Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Izin Usaha Perdagangan di Kota Makassar

Authors

  • Andi Asnaldi Trisetia Hasanuddin University
  • Indar Arifin Hasanuddin University
  • Andi Lukman Irwan Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v6i2.1267

Abstract

Abstract: This research aims to understand and analyze the quality of service business license exercised by government and the city of makassar to know and to analyze strategy in improve the quality of services trading business permits that is applied by a city government makassar.tipe research used in this research was descriptive , that will provide an illustration of factual on the strategy improve the quality of services business license perdagan in the city of Makassar. This research result indicates that: 1. Kualiatas SIUP service in BPTPM city makassar has been good enough although is still not maximum . 2. To improve the quality of the siup service ,BPTPM and the lo­cal government of makassar applied some strategy ,for his strategy core ,strategy consequences , strategy customers , strategy control , and strategies culture.Keywords: servicing, license, quality, strategy, effort             Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan izin usaha yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar dan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan izin usaha perdagangan yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Makassar.Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang akan memberikan gambaran factual mengenai strategi meningkatkan kualitas pelayanan izin usaha perdagan di Kota Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kualiatas pelayanan SIUP di BPTPM Kota Makassar sudah cukup baik meskipun masih belum maksimal. 2. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan SIUP, BPTPM dan pemerintah Kota Ma­kassar menerapkan beberapa strategi, yakni: strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan, strategi kontrol, dan strategi budaya.Kata kunci: pelayanan, izin, usaha, kualitas, strategi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahman, Eeng dan Indriani, Epi. 2007. Ekonomi dan Akuntansi: Membina Kompetensi Ekonomi. Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama.

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2014. Makassar dalam Angka 2014. Makassar: Badan Pusat Statistik Kota Makassar.

Bryson, John M. 2011. Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations. San Fransisco: Jossey-Bass.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Makmur. 2013. Teori Manajemen Stratejik. Jakarta: Refika Aditama.

McClelland, David. 1961. The Achieving Society. New Jersey: D. Van Nostrand.

Mukarom, Zaenal dan Laksana, M.W. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ndraha, Talidzuhu. 2011. Kybernology, Ilmu Pemerintahan Baru I. Jakarta: Rineka Cipta.

Ndraha, Talidzuhu. 2005. Kybernology, Sebuah Rekonstruksi Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Osborne, David dan Plastrik. 2000. Memangkas Birokrasi: Lima Strategi Menuju Pemerintahan Wirausaha. Jakarta: PPM.

Pudyatmoko, Y.S. 2009. Perizinan: Problem dan Upaya Pembenahan. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti, Fredy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salusu, J. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Setiyono, Budi. 2014. Pemerintahan dan Manajemen Sektor Publik. Yogyakarta: CAPS.

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, Rachmadi. 2000. Hukum Ekonomi dalam Dinamika. Jakarta: Djambatan.

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Articles