JARINGAN KEBIJAKAN PUBLIK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TRANSPORTASI DI KOTA MAKASSAR

Achmad Risa Mediansyah

Abstract

Perkembangan transportasi sangat penting dalam mendukung dan menggerakkan dinamika pembangunan, dalam hal ekonomi kelembagaan transportasi untuk bekerja sebagai katalisator dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat biaya transaksi Transportasi di Kota Makassar dalam hal contrains informal, peraturan formal, penegakan keduanya. Penelitian ini dilakukan di Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (FLLAJ) di Makassar dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengindikasikan perbaikan dan peningkatan infrastruktur terutama sarana jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan prasarana dan sarana transportasi. Untuk mengurangi masalah transportasi di Indonesia, khususnya di Makassar, yang pertama dilakukan adalah memperbaiki sarana transportasi massal yang ada dan pemerintah juga harus melihat dalam hal biaya transaksi ekonomi institusional.

References

Alwi dan Suratman (2009) Analisis Antar Jaringan Organisasi Pelayanan Publik yang
Demokratis (Studi Kasus Penyelenggaraan Pelayanan Angkutan Kota di Kota Makassar). Laporan Penelitian Hibah Pasca, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
Badan Perencanaan Daerah Kota (2006). Album Peta RTRW Kota Makassar. Pemerintah Daerah Kota Makassar : Makassar.
Badan Perencaanaan Daerah Provinsi (2010). Album Peta RTRW Provinsi Sulawesi Selatan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan: Makassar.
Badan Pusat Statistik (2010). Makassar dalam Angka 2010. Badan Pusat Statistik Kota Makassar : Makassar.
Badan Pusat Statistik (2011). Sulawesi Selatan dalam Angka 2011. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan: Makassar.
Kiellberg, Francesco. 1995. The Changing Values of Local Government, The ANNALS of American Academy, AAPSS, 540, July : 40-50.
North, D. C. 1990. Institutions, Institutional Change and Economics Performance. Cambridge University Press.
Quade, E.S. 1982. Analysis for Public decision. Elsevier SciencePublishing, New York. Rhodes, R.A.W. 1984.
Power-Dependence, Policy Communitiesand Intergovernmental Networks,Public Administration Bulletin, 49.
Utomo, Warsito. 2005. Administrasi Publik Indonesia di Era Demokrasi Lokal,Bagaimana Semangat
Williamson, O.E. 2000. The New Institutional Economics: Taking Stock, Looking Ahead. Journal of Economic Literature. Vol. 38, pp. 595-613.

Authors

Achmad Risa Mediansyah
risamediansyah@gmail.com (Primary Contact)
Mediansyah, A. R. (2017). JARINGAN KEBIJAKAN PUBLIK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TRANSPORTASI DI KOTA MAKASSAR. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 3(1), 14-22. https://doi.org/10.31947/jakpp.v3i1.4066
Copyright and license info is not available

Article Details