Peran Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Pengolahan Informasi Kepada Masyarakat di Wilayah Kabupaten Bone Bolango

Widya Kurniati Mohi

Abstract


Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana keterlibatan bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Bone Bolango dalam mengolah informasi kepada masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif . Bagian Hubungan Masyarakat dan pusat informasi kantor Sekretaris Daerah memegang peranan penting dalam memberikan informasi pemerintah kepada masyarakat. Dalam melakukan perannya pengolahan informasi hubungan masyarakat dan pusat informasi telah memberikan pelayanan yang baik dan memberikan informasi kepada masyarakat secara aktif mengenai kebijakan regional dan Program perkembangan yang dijalankan oleh Kecamatan Bone Bolango. Meskipun demikian, masih banyak kendala, diantaranya adalah kurangnya fasilitas dan sumber daya manusia yang yang ahli di bidang ini.Oleh karena itu, peneliti menyarankan perlunya untuk peningkatan fasilitas dalam rangka mendukung pekerjaan di bagian Humas dan pusat informasi di Setda Kabupaten Bone Bolango.Juga penting untuk menambah personil yang ahli di bidang ini, sehingga informasi yang diberikan kepada masyarakat dapat dimaksimalkan dan lebih bervariasi.

Keywords


peran, hubungan masyarakat, pengolahan informasi publik

Full Text:

PDF

References


Abdurachman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relatios Praktis.Widya Padjadjaran, Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Cholid Narbuko, Abu Ahmadi. 2002. Metode Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.

Darmawan, Deni dan Fauzi, Kunkun Nur. 2013. Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Hasan, Erliana. 2010. Komunikasi Pemerintahan. PT. Refika Aditama, Bandung

Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rachmadi, F. 1994. Public Relations Dalam Teori Dan Praktek.PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Romli, Asep Syamsul M. 2005.Jurnalistik Terapan, Pedoman Kewartawanan dan Penulisan. BATIC PRESS, Bandung

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi.PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Publik Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sabaruddin.2008. Strategi Program Layanan Bagian Hubungan Masyarakat Pada Kantor Walikota Lhokseumawe.Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Siagian, Sondang P. 2011. Sistem Informasi Manajemen. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek.Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Susanto, Azhar. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Lingga Jaya, Bandung.

Tim Reality.2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia.Reality Publisher, Surabaya.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by :

         



Flag Counter

Creative Commons Licensesite statsView Stats
_____________________________________________________

JAKPP : Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik
Departemen Ilmu Administrasi, FISIP, Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2460-6162 ISSN Online : 2527-6476

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 / 081245235269
Email: jakpp@unhas.ac.id/jakpp.unhasmks@gmail.com