HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS PUSKESMAS PANGKAJENE

Relationship of Health Service Quality with Patient Satisfaction BPJS Puskesmas Pangkajene

Authors

  • Nurul Khafifah FKM Universitas Hasanuddin
  • Amran Razak FKM Universitas Hasanuddin

Keywords:

Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien

Abstract

Mutu pelayanan pada Puskesmas menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kepuasan pasien. Pelayanan yang berkualitas dalam konteks pelayanan di puskesmas adalah memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarganya sesuai standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang dapat meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya terhadap Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Pangkajene Kab. Sidenreng Rappang di era normal baru ini. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebnayak 100 orang responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang mulai bulan Januari sampai dengan bulan November 2021 di puskesmas Pangkajene. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Hasil analisis bivariat antara variabel independen dan dependen menunjukkan bahwa variabel akses terhadap pelayanan p=0,016 (p<0,05) dan kenyamanan p=0,002 (p<0,05) memiliki hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Pangkajene. Variabel yang tidak berhubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Pangkajene yaitu variabel hubungan antar manusia p=0,285 (p>0,05). Begitupun dengan variabel ketepatan waktu yang juga tidak berhubungan dengan kepuasan pasien p=0,189 (p>0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara akses terhadap pelayanan, kenyamanan dengan kepuasan pasien, namun tidak ada pengaruh antara hubungan antar manusia, ketepatan waktu dengan kepuasan pasien. Diharapkan puskesmas lebih memperhatikan keluhan yang disampaikan oleh pasien dan mencari solusi untuk mengatasi persoalan agar kedepannya ada perubahan yang baik.

Author Biographies

Nurul Khafifah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Amran Razak, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

References

Olivia, S, Gibson, J, Nasrudin R. Indonesia the Time of Covid-19. Bulletin of Indonesian Economic Studies. 2020:56(2);143–174.

Pasalli’ A, Patattan, A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Fatima Makale di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale. 2021;4(1): 14–19.

Arifin Muhammad H, Suprayitno. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Journals.Umkt.Ac.Id. 2021;2(2):1234–1239.

Ulumiyah Nurul H. Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2018;6(2):149–155.

Tumiwa R., Pangemanan S, Effendy S. Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat pada Puskesmas di Kecamatan Dumoga. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan. 2018;1(1):2337- 5736.

Sesrianty V, Machmud R, Yeni F. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis. 2019;6(2):116-126.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jakarta: Tingkat Kepuasan Pasien BPJS; 2018.

Jumiani, Erawan E, Zulfiani D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Muara Wis Kecamatan Muaea Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Administrasi Negara. 2018;6(3):8008–8020.

Sanah N. Pelaksanaan Fungsi Puskesmas dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan. 2017;5(1):305–314.

Pangerapan Djeinne T, Palandeng Ora L, Rattu Joy M. Hubungan Antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (JKK). 2018;2(1):9–18.

Ningrum Yuli S, Hidayah N, Rusmi Y. Hubungan Jarak Rumah dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien TBC di RSI Sunan Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2019;10(1):248-255.

Arifin M., Suprayitno. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Journals.Umkt.Ac.Id. 2021;2(2): 1234–1239.

Mutmainnah U, Aril Ahri R, Arman. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. Journal of Muslim Community Health. 2021;2(1):52–74.

Setiyanto Y, Susanto H, Sulistyowati A. Pelayanan Instansi Farmasi Poli Rawat Jalan Terhadap Indeks Kepuasan Pasien Klinik Rawat Inap Utama Pemuda Bojonegoro. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik). 2021;4(2):239–249.

Alamri A, Rumayar A, Kolibu F. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. Ejournal.Unsrat.Ac.Id. 2021;4(4):241-251.

Alami H, Lehoux P, Gagnon M. et al. Rethinking the Electronic Health Record Through the Quadruple Aim: Time to Align Its Value with the Health System. BMC Medical Informatics and Decision Making. 2020:20(1):1–5.

Wijono J, Erawan E, Zulfiani D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Muara Wis Kecamatan Muaea Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Administrasi Negara. 2018;6(3):8008–8020.

Syamsuar, Sudirman, Andri M. Studi Pengorganisasian terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di UPT Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Preventif: Jurnal Kolaboratif Sains. 2020;3(5): 243-251.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles