PENINGKATAN MANAJEMEN USAHA, DIVERSIFIKASI PRODUK SERTA STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK “KHANZA GAZA” DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v2i1.1484Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha kelompok Khanza Gaza melalui perbaikan manajemen usaha yang masih lemah. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: (a) untuk memperbaiki administrasi kelompok berupa perizinan, persuratan sampai kelengkapan rekening bank; (b) memfasilitasi usaha kelompok untuk mengembangkan produk diversifikasi dengan bahan baku utama dari hasil perikanan; (c) memfasilitasi usaha kelompok untuk memiliki peralatan yang lebih mendukung peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan termasuk kemasan yang standar. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Makassar. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan Kota Makassar merupakan pasar yang sangat potensial untuk produk-produk olahan perikanan yang menjadi ciri kota Makassar. Pengabdian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Agustus sampai Oktober 2015. Tahapan kegiatan terdiri atas persiapan, identifikasi kondisi kelompok, memfasilitasi manajemen usaha dan teknis manajemen produksi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya perkembangan manajemen Khanza Gaza baik dari aspek administrasi maupun teknik produksi dan strategi pemasaran.
Kata kunci: manajemen usaha, diversifikasi usaha, strategi pemasaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.