Kerjasama Publik Dan Swasta Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Makassar

Novayanti Sopia Rukmana, Gita Susanti

Abstract

Kerjasama Pemerintah-Swasta (Public Private Partnership) dipandang penting untuk memenuhi ketersediaan sarana prasarana dan peningkatan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat termasuk dalam pengelolaan parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penentuan kontrak dalam kemitraan pengelolaan parkir dan pelaksanaan kemitraan pengelolaan parkir antara RSUP dR Wahidin Sudirohusodo dengan PT ISS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ditempuh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi terhadap informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penentuan kontrak dalam kemitraan pengelolaan parkir antara RSUP DR Wahidin Sudirohusodo dengan PT ISS membawa dampak baik dan saling menguntungkan. (2) Pelaksanaan kemitraan dalam pengelolaan parkir antara RSUP dR Wahidin Sudirohusodo dengan PT ISS belum sepenuhnya berjalan secara maksimal.

References

Coleman J. S.(1994). A rational Choice perspective on Economic Sociology. Pp.166-180 in the Handbook of Economic Sosiology, edited by Neil J. Smelser and Richard Swedberg.Princeton: Princeton University Press.

Dwiyanto Agus. (2010). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif, Gadjah
Mada University Press, Yogyakarta.

LitmanT.A. (2011). Parking Management: comprehensive implementation Guide. Victoria Transport
Policy Institute.

March James & Zur Shapira. (1992).‖Behavioral decision Theory and Organizational decision Theory.‖ Pp.273-303 in Decision making: alternatives to rational Choice Models, edited by Mary Zey. Newbury Park: Sage.

Osborne D,& Ted G.(1992).Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit is
Transforming the Public Sector, Addison-Wesley.

Parente W. J. (2006). ‖Public Private Partnerships” dalam Workshop on “Fundamental Principles
and Techniques for Effective Public Privat e Partnerships in Indonesia‖, Jakarta.

Saily Muthu.(2012). Kemitraan Pemerintah daerah dan swasta dalam penyediaan pelayanan jasa transportasi laut.Yogyakarta. Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada

Sudibyo Sidiq. (2006). Pelayanan air bersih melalui kemitraan pemerintah swasta. Semarang.
Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Vestikowati Endah. (2012). Model Kemitraan Pemerintah dengan Sektor Swasta dalam Pembangunan Daerah.Yayasan Pendidikan Galuh pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh Ciamis.

Zulfan. (2013). Kemitraan pemerintah dan swasta dalam pengelolaan sampah di kota Makassar.
Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin

Authors

Novayanti Sopia Rukmana
novasopiaa@yahoo.com (Primary Contact)
Gita Susanti
Rukmana, N. S., & Susanti, G. (2016). Kerjasama Publik Dan Swasta Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1(2), 127-135. https://doi.org/10.31947/jakpp.v1i2.1021
Copyright and license info is not available

Article Details