PENERAPAN TEKNOLOGI VACUUM FRYING UNTUK PENGOLAHAN KRIPIK BUAH DI KABUPATEN BARRU SULAWESI SELATAN

Authors

  • . Mursida
  • . Reta
  • Arnida Mustafa

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v5i1.8118

Abstract

ABSTRAKProgram diseminasi ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi petani buah di kabupaten barru khususnya dan Sulawesi selatan pada umumnya. Diharapkan teknologi vacuum frying ini bisa memberikan solusi pada saat harga anjlok yang biasanya terjadi pada puncak musim panen buah. Diseminasi produk teknologi yang diterapkan adalah hasil kajian dan penelitian yang memang sudah terbukti (proven). Teknologi ini memiliki mekanisme kerja untuk menghilangkan kadar air buah dengan sistem penggorengan hampa udara, yang disertai oleh alat kontrol suhu secara otomatis pada panelnya, sehingga hasil produk akan sesuai dengan apa yang kita atur pada setting, dan yang paling penting kandungan vitaminnya masih sangat terjaga. Mesin Vacuum Frying ini akan memberi dampak secara ekonomis sekaligus solusi bagi berbagai persoalan pada saat panen raya buah dengan meningkatkan nilai jual nilai tambah bagi pelaku usaha yang menggelutinya, dan member efek multi ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Kata Kunci: Vacuum Frying, Diseminasi, Panen. ABSTRACTThis dissemination program aims to provide solutions for fruit farmers in Barru regency in particular and South Sulawesi in general. The vacuum frying technology is expected to provide solutions when prices plummet which usually occurs at the peak of the fruit harvest season. Dissemination of applied technology products is the result of studies and research that have already been proven. This technology has a working mechanism to eliminate fruit water content with a vacuum frying system, which is accompanied by an automatic temperature control device on the van, so the product results will be in accordance with what we set, and the most important is the vitamin content is stable. The Vacuum Frying machine will provide an economic impact as well as a solution to various problems during the fruit harvest season by increasing the value-added sales value for businesses that are involved in it, and providing a multi economic benefit to the surrounding community.Keywords: Vacuum Frying, Dissemination, Harvest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argo D. B, dkk. 2015. Mesin Penggorengan Hampa Sistem Swing dan Penerapannya Pada Industri Keripik Buah. Diakses pada 30 Oktober 2015. http://www.Dikti.org/ p3m/ abstrak/ ristek/.

Badan Pusat Statistik, 2017. Barru dalam Angka.

Iswari, NMC. 2013. Optimasi Suhu Dan Waktu Penggorengan Hampa (Vacuum Frying) Dalam Produksi Keripik Ubi Jalar Mentawai. [Skripsi]. Bogor: Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Nicolas T dan Supardi M, 2017. Pengaruh Suhu Dan Waktu Penggorengan Terhadap Mutu Keripik Nanasmenggunakan Penggoreng Vakum. Jurnal Penelitian Teknologi Industri Vol. 9 No. 1 Juni 2017 : 9-22 ISSN No.2085-580

Suryadi, Rohanah A., dan Harahap LA. 2016. Uji suhu penggorengan keripik salak pada alat penggorengan vakum (vacuum frying) tipe vacuum pump. J.Rekayasa Pangan dan Pert., 4 (1): 116- 121.

Suprana, YA. 2012. Pembuatan keripik pepaya menggunakan metode penggorengan vacuum dengan variabel suhu dan waktu. [Laporan Tugas Akhir]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Shofiyatun, NF. 2012. Optimasi proses penggorengan vakum (vacuum frying) keripik daging sapi. [Skripsi]. Bogor : Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Mursida, ., Reta, ., & Mustafa, A. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI VACUUM FRYING UNTUK PENGOLAHAN KRIPIK BUAH DI KABUPATEN BARRU SULAWESI SELATAN. Jurnal Dinamika Pengabdian, 5(1), 19-25. https://doi.org/10.20956/jdp.v5i1.8118

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>