PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TEORI HUMANISTIK DI SDN JABON 2, JOMBANG

Authors

  • Sakhi Herwiana
  • Elisa Nurul Laili
  • Maskhurin Fajarina

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v7i1.18410

Keywords:

Masalah pembelajaran, Model pembelajaran, Teori Humanistik

Abstract

Hambatan belajar timbul karena adanya masalah dalam diri siswa. Berdasarkan teori Humanistik permasalahan tersebut terjadi karena ada kebutuhan dasar siswa yang belum terpenuhi sehingga mereka tidak dapat mengaktualisasikan dirinya dalam pembelajaran. Sedangkan, banyak guru yang menganggap siswa yang memiliki masalah adalah anak yang bodoh atau nakal. Hal ini terjadi karena guru tidak mengetahui adanya teori Humanistik dalam pembelajaran. Untuk itu perlu adanya pemberian penyuluhan/sosialisasi tentang teori Humanistik dalam pembelajaran. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru di SDN Jabon 2, Jombang, Jawa Timur tentang pembelajaran dengan pendekatan Humanistik supaya guru di sekolah tersebut bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada siswa dari segi psikologis. Guru yang baik tidak hanya mementingkan aspek kognitif tapi juga harus memperhatikan aspek psikis siswa karena kondisi psikologis siswa juga menentukan prestasi akademik. Metode pelakasanaan PKM ini dilaksanakan melalui presentasi, ceramah, praktek, tanya jawab, dan diskusi. Setelah diberikan pemahaman tentang teori belajar Humanistik dapat dilihat bahwa guru dapat menerapkan teori tersebut di sekolah. Siswa sekolah dasar adalah siswa yang belum bisa berpikir secara dewasa. Guru sebagai pengganti orang tua di sekolah seharusnya memberikan bimbingan, panutan, dan kasih sayang. Kata kunci: Masalah pembelajaran, model pembelajaran, teori Humanistik. ABSTRACT Some students may have problems in learning. In Humanistic theory, these problems exist because the students' basic needs have not been fulfilled so that they cannot actualize themselves in learning. Meanwhile, teachers think that students who have these obstacles are stupid or naughty. It happens because the teacher does not know about a Humanistic theory that can be applied in learning. Therefore, it is necessary to give socialization about Humanistic theory in learning.  This community service activity aims to increase teacher knowledge in SDN Jabon 2, Jombang, East Java about learning with a humanistic approach so that teachers at the school can solve problems that exist to students from a psychological perspective. A good teacher is not only concerned with cognitive aspects but also pays attention to the psychological aspects because the students’ psychological condition also determines academic achievement. This activity is carried out through presentations, lectures, practice, questions and answers, and discussions. After being given an understanding of Humanistic learning theory, teachers are expected to apply the theory in schools. Elementary students are students who have not been able to think maturely. Teachers act as substitutes for parents in schools who are supposed to provide guidance, role models, and love. Keywords: Humanistic theory, learning problems, learning models.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antono, A. 2019. Kelebihan dan Kekurangan Teori Humanistik yang Perlu diperhatikan. https://dosenpsikologi.com/kelebihan-dan-kekurangan-teori-humanistik

Dodi, N. 2016. Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) Volume 1 Desember 2016, 1(12), 59–63. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/93

Herwiana, S., Virgiyanti, D. F., & Rayuningtya, P. 2013. Humanism. https://www.academia.edu/45373617/HUMANISM

Hidayat, R., & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ichsan, M. 2016. Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691

Irham, M., & Wiyani, N.2016. Psikologi Pendidikan: teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Ar-Ruzz media.

Nurliani, N. 2016. Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, 1(2), 39–51.

Qodir, A. 2017. Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id

Rohman, A. 2019. Dampak Psikologi Belajar Dalam Pembelajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Magistra, 10(1), 51–70. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/2715

Sakerebau, J. 2018. Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’ Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22

Sanusi, U. 2013. Pembelajaran Dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 11(2), 123–142. www.PendidikanNetwork.co.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Herwiana, S. ., Laili, E. N. ., & Fajarina, M. . (2021). PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TEORI HUMANISTIK DI SDN JABON 2, JOMBANG. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(1), 85-93. https://doi.org/10.20956/jdp.v7i1.18410