Author Guidelines
Pedoman Bagi Penulis (Guide of Author - GOA)
NASKAH. Jurnal Dinamika Pengabdian menerima naskah dari hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah dipublikasikan. Jumlah halaman naskah dibatasi maksimal 15 lembar termasuk referensi, tabel dan gambar.
PENYERAHAN NASKAH Cetakan naskah diserahkan ke Redaksi melalui submission online (Online submission)
FORMAT NASKAH. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku, istilah dalam bahasa inggris yang memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia dicetak italic. Naskah diketik menggunakan font Arial 11 dan spasi double diatas kertas HVS berukuran A4 dengan margin 2.5 cm dari semua tepi. Organisasi naskah mengikuti urutan: judul, nama penulis tanpa gelar dan alamat/instansi penulis, abstrak dilengkapi kata kunci, pendahuluan, metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, simpulan, penghargaan dan referensi.
JUDUL NASKAH. Merefleksikan sumber inspirasi PPM yang ditangani, jika diperlukan dapat mencantumkan lokasi kegiatan. Judul ditulis di tengah, ringkas dan jelas, tidak lebih dari 25 kata. Di bawah judul harus tertulis nama penulis, alamat/instansi penulis, dan minimal satu alamat e-mail, untuk korespondensi. Bila para penulis memiliki alamat yang berbeda harus diberi tanda (misal dengan bintang 1 atau 2) dan masing-masing tanda diberi nama instansinya.
ABSTRAK. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, diketik dengan menggunakan spasi satu dan maksimum 250 kata. Memuat uraian tentang informasi ringkas alasan dan tujuan pengabdian kepada masyarakat metode yang digunakan dan hasil berupa dampak dan manfaat serta capaian kegiatan. Kata kunci (Keywords) maksimum 7 kata diketik di bawah abstrak berjarak tiga spasi.
PENDAHULUAN. Menguraikan analisis situasi terkait dengan fakta-fakta yang mendasari dan menjadi fokus pelaksanaan kegiatan PPM; dapat berupa tantangan institusi, persoalan atau kebutuhan usaha kecil/ menengah dan masyarakat maupun pemberdayaan masyarakat. Tujuan utama kegiatan pengabdian diuraikan sebagai solusi pemecahan masalah.
METODE PELAKSANAAN. Menguraikan teknik atau cara menyelesaikan tantangan, persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan atau kesepakatan bersama. Dapat berupa salah satu metode atau kombinasi dua atau beberapa metode seperti inhouse training, continuing education, training penyegaran keilmuan, penyuluhan; konsultasi melalui jasa konsultasi dengan institusi; difusi ipteks yang menghasilkan produk bagi konsumen, pelatihan yakni kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan diikuti dengan demonstrasi, b) pengoperasian sistem atau peralatan yang dihibahkan, c) atau kegiatan untuk membentuk kelompok wirausaha baru, d) penawaran jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat; Mediasi seperti kegiatan dimana pelaksana PPM menjadi penengah atau mediator dari pihak-pihak yang bertikai atau bersama-sama masyarakat menyelesaikan persoalan yang memerlukan jasa institusi pemerintah atau swasta; simulasi ipteks dan substitusi ipteks untuk kegiatan dimana karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya atau yang menawarkan ipteks baru, lebih modern dan efisien kepada usaha kecil/ menengah, masyarakat. Juga diuraikan mengenai teknik pengumpulan dan analisis data (jika ada).
HASIL DAN PEMBAHASAN. Berisi hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang disajikan dalam bentuk tabel atau gambar dengan keterangan. Analisis data dengan uji statistik harus disertakan selang kepercayaannya misalnya dengan p = 0,05; p = 0,01 dan sebagainya. Pembahasan bukan penulisan ulang dari hasil. Pembahasan harus berisi pernyataan ringkas dan penting dari hasil pengabdian kepada masyarakat tersebut. Pembahasan memuat validitas hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hubungannya dengan hasil pengabdian yang pernah dipublikasikan (jika ada), serta mengarah pada pengambilan kesimpulan.
SIMPULAN. Nyatakan tingkat ketercapaian target kegiatan dan ketepatan antara persoalan, kebutuhan atau tantangan yang ditangani dan metode yang diterapkan yang relevan dengan judul.
UCAPAN TERIMA KASIH. Penyampaian ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang paling berperan dalam membantu kelancaran kegiatan, misalnya penyandang dana, Instiusi mitra kerja, pemerintah kabupaten atau kota, pimpinan Institusi.
DAFTAR PUSTAKA. Kutipan pustaka dalam teks harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Pustaka disusun alfabetik dengan urutan nama, tahun, judul makalah, judul literature (buku, jurnal, prosiding dll), penerbit dan tempat penerbit.
WAKTU PENERBITAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Mei dan Oktober.