HUBUNGAN MOTIVASI DAN KETERSEDIAAN APD TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN APD PADA SEBUAH PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI TELEKOMUNIKASI

Authors

  • Furqaan Naiem
  • Yahya Thamrin
  • Lalu M Saleh
  • Indra Dwinata
  • Fajaruddin Natsir
  • Nurul Muflisha

DOI:

https://doi.org/10.30597/jkmm.v2i1.10698

Abstract

Bekerja di bidang jasa konstruksi telekomunikasi harus memiliki sistem pencegahan dan pengendalian yaitu APD. Penggunaan alat pelindung diri merupakan tahap akhir dalam hirarki pengendalian kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Tingkat penggunaan APD sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan dan kesehatan kerja, dimana semakin rendah frekuensi penggunaan APD, semakin besar kesempatan terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan motivasi dan ketersediaan APD terhadap perilaku penggunaan APD. Metode yang dilakukan dalam penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional study dengan analisis bivariat menggunakan uji koefisien kontingensi c pada sebuah perusahaan jasa konstruksi telekomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dengan perilaku penggunaan APD p-value = 0,000 (p<0,05) ketersediaan APD dengan perilaku penggunaan APD p-value = 0,000 (p<0,05). Kesimpulan penelitian adalah menemukan hubungan antara motivasi, ketersediaan APD dengan perilaku penggunaan APD. Disarankan agar perusahaan meberikan reward kepada pekerja yang patuh menggunakan APD sehinggan pekerja termotivasi untuk menggunakan APD selain itu diharapkan agar APD disediakan sesuai dengan jumlah pekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Oktafiani, Yeti. 2016. Hubungan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Studi Kasus: Bagian Pengolahan PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Desa Olong Pinang Kabupaten Paser. Jurnal Volume 4 Nomor 1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarma

Waruwu, Saloni dan Ferida Yuamita. 2016. Analisis Faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang Signifikan Mempengaruhi Kecelakaan Kerja pada Proyek Pembangunan Apartement Student Castle. Jurnal. Volume 14 Nomor 1. Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Teknologi Yogyakarta.

Mahendra, R., Kurniawan, B. and Suroto (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerjaan Ketinggian di PT. X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3, pp. 572–581.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Permenakertrans. Alat Pelindung Diri (APD). Jakarta: Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi; 2010

Geller, E Scott. 2001. The Psychology of Safety Handbook. New York: Lewis Publishers.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles