Kajian Potensi Dan Pengembangan Ekowisata, Kaitannya dengan Parameter Oseanografi di Perairan Pulau Papandangan, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan

Authors

  • Agustina Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.
  • Wasir Samad Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.
  • Ambo Tuwo Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.
  • Amran Saru Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.
  • Ahmad Bahar Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.

Abstract

Pulau Papandangan merupakan salah satu pulau terluar Kabupaten Pangkep yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dari bulan September hingga November 2020 di Pulau Papandangan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji parameter oseanografi dan potensi pengembangan ekowisata pulau Papandangan sebagai satu kesatuan tujuan wisata pulau Camba-cambang. Kajian penelitian ini berfokus pada potensi ekologis, kondisi sosial-ekonomi dan sarana wil ayah yang ada di Pulau Papandangan. Pengumpulan data dilakukan melalui survey lapangan meliputi, pengukuran parameter kedalaman perairan, tipe pantai, lebar pantai, kemiringan pantai, material dasar perairan, pasang surut, kecepatan arus, kecerahan, pengamatan biota berbahaya, ketersediaan air tawar, tutupan lahan pantai dan salinitas. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kesesuaian wisata laut dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan pulau Papandangan memiliki potensi yang dapat dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi, & Juariyah, S. (2010) . Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010. Jurnal Ekonomi & Pendidikan,7(April), 58–81.

Febriyanti, L., Purnomo, P. W., & Ain, C. (2017) . Karakteristik Oseanografi Dan Sedimentasi Di Perairan Tererosi Desa Bedono , Demak Pada Musim Barat. Journal Of Maquares,6, 367–375.

Ilham. komaladewi, Y., Rusji, S. A., Ismah, N. S. Z., Wandy., & Rahim, G., 2019. Monitoring Habitat. Kondisi Ekosistem Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait Lainnya di Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang. Balai Kawasan Konservasi dan Wilker TWP Kep. Kapoposang. BKKPN.

Primadany, S. R., Mardiyono, & Riyanto. (2013) . Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk) . Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya,1(4), 135–143.

Samudra, K., Baskoro, M. S., Wisudo, S. H ., & Iskandar, B. H . (2010) . Potensi Wisata Bahari Pulau-Pulau Kecil Di Kawasan Kapoposang Kabupaten Pangkep. Jurnal Kelautan Dan Perikanan,1(November), 87–95.

Sumadiasa, I. K., Tisnawati, N. M., & Wirathi, I. G. A. . (2014) . Listrik Dan Pma Terhadap Pertumbuhan Pdrb Provinsi Bali Tahun 1993-2014. 5(7), 925–947.

Trihayuningtyas, E., Rahtomo, W., & Darmawan, H . (2018) . Rencana Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kawasan Pulau Camba-Cambang Dan Sekitarnya Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure,15(1), 33–47. Https://Doi.Org/10.17509/Jurel.V15i1.11293

Tuwo, A. (2011) . Pengelolaan Ekowisata, Pesisir Dan Laut. Surabaya: Brilian Internasional.

Wabang, I. L., Yulianda, F., & Adisusanto, H . (2018) . Kajian Karakteristik Tipologi Pantai Untuk Pengembangan Wisata Rekreasi Pantai Di Suka Alam Perairan Selat Pantar Kabupaten Alor. Jurnal Penelitian Perikanan Laut,1(2), 199–209. Https://Doi.Org/10.29244/Core.1.2.199-209

Yulianda, F. (2007) . Ekowisata, Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumber Daya Pesisir Berbasis Konservasi.

Yulianda, F. (2019) . Ekowisata, Perairan Suatu Konsep Kesesuaian Dan Daya Dukung Wisata Bahari Dan Wisata Air Tawar.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Agustina, Wasir Samad, Ambo Tuwo, Amran Saru, & Ahmad Bahar. (2021). Kajian Potensi Dan Pengembangan Ekowisata, Kaitannya dengan Parameter Oseanografi di Perairan Pulau Papandangan, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan . Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, (8). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/14891