Konflik Kepentingan Antara Bupati dan Wakil Bupati dalam Pelaksanaan Pemerintahan di Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Andi Muhammad Wahyu Arfansyah Bebasa Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Muhammad Universitas Hasanuddin
  • Jayadi Nas Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/politics.v4i2.7743

Keywords:

Konflik, Konflik Kepentingan, Bupati dan Wakil Bupati, Jeneponto

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyebab dan dampak dari terjadinya konflik kepentingan antara Bupati dan Wakil Bupati dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara mendalam dengan narasumber yang kompeten dan relevan sesuai dengan topik penelitian, dan melalui studi pustaka. Selanjutnya, data-data yang didapatkan dianalisis dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Konflik kepentingan yang terjadi antara Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Jeneponto disebabkan oleh beberapa hal antara lain, pembagian kewenangan berdasarkan kesepakatan bersama yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,perbedaan kepentingan, perebutan kekuasaan, adanya dorongan dari elit dan kelompok kepentingan agar Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto berpisah. Serta Konflik kepentingan yang terjadi antara Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto berdampak pada Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto tidak kompak, sesama Aparatur Sipil Negara di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak kompak, program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto tidak berjalan dengan baik, konflik antara pendukung/simpatisan SIAP (Bupati Jeneponto) dan BISA (Wakil Bupati Jeneponto).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andi Muhammad Wahyu Arfansyah Bebasa, Universitas Hasanuddin

Magister Ilmu Politik

Muhammad Muhammad, Universitas Hasanuddin

Program Studi Ilmu Politik

Jayadi Nas, Universitas Hasanuddin

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Agustino, Leo. 2007. Perihal Ilmu Politik. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Budiardjo, Miriam. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budiardjo, Miriam. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Politik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chandra, Robby I. 1992. Konflik Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Yogyakarta: Kanisius.

Duverger, Maurice. 2005. Sosiologi Politik (terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hendricks, William. 2012. Bagaimana Mengelola Konflik “Petunjuk Praktis Untuk Manajemen Konflik Yang Efektif”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

H. Lauer, Dr. Robert. 2001. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Maksudi, Beddy Iriawan. 2012. Sistem Politik Indonesia: Pemahaman Secara Teoretik dan Empirik. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Miriam Budiardjo, 1986, Aneka Pemikiran Tentang Kuasa dan Wibawa, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mas’oed, Mohtar dan Colin MacAndrew. 2006. Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nas, Jayadi. 2007. Konflik Elit di Sulawesi Selatan Analisis Pemerintahan dan Politik Lokal. Jakarta: Yayasan Massaile Jakarta bekerja sama dengan Lembaga Penerbitan UNHAS (LEPHAS).

Ndraha, Taliziduhu. 2001. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Rauf, Maswadi. 2000. Konsensus Politik Sebuah Penjajagan Politik Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahman, A.H.I. 2007. Sistem Politik Indonesia. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Surbakti, Ramlan. 1999. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT. Grasindo.

Suzanne Keller. 1995. Penguasa dan Kelompok Elit; Peranan Elit Penentu Dalam Masyarakat Modern. cet. II Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.

Suyanto, Bagong, dan J. Dwi Narwoko. 2005. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soekamto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta: Rajawali Press.

Soekanto, Soeryono. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soejono Dan Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian, Suatu Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Varma, Sp. 2003. Teori Politik Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang:

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur SipilNegara.

Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Selatan 2013-2018.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Jeneponto 2006–2026.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jeneponto 2014-2018.

Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Disertasi):

Munauwarah. 2015. Konflik Kepentingan Dalam Perebutan Lahan Pertambangan Di Kabupaten Luwu Timur (Studi Kasus Masyarakat Adat To Karunsi’e Dengan PT. Vale Indonesia. Tbk). Program Studi Ilmu Politik Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Melindah, Arma. 2010. Konflik Kepentingan Elit Politik Pasca Pemilihan Bupati/Wakil Bupati di Kabupaten Wajo Tahun 2008. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Jurnal:

Arsyad, Armin, Gustiana A. Kambo, Endang Sari. 2013. Konflik Tiga Elite Penentu Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Makassar.

Nas, Jayadi. 2014. Konflik antar Elite Politik Lokal di Sulawesi Selatan: Sebuah Perspektif Sejarah. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan.

Nugraha, Angga Aditya Konflik dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2010-2012. Universitas Diponegoro.

Taqwa, Zadit. Pecah Kongsi Bupati Dan Wakil Bupati Incumbent Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Sidoarjo (Studi Rational Choice Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Sidoarjo). Universitas Airlangga.

Wildah, Sri Wahyuni, H. Muhammad Ridwan. Analisa Tentang Perpecahan Pasangan Bupati Dan Wakil Bupati Periode 2003-2008 Di Kabupaten Indragiri Hilir. Universitas Riau.

Media Cetak (Surat Kabar):

Andi Ahmad Yani, 2018. Kemesraan Politik yang Cepat Berlalu. Makassar: Tribun Timur. (Tribun Timur Tanggal 1 Februari 2018).

Data Online:

http://makassar.tribunnews.com/2016/02/29/wakil-bupati-Jeneponto-lagi-bicara-bupati-Iksan-tiba-tiba-pergi?page=all Berita Wakil Bupati lagi bicara Bupati tiba-tiba pergi di akses pada hari selasa tanggal 10 Juli 2018 pukul 21.00 wita (Tribun Timur Makassar Online).

http://id.beritasatu.com/home/971-kepala-daerah-pecah-kongsi/92263 Berita data Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pecah kongsi di akses pada hari selasa tanggal 5 Februari 2018 pukul 22.00 wita (Berita online id.beritasatu.com).

http://www.jelajahpos.com/2013/09/rekapitulasi-rampung-Iksan-mulyadi.html Berita Rekapitulasi Iksan Iskandar dan Mulyadi Mustamu Pilkada 2013 di akses pada hari senin tanggal 15 Januari 2018 pukul 21.00 wita (Jelajah Pos Online).

http://arsip.rumahpemilu.org/in/read/3242/KPU-Jeneponto-Targetkan-Lebih-dari-70-Persen-Pemilih Berita Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Jeneponto Tahun 2013 diakses pada hari sabtu tanggal 7 Juli 2018 pukul 08.00 wita (rumahpemilu.com).

Published

2019-09-24

How to Cite

Arfansyah Bebasa, A. M. W., Muhammad, M., & Nas, J. (2019). Konflik Kepentingan Antara Bupati dan Wakil Bupati dalam Pelaksanaan Pemerintahan di Kabupaten Jeneponto. The Politics : Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 4(2). https://doi.org/10.31947/politics.v4i2.7743

Issue

Section

Articles