019). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni'mah, Mamlu’atul. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Sekarini, Wining. (2018). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/377
Sondakh, Delfina Christie dan Sya, Mega Febriani. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346-351. doi: 10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, S. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syamsi, Kastam. (1998). Metode Pembelajaran Kosakata. Cakrawala Pendidikan, 1(2), 15-21. doi: 10.21831/cp.v3i3.9026
Syamsiar, Chia. (2021). Peningkatan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi. Pendais, 3(1) 46-62. Retrieved from https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1065
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. (1985). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Taufik, T. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Munip, Abdul., Widodo, S. A., Mustafa, T., Rodli, A., Hamdun, D., Muhajir, M., & Shodiq, M. J. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga)
Yanuarsari, R., Latifah, E. D., & Lisnawati, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Metode Bernyanyi Dengan Media Flash Cards (Studi Deskriptif di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 128-133. doi: 10.55606/jurdikbud.v2i2.261
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management