Analisis Kepemimpinan Bupati dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Pinrang

Authors

  • Muhammad Rijal R Hasanuddin University
  • Andi Samsu Alam Hasanuddin University
  • Andi Murfhi Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v6i3.1263

Keywords:

leadership, democratic, work

Abstract

Abstract: This paper is about the leadership styles used regent in local governance in Pinrang as well as to identify factors that can affect the style of leadership of regent in the administration of local government in Pinrang. The type that will be used in this research is descriptive type which will provide an overview factual. Regent Pinrang leadership style in this case H.A.Aslam patonangi is a democratic leadership style. Factors affecting of style leadership regent in governance  Pinrang others: the ability / skill work experience and work environmentKeywords: leadership, democratic, workAbstrak: Tulisan ini mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di kabupaten pinrang serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi gaya kepemimpinan bupati dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten Pinrang. Tipe yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif yang akan memberikan gambaran factual. Gaya kepemimpinan Bupati Pinrang dalam hal ini H.A.Aslam patonangi adalah gaya kepemimpinan yang demokratis. Faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten pinrang an­tara lain: kemampuan/skill pengalaman kerja dan lingkungan kerja.Kata kunci: kepemimpinan, demokratis, kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastian, Indra. (2007). Audit Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Bella, Rohana. (2002). Potensi Objek Pendapatan Asli Daerah (Retribusi) Kota Makassar. Makassar: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Brannen, Julia. (1996). Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Samarinda: Pustaka Pelajar.

Djaenuri, Aries, dkk. (2003). Sistem Pemerintahan Daerah. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Halim, Abdul. (2009). Problem Desentralisasi dan Keuangan Pemerintahan Pusat-Daerah Peluang dan Tantangan dalam Pengelolaan Sumber Daya Daerah. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM.

Haris, Syamsuddin. (2007). Desentralisasi dan Otonomi Daerah: Desentralisasi, Demokratisasi, dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah. Jakarta: LIPI Press.

Kaho, Josef Riwu. (1991). Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indo-nesia: Identifikasi Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penyelenggaraannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Downloads

Published

2016-12-30

Issue

Section

Articles