Analisis Pelayanan Perizinan di Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar

Authors

  • Evy Urmilasari Hasanuddin University
  • Andi Muhammad Rusli Hasanuddin University
  • Andi Lukman Irwan Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v6i3.1261

Keywords:

attendace, trade, permit

Abstract

Abstract: This paper about analyzes the principles and standards of licensing services to know factors that influence the level of achievement in the community satisfaction of the people of Trade Business License with One Stop service pattern (PTSP) in the City Makassar. This type of research is de­scriptive research base an observational study and assessment (survey). The results showed that the principles and standards of licensing services that are supported by the level of achievement of satisfaction of the people in the ministry of Trade Permit can be achieved when an agency has to apply and implement Service Standards Prima predefined completely and thoroughly, which consists of the time dimension, costs, morale, and quality.Keywords: attendace, trade, permitAbstrak: Tulisan ini mengenai analisis prinsip-prinsip dan standar pelayanan perizinan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruh tingkat pencapaian kepuasaan masyarakat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan dengan pola pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kota Ma­kassar. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan dasar penelitian pengamatan dan pengkajian (survey). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip dan standar pela­yanan perizinan yang didukung oleh tingkat pencapaian kepuasaan masyarakat dalam pela­yanan Surat Izin Usaha Perdagangan dapat dicapai manakala suatu instansi telah menerapkan dan melaksanakan Standar Pelayanan Prima yang telah ditetapkan secara utuh dan menye­luruh, yang terdiri atas dimensi waktu, biaya, moral, dan kualitas.Kata kunci: pelayanan, perdagangan, perizinan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Boediono B. 2003. Pelayanan Prima.Jakarta: Yayasan Kawula Muda

Elhaitammy. 1990. Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pelayanan Prima (service excellent). Bandung: Arfian.

Gie, The Liang. 1987. Pelayanan Publik dan Teori Efektifitas. Jakarta: Gunung Agung.

Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. 2001. Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Buku I Prinsip- Prinsip Penyelenggaraan Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Lembaga Administrasi Negara. 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta: Deputi Kajian Manajemen Kebijakan dan Pelayanan.

Martani dan Lubis. 1997. Teori-Teori Organisasi. Bandung: Ghalia Indonesia.

Moenir, A. S., Haji. 2000. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cet ke-7. Jakarta: Bumi Aksara.

Plimirma. 2007. Strategi Pelayanan Prima. Jakarta: LAN RI.

Ratminto dan Atik Septi Winarsi. 2005. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Chapter dan Standar Pelayanan Minimal, Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Siagian, Sondang. 1986. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung

Siagian, Sondang P. 2000, Administrasi Pembangunan, Konsep, Dimensi dan Strateginya. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Intruksi Presiden Nomor 1/1995 tentang peningkatan kualitas aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Downloads

Published

2016-12-30

Issue

Section

Articles