Evaluasi Pembelajaran Maharatul Qiro’ah Berbasis Media Socrative (Exit Tickets) di Sekolah Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v22i1.43220Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media inovasi yang dapat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran maharah qiro'ah terutama pada kegiatan evaluasi pada hasil belajar siswa. Evaluasi pada proses pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada maharatul qiro'ah yang memerlukan pemahaman secara menyeluruh. P adahal pada perkembangan zaman sekarang yang semakin maju banyak mengenalkan teknologi-teknologi digital yang sangat membantu proses pembelajaran lebih efektif dan efisien serta menarik. Salah satunya media socrative (exit ticket) merupakan media evaluasi yang memberikan gambaran yang lebih jelas terkait pemahaman siswa secara real-time dan memungkinkan penyesuaian terhadap materi dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menyalakan efektivitas penggunaan media socrative (exit ticket) sebagai alat pendukung untuk menilai pemahaman siswa dalam pembelajaran maharah qiro'ah yang lebih efektif, efisien dan memotivasi siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dengan tipe desain sekuensial eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji mann whitney dan uji n-gain score. Berdasarkan hasil uji statistik nilai asymp.sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan adanya efektivitas pada evaluasi hasil belajar siswa pada pembelajaran maharah qiro'ah menggunakan media socrative (exit ticket).
References
Agustin, F. R., & Muslimah, M. (2023). Metode Pembelajaran Maharah Qiro ’ ah Pada Mahasiswa. 12(02), 76–83.
An, A. S., Media, E., Arabic, F. O. R., & Learning, V. (2024). Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab AS AN EVALUATION MEDIA FOR ARABIC. 21(3), 65–80.
Andriani, R., Wiza, F., Afidah, M., Kuning, U. L., Komputer, F. I., & Kuning, U. L. (2015). Integrasi Teknologi Dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Google Form. 51–56.
Arifianto, M. L., Ahsanuddin, M., & Fitria, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab (Issue February).
Azhari, D. S., Padang, U. P. I. Y., Studi, P., Informasi, S., Pascasarjana, P., Islam, S. P., Imam, U. I. N., & Padang, B. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. 3, 8010–8025.
B, L. S., & Fauziati, E. (2022). The Implementation of Socrative as a Tool for Formative Assessment in Students ’. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8
Chairudin, M., & Dewi, R. M. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. 3(3), 951–962.
Danley, A. (2016). Exit Tickets Open the Door to University Learning. 11.
Fitriyah, I. (2022). Taking Advantages of Socrative in English as Foreign Language Teaching Classes. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(4), 960–977. https://doi.org/10.29062/edu.v5i4.338
Gómez, I. L., López, A., Eds, I. C., Rey, U., & Carlos, J. (2016). Paz-Albo , J ., & Hervás , A . ( 2016 ). Exit tickets ’ effect on engagement in Spain : IATED Academy . This is a copy of a conference paper presented at the 8th International Conference on Education and New Learning Technologies , 4th-6th July 2016 , Bar. July, 5915–5918.
Hakimah, N. (2020). Students ’ Perception on the Use of Socrative in the Middle Test. 2(2), 54–65.
Hidayah, N. (2020). Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922
Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. 6(1), 38–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2570
Hidayah, N., Apriyani, G., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). صخللما ةءافكلا يه مويلا بلاطلا اهجاتحي يتلا نيرشعلاو يداحلا نرقلا تاراهم ىدحإ ً ةمهم ةءافكلا هذه دعت . ا يباتك ميلعتلا ةلحرم يف بلاطلل ا دج لصاوتلا ىلع يليلحتلاو يدقنلا ريكفتلا ىلع ةردقلا كلاتماب نوبلاطم بلاطلا نلأ يوناثلا ميلستل ةغلك ةيبرعلا ة غللا مادخت. 1–10.
Imron, K., Abdullah, M. Y., Nurani, Q., Rohayati, E., & Jamanuddin, J. (2024). A New Direction of Arabic Language Teaching: Integration Muthala’ah Text Book and Religious Moderation Concept. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 12(1), 69–88. https://doi.org/10.23971/altarib.v12i1.7779
Indriana, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 10(2), 34. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69–86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610
Kamasdar, Y. (2020). Tatwir Barnamij Wondershare Quiz Creator ‘ ala al -Kitab al- ةمدقلما سانلا اهب رظني يتلا ةقيرطلا نلآا تلااصتلااو تامولعلما ايجولونكت ريوطت ريغ دقل ةيميلعتلا لئاسو 1 . لكاشلما عيمج ىلع بلغتلاو لمعلا يف تقولا ءاضق يف نوفرصتيو تاودأ دادعإ ليهستو سيردتلا جمار. 12(1), 112–127. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
Lampung, I. (2019). ﺺ ﺨﻠﻤ ﻟا ﻞﻛﺎﺸﳌا ﻲﻫ ﻢﻠﻌﺘﻠﻟ ﻲﺴﻴﺋﺮﻟا رﺎﻴﺘﻟا ةءاﺮﻘﻟا ةرﺎﻬﳌا ﰲ نﺎﻴﺣﻷا ﻦﻣ ﲑﺜﻛ ﰲ ثﺪﲢ ﱵﻟا ﻞﻛﺎﺸﳌا نﺎﻘﺗإ ﻦﻣ بﻼﻄﻟا ﻦﻜﲤ اذإ ةءﺎﻔﻛ و ﺔﻴﻠﻋﺎﻓ ﺮﺜﻛأ ع ﺮﻘﻠﻟ ﱄﺎﻌﻟا ﻢﻴﻠﻌﺘﻟا نﻮﻜﻳ فﻮﺳ . ﺔﻳﻮﻐﻠﻟا ﺔﻴﺗﻮﺼﻟا ﺐﻧاﻮﳉا ﻲﻫ ﺐﻧاﻮﳉا ﻩﺬﻫ . ﺔﻋﺮﻘﻟا ﲑﺘﺴﺟﺎﻣ ﻢﻠﻌﺗ ﰲ ةﺪﺣو ﺢﺒﺼﺗ ﱵﻟا ﺐﻧاﻮﳉا . ﺔﻴﻟﻻﺪﻟاو. 11(1), 134–153.
Musykilah Ta’lîm Al-Qirâah Fî Mâddah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Fî Al-Madrasah Al-Tsânawiyyah Paradigma Palembang. (2018). Taqdir, 2(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/1712
Page 213. (2024). 09(02), 213–224.
Paz-Albo, J., Ruiz Ruiz, J. M., Bernárdez-Vilaboa, R., Huerta-Zavala, P., & Hervás-Escobar, A. (2022). The Impact of Socrative Exit Tickets on Initial Teacher Training. College Teaching, 70(4), 413–421. https://doi.org/10.1080/87567555.2021.1971602
Pembelajaran, I., Al, M., & Ah, Q. (2021). : ثحبلا صخلم ةغللا يف اميسلا ةيبنجلأا ةغللا ميلعت يف ةمهلما عبرلأا ةغللا تاراهم نم ةراهم يه ةءارقلا ةءارقل ةردقلا انيلع دبلا ةلماكلاو ةحجانلا ةيبرعلا ةغللا ملعتن نأ ديرن انك نإ . ةيبرعلا ةراهم ليق . ةؤرقلما ةيبرعلا صوصنلا مهفل ةردقلا كلذكو ةحصافو ةديج ةيب. 857–872.
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasonal Bahasa Arab (KONASBARA), 3(1), 303–319. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/viewFile/220/162
Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp It Fathonah Palembang. 30–46.
Rahmatillah, S. A., Hikmiyah, T., & Ahmala, M. (2021). Socrative Sebagai Student Response System dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab.
Rani, S. a. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Berbsis Teknologi Informasi Komunikasi. At-Ta’dib, 9(02), 163–177.
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315
Rohayati, E. (2019). Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Taqdir, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3126
Rohayati, E., Rahmadewi, S., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah. 8(1), 49–57.
Sabana, R., & Imron, K. (2024). Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Media Pixton Komik di MTsN 1 Palembang. 16(1), 91–106.
Seredinski, A. (2022). Exit Tickets for the Introductory Engineering Physics Classroom.
Ta’lîm Mahârah Al-Qirâ’ah Likulli Marâhil Al-Ta’lîm. (2018). Taqdir, 3(2), 97-112. https://doi.org/10.19109/taqdir.v3i2.1768
Taqwîm Ta’lîm Mahârah Al-Qirâah Fî Al-Madrasah Al-Tsânawiyyah Bi Ma’had Muqimussunnah Palembang. (2018). Taqdir, 2(1). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/1698
Tembelang, K., Penerapan, J., Jigsaw, M., Qiro, P., Darul, M., Kepuhdoko, U., & Jombang, T. (2022). Application of the Jigsaw Method in Qiro ’ ah Learning at MTs Darul Ulum. 2(2).
Wahyuni, S., Mujiyanto, J., Rukmini, D., & Wuli, S. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif. 309–314.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management