Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Terhadap Pendidikan Di Kota Kupang; Survey Terhadap Penerima Bantuan Pendidikan Pada PT. Bank NTT Kupang Tahun 2011-2015

Marisa S.B. Seran

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi masalah-masalah antara lain masih banyaknya angka buta huruf di Kota Kupang yang diakibatkan oleh minimnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan. Untuk itu penelitian ini melihat bagaimana kontribusi pihak swasta dalam hal ini PT Bank NTT dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Kupang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survei explanatif dengan populasi sebanyak 117 responden. Data kemudian dianalisis dengan teknik regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh CSR goal secara parsial berpengaruh terhadap pendidikan di Kota Kupang. Selanjutnya CSR issue secara parsial juga berpengaruh siginifikan.  Terakhir, corporate relation program secara parsial juga terbukti berpengaruh terhadap pendidikan di Kota Kupang meskipu pada nilai 0,452. Studi ini juga menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility Goal mempunyai pengaruh yang lebih dominan (dibandingkan Corporate Social Responsibility Issue danCorporate Relation Program) terhadap pendidikan di Kota Kupang. Berdasarkan hasil ini maka pihak perusahaan perlu mengembangkan dan meningkatkan secara efektif ketiga faktor itu secara proposional, serta memadukan dalam penerapan strategi dalam pemberian dana bantuan pendidikan untuk meningkatkan Pendidikan masyarakat khususnya di Kota Kupang. Dan tidak hanya menganggap masyarakat sebagai nasabah saja tapi menempatkan masyarakat sebagai mitra untuk menjalin kerjasama.  AbstractThis research is motivated by phenomena that illiteracy number in Kupang is still high which caused by the lack of public enthusiasm for continuing education. Hence, this study aims to investigate in what extent the private sector, particularly PT Bank NTT, contributes in improving quality of education in Kupang through Corporate Social Responsibility (CSR). This study was conducted using a survey method explanatif with a population of 117 respondents. The data was then analyzed using multiple regression techniques. These results indicate that the influence of CSR goal partially influence on education in the city of Kupang. Furthermore, the partial CSR issue also affected significantly. Lastly, corporate relations partial program also proved to education in Kota Kupang meskipu at a value of 0.452. The study also shows that the Corporate Social Responsibility Goal has a more dominant influence (compared to Issue Corporate Social Responsibility danCorporate Relations Program) on education in the city of Kupang. Based on these results, the company needs to effectively develop and improve all three factors proportionally, and the integration in the implementation of the strategy in the provision of education aid to improve public education, especially in the city of Kupang. And not only consider the public as clients only but puts the community as a partner for cooperation. 

References

Daftar Pustaka

Abdullah, M. Faisal. 2005. Manajemen Perbankan – Teknik Analisis Kinerja. Keuangan Bank. Malang : Wina UMM Press.
Asy’ari, Hasan. 2009. Implementasi Corporate Social Responsibility(CSR) Sebagai Modal Manusia pada PT. Newmont. Tesis Universitas Diponegoro. Semarang. Karya Ilmiah Dipublikasikan. Diakses dari alamat http://eprints.undip.ac.id/17529/1/HASAN_ASY%E2%80%99ARI.pdf
Budimanta, Arif, Adi Prasetyo, dan Bambang Rudito, 2008 Corporate Social Responsibility: Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia. Jakarta : ICSD
Dendawijaya, Lukman. 2005, Manajemen Perbankan. Edisi Kedua Bogor : Ghalia Indonesia, Bogor.
Elkington, John. 1998. Cannibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business.Gabriola Island, BC: New Society Publishers.
Fauziah, Khusnul. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.Ledo Lestari Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar ( Studi pada masyarakat Desa Sinar Baru, Kab. Bengkayang Kalimantan Timur.
Frynas, Jedrzej George, 2009, Beyond Corporate Social Responsibility, Oil Multinationals and Social Challenges. Cambridge: Cambridge University Press.
Hartman, P., DesJardins, J., MacDonald, C., (2014). Business Ethics: Decision Making for Personal Integrity & Social Responsibility, London, Irwin/McGraw-Hill.
Hendeberg S., Lindgren F., (2009). CSR in Indonesia, a Qualitative Study From the Managerial Perspective Regarding Views and Other Improtant aspect of CSR in Indonesia. Thesis Hogskolan Gotland.
Kotler, Philip and Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility; Doing the Most Good you’re Company and Your Cause, Jhon Wiley & Sons, Inc, Hoboken; NewJersey.
Mapisangka, Andi. 2009. “Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat”. JESP, Vol. 1, No. 1, pp. 40.
Mardikanto,Totok. 2014. “Corporate Social Responsibility: Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Bandung : penerbit Alfabeta.
Mulyandari, Retno S.H., Swastomo,Wasidi., Tri Wibowo, Cahyono., Situmeang, Ilona. 2010. Implementasi CSR dalam mendukung pengembangan Masyarakat Melalui Peningkatan Peran Pendidikan. Makalah. Institut Pertanian Bogor. (Seminar Nasional “Komunikasi).
Nawapau, Okto. 2015. Peningkatan Nilai Saham Berdasarkan Ukuran Korporasi, Leverage, Biaya Agensi, Dan Tangggung Jawab Sosial Sebagai Dampak Dari Tata Kelola Organisasi (Studi Pada Korporasi Yang Tercatat Pada IndonesianInstitute For Corporate GovernanceI): Disertasi
Petkoski D, Twose N. (Ed). 2003. Public Policy for Corporate Social Responsibility. Jointly sponsored by The World Bank Institute, the Private Sector Development Vice Presidency of the World Bank, and the International Finance Corporation.. http://info.worldbank.org/ July 7–25, 2003.
Sukada S, Wibowo P, Ginano K, Jalal, Kadir I, Rahman T. 2007. Membumikan Bisnis Berkelanjutan. Memahami Konsep dan Pratik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta[ID]: Indonesia Business Links
Supriyatno, 2001, Perbedaan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kecenderungan Impotensi Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan, Skripsi (Tidak Diterbitkan), Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
The World Bank Institute. 2004. Corporate Social Responsibility and Sustainable Competitiveness. Module-1. CSR Main Cocepts.

Undang-undang
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 jo Undang-undang No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Authors

Marisa S.B. Seran
marisaseran@yahoo.com (Primary Contact)
Seran, M. S. (2017). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Terhadap Pendidikan Di Kota Kupang; Survey Terhadap Penerima Bantuan Pendidikan Pada PT. Bank NTT Kupang Tahun 2011-2015. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 2(2), 14-27. https://doi.org/10.31947/jakpp.v2i2.2521
Copyright and license info is not available

Article Details