Fenomena Orang Kuat Lokal di Indonesia: Studi Kasus tentang Kemunculan KEDA dalam Eksploitasi Tambang Emas di Gunung Botak Kabupaten Buru Provinsi Maluku

Authors

  • Marcelino Solissa Departemen Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.31947/politics.v2i2.3025

Keywords:

Orang Kuat Lokal, KEDA, Tambang Emas

Abstract

Kajian penulisan ini melihat tentang kemunculan fenomena local Strongmen atau orang kuat lokal di Indonesia dalam ekploitasi tambang emas di gunung botak kabupaten Buru Maluku.Kemunculan KEDA dalam merespon kebijakan pemerintah dalam penutupan tambang illegal tersebut. Hasil penelitian tentang local strongmen menunjukan bahwa aktor tersebut yang awalnya hanya di pandang sebagai masyarakat adat di daerah tersebut bisa menjadi orang kuat lokal karena adanya aktivitas pertambangan di gunung botak. Bagaimana peran bos-bos lokal yang muncul dan dapat mengendalikan aktivitas pertambangan tersebut. Cara-cara yang dilakukan oleh para bos lokal mengintervensi kebijakan pemerintah dalam menutup aktivitas pertambangan illegal. Bos-bos lokal berhasil membangun kekuatan dengan memanfaatkan kelemahan Negara dalam hal ini yaitu membangun jaringan dengan pihak-pihak yang terkait dalam institusi formal maupun non formal. Keberhasilan KEDA keda membangun kekuasan varian, basis sebagai pemilik tanah adat, berhasil menguasai para penambang yang melakukan aktivitas di tambang emas. KEDA berhasil mengontrol pembangunan ekonomi masyarakat dengan adanya aktivitas tambang yang selalu beroperasi. Manupulasi-manipulasi yang dilakukan bos lokal untuk mancari keuntungan dari aktivitas pertambangan illegal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barbara Harris White. 2003. How India works: The character of the Local Economy. Cambridge: Commonwealth lectures.

BBC Indonesia. 2015. Penutupan gunung Botak, tambang emas legal akan dibangun -http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/11/151118_indonesia_gunungbotak_emas, di akses pada 23 Januari 2016.

Erman, Erwiza. 2009. Dari Pembentukan Kampung ke Perkara Gelap Menguak Sejarah Timah Bangka Belitung. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kompas. 2015. Petambang Gunung Botak Melawan Petugas - http://print.kompas.com/baca/2015/11/14/Petambang-Gunung-Botak-Melawan-Petugas, di akses pada 17 Februari 2016.

Migdal, Joel S. 1988. Strong Societies and Weak States : State-Society Relations and State Capabilities in the Third World. Princeton: Princeton University Press.

Hadis, Vedi R. dan Richard Robison. 2014. Ekonomi Politik Oligarky dan Pengorganisasian Kembali Kekuasaan di Indonesia. Prisma Jurnal Vol 33 No 1.

Nordholt, Henk Schulte dan Gerry van Klinken. 2007. Politik Lokal di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sidel, John. 1999. Capital, Coercion and Crime: Bossism in the Philippines. Stanford: Stanford University Press.

Tribun Maluku. 2015. Pekan Depan Tambang Gunung Botak Ditutup - http://www.tribun-maluku.com/2015/09/pekan-depan-tambang-gunung-botak-ditutup.html, di akses pada September 2015.

Downloads

Published

2016-12-15

How to Cite

Solissa, M. (2016). Fenomena Orang Kuat Lokal di Indonesia: Studi Kasus tentang Kemunculan KEDA dalam Eksploitasi Tambang Emas di Gunung Botak Kabupaten Buru Provinsi Maluku. The Politics : Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2(2), 160-169. https://doi.org/10.31947/politics.v2i2.3025

Issue

Section

Articles