KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD DALAM MENYANYIKAN LAGU MELAYU JAMBI MELALUI MUSIK AKUSTIK

Destrinelli Destrinelli, Alirmansyah Alirmansyah, Ari Surya Febriana, Sutria Ningsih, Islami Citra, Deni Afrilda, Ahlina Mursalati Urfa, Amad Mujiyanto, Fradia Mayang Intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyanyi lagu melayu Jambi melalui musik akustik pada mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis survei. Penelitian ini menggunakan tes praktik sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 140 orang dengan keterangan 7 orang perwakilan masing-masing kelas. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari data yang diperoleh menggunakan tes praktik dari sampel penelitian kemudian dianalisis dan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi pada tahun 2019/2020 dalam menyanyikan lagu melayu Jambi melalui musik akustik dapat dikategorikan “Cukup”.


Keywords


Kemampuan; Menyanyi; Lagu Melayu Jambi

Full Text:

PDF

References


Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar, 3(I), 163–180.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.

Kamid, K., Resmita, R., & Rohati, R. (2016). Analisis Nilai-Nilai Budaya Jambi Yang Terkandung Dalam Alat Musik Kelintang Kayu Yang Berkaitan Dengan Pembelajaran Pola Barisan Dan Deret. AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 26–33.

Nursalim, N. (2017). PROFESIONALISME GURU SD/MI. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(2), 250-256.

Sidik, H. (2018). KOMPOSISI MUSIK “ PIK -PIK-NUMPANG- TIDUK ” ( Interpretasi dari Sebuah Kesenian Tradisi Lisan di Desa Pulau Temiang , Kabupaten Tebo , Provinsi Jambi ). Jurnal Puitika, 14(2), 190–204.

Suwardi Wibowo, I., & Maqfirotun, S. (2016). Peran Guru dalam Membentuk Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sekolah Dasar. I(I), 61-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.34050/jib.v7i2.8208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

P-ISSN: 2354-7294
E-ISSN: 2621-5101