PENINGKATAN MANAJEMEN USAHA, DIVERSIFIKASI PRODUK SERTA STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK “KHANZA GAZA” DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Mardiana Ethrawaty Fachry
  • Sri Suro Adhawaty
  • Aris Baso
  • Yunus Tamamma
  • Abdul Wahid
  • . Amiluddin
  • Chasyim Hasani
  • Andi Adri
  • . Firman

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v2i1.1484

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha kelompok Khanza Gaza melalui perbaikan manajemen usaha yang masih lemah. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: (a) untuk memperbaiki administrasi kelompok berupa perizinan, persuratan sampai kelengkapan rekening bank; (b) memfasilitasi usaha kelompok untuk mengembangkan produk diversifikasi dengan bahan baku utama dari hasil perikanan; (c) memfasilitasi usaha kelompok untuk memiliki peralatan yang lebih mendukung peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan termasuk kemasan yang standar. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Makassar. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan Kota Makassar merupakan pasar yang sangat potensial untuk produk-produk olahan perikanan yang menjadi ciri kota Makassar. Pengabdian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Agustus sampai Oktober 2015. Tahapan kegiatan terdiri atas persiapan, identifikasi kondisi kelompok, memfasilitasi manajemen usaha dan teknis manajemen produksi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya perkembangan manajemen Khanza Gaza baik dari aspek administrasi maupun teknik produksi dan strategi pemasaran.

 

Kata kunci: manajemen usaha, diversifikasi usaha, strategi pemasaran

Downloads

Published

2017-08-02