Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pengelolaan Perairan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK UNTUK PENULIS

Struktur manuskrip

Struktur manuskrip menggunakan sistem angka.  Bab dan subbab diberi nomor secara berurutan 1.1 (lalu 1.1.1, 1.1.2,……), 1.2 dan seterusnya (abstrak tidak termasuk dalam penomoron ini.

  

Judul.  Harus padat dan informatif, hindari singkatan dan rumus dan ditulis dalam dua bahasa; Indonesia dan Inggris. Judul ditulis dengan fonta Times New Roman ukuran 14.

 

Nama penulis dan afiliasi. Nama penulis dan afiliasi harus jelas disebutkan nama pertama dan nama keluarga setiap penulis.  Institusi tiap penulis juga harus dituliskan dengan lengkap dan jelas di bawah nama penulis.  Semua institusi penulis dituliskan dengan angka dengan subscript setelah nama penulis. Ditulis dengan fonta Times New Roman ukuran 12 (nama) dan ukuran 11 (afialiasi).  Jarak anatara Nama dan afliasi

 

Korespondensi penulis. Korespondensi penulis harus jelas disebut siapa yang akan bertanggung jawab terhadap tulisan.  Alamat email dan rincian alamat korespondensi harus dituliskan dengan jelas.

 

Abstrak. Abstrak yang singkat, jelas dan faktual sangat diperlukan.  Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak harus memuat secara ringkas latar belakang, tujuan, metode, hasil utama dan kesimpulan penelitian, total maksimum 250 kata. Abstrak ditulis dengan fonta Times New Roman ukuran 11.

 

Kata kunci. Cantumkan maksimal 6 kata kunci yang berhubungan dengan manuskrip.

 

Pendahuluan

Pendahuluan memuat latar belakang penelitian secara ringkas dan padat, dan tujuan penelitian. Penelitian sejenis yang sudah dilakukan dapat dinyatakan dalam pendahuluan dan kebaruan dari penelitian harus dinyatakan dengan jelas.

 

Metode Penelitian

Bahan dan metode penelitian merupakan prosedur dan teknik penelitian. Antara satu penelitian dengan penelitian yang lain, prosedur dan tekniknya akan berbeda. Kalau tidak berbeda, berarti penelitian itu hanya mengulang penelitian yang sudah ada sebelumnya. Tapi bukan berarti harus berbeda semuanya. Metode penelitian harus dijabarkan dengan jelas dilengkapi dengan referensi pendukung bila menggunakan metode yang serupa dengan metode sebelumnya.  Rumus-rumus yang digunakan dalam analisis sampel harus ditulis dan dilengkapi dengan referensi pendukung.  Analisis data harus dijabarkan dengan jelas dan singkat. Kalau mau disertakan penelitian yang dilakukan termasuk ke dalam kategori penelitian yang mana, mohon diperhatikan dengan baik, jangan asal mengopi. Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa sub bab.

 

Hasi dan Pembahasan

Hasil

Bagian ini memuat data (dalam bentuk grafik, gambar dan tabel), dan hasil dari analisis data yang dijabarkan secara jelas, tepat dan padat.

Pembahasan

Pembahasan memuat interpretasi terhadap hasil penelitian dilakukan dengan mengkaitkan studi empiris atau teori secara signifikan. Jika dilihat dari proporsi tulisan, bagian ini harusnya mengambil proporsi terbanyak, bisa mencapai 50% atau lebih. Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa sub bab.

 

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Bagian ini memuat kesimpulan. Kesimpulan menjawab tujuan, bukan mengulang teori, berarti menyatakan hasil penelitian secara ringkas (tapi bukan ringkasan pembahasan).

Saran

Saran memuat usulan perbaikan atau pengembangan atau rekomendasi hasil penelitian.

  

Persantunan

Pada bagian ini sumber dana penelitian, instansi/institusi atau orang yang membantu dalam penelitian harus disebutkan.

 

Daftar Pustaka

Bagian ini hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk; dengan demikian, referensi yang dimasukkan pada bagian ini akan ditemukan tertulis pada bagian- bagian sebelumnya. Sistematika penulisannya adalah:

  • Menurut abjad penulis pertama.
  • Tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, koran, ataupun berdasarkan tipe publikasi lainnya.
  • Sistematika penulisan buku: nama penulis (Nama keluarga lebih dahulu, diikuti dengan singkatan nama pertama). Tahun publikasi. Judul buku. Penerbit, kota. Halaman.
  •  

Contoh : 

 a.  Satu pengarang

Pechenik, J.A. 1991. Biology of the Invertebrates. Second edition. Brown, Wm. C. Publishers, Dubuque, Iowa. 567 p. 

b.  Dua pengarang

Longhurst,  A.R. &  Pauly,   D.  1987.   Ecology  of  Tropical  Oceans. Academic Press Inc., San Diego. 407 p. 

c.  Lebih dari dua pengarang

Parsons, T.R., Takahashi, M. & Hargrave, B. 1984. Biological Oceanographic Processes. Third edition. Pergamon Press, Oxford. 330 p. 

d.  Buku dengan satu editor

Miller,  P.J.  (editor).  1979.   Fish  Phenology:  Anabolic  Adaptiveness  in Teleosts. Academic Press Inc. Ltd., London. 449 p. 

e.  Buku dengan lebih dari satu editor

Norris, D.O. & Jones, R.E. (editors). 1987. Hormones and Reproduction in Fishes, Amphibians, and Reptiles. Plenum Press,New York. 613 p.  

f.  Buku dengan volume tanpa judul

Wijayakusuma,  M.H.,  Dalimartha,  S. & Wirian,  A.S.  1998.   Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Volume 4. Pustaka Kartini, Jakarta. 84 hal. 

g.  Buku dengan volume yang mempunyai judul berbeda-beda

Hoar, W.S. and Randall, D.J. (editors). 1988. FishPhysiology. Volume XI. The Physiology of Developing Fish. Part A. Eggs and Larvae. Academic Press, Inc., San Diego, California. 546 p.

1. Buku dengan lembaga atau organisasi sebagai pengarang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan kedua. Balai Pustaka, Jakarta. 1090 hal.

2. Bab atau bagian dari buku

Price, D.J. 1989. Genetics of sex determination in fishes, pp. 77-89.  In Potts G.W. & Wootton, R.J. (editors). Fish Reproduction: Strategies and Tactics. Academic Press, London.

3. Buku terjemahan tanpa editor

Nybakken,  J.W.   1988.   Biologi  Laut:  Suatu  Pendekatan  Ekologis.  H.M. Eidman,  Koesoebiono,  Bengen,  D.G., Hutomo,  M.  dan  Sukardjo, S. penerjemah. PT Gramedia, Jakarta. Terjemahan dari: Marine Biology: An Ecological Approach.  

  • Sistematika penulisan untuk jurnal: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu singkatan nama pertama dan seterusnya). Tahun publikasi. Judul tulisan. nama jurnal. Volume: Halaman 

Contoh: 

Yaqin, K. Lay, B. Riani, E. & Masud, Z. 2011.  Hot spot biomonitoring of marine pollution effects using cholinergic and immunity biomarkers of tropical green mussel (Perna viridis) of the Indonesian waters. Journal Toxicology Environmental Health Sciences. 3: 356-366..

  • Sistematika penulisan untuk skripsi/tesis/disertasi: nama penulis (nama terakhir lebih dahulu, lalu singkatan nama pertama dan seterusnya). Tahun lulus. Judul skripsi/tesis/disertasi. Universitas, kota. 

Contoh:

Rukminasari, N. 1999. Faktor biologi reproduksi kepiting rajungan di Pulau Salema Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tesis.  Universitas Hasanuddin. Makassar. 

  • Sistematika penulisan untuk artikel dari internet: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya). Tanggal, bulan, dan tahun download. Judul tulisan. Alamat situs. [tanggal diakses]. Sangat tidak dianjurkan mengutip tulisan dari interet yang kredibilitasnya rendah. 

Contoh:

Febri. 2012. Dampak blooming alga. http://febrimsp2011.blogspot.co.id/2012/10/dampak-blooming-alga.html [diakses tanggal 21 Januari 2018]

 

  • Sistematika penulian untuk artikel dalam koran/majalah: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya). Tanggal, bulan dan tahun publikasi. “Judul tulisan.” Nama koran. Penerbit, kota.

Contoh :

Burhanuddin, A.I. 2018. “Cantrang dan Kesehatan Lingkungan Laut”. Fajar. Makassar.

 

ATURAN PENULISAN

-          Tulisan merupakan hasil penelitian dan ulasan.

-          Tulisan ilmiah menggunakan bahasa Indonesia baku, setiap kata asing dicari padanannya dalam bahasa Indonesia baku, dan tidak perlu menyertakan bahasa asingnya. Kalau belum ada pandanannya maka kata asing itu harus diketik miring.

-          Kalimat yang diambil dari tulisan ilmiah dalam bahasa asing diterjemahkan dalam bahasa Indonesia baku.

-          Referensi menggunakan aturan penulis, dan hanya mencantumkan nama belakang penulis dan tahun tulisan (contoh: Kotler, 2000) dan mohon dicek ulang dengan daftar pustaka (sangat membantu jika menggunakan fasilitas bibliography yang ada di word processor, misalnya Mendeley, EndNote)

-          Tidak menggunakan catatan kaki

-          Tulisan ilmiah dikirimkan dengan format:

  • Ukuran kertas yang digunakan ukuran A4
  • Panjang tulisan minimum 10 halaman dan maksimum 12 halaman.
  • Margin keliling 3cm
  • Spasi 1,5
  • Dalam bentuk 1 kolom (standar, tidak perlu dibuat kolom)
  • Huruf Times New Roman, ukuran 12
  • Semua jenis rumus ditulis menggunakan Mathematical Equation (bagi pengguna MS Word ada di bagian Insert => Equation), termasuk pembagian/fraksi, Zigma, Akar, Matriks, Integral, Limit/Log,

Pangkat, dsb

  • Semua jenis simbol menggunakan simbol standar yang ada di Word Processor (bagi pengguna MS Word ada di bagian Insert => Symbol)

-          Judul tabel dan gambar ditulis rata kiri dan kanan (justify) dengan jarak 1 spasi dari tabel atau gambarnya. Tulisan “Tabel” atau “Gambar” dengan nomornya diletakkan satu baris sendiri. Judul tabel diletakkan di atas tabel (sebelum tabel) dan judul gambar diletakkan di bawah gambar (setelah gambar). Penulisan sumber tabel atau gambar diletakkan di bawah tabel dan gambar (dengan huruf 10 pt). Pada gambar, penulisan sumber diletakkan setelah judul gambar dengan jarak 1 spasi. Tulisan dalam tabel 10 pt. Tabel diberi nomor dengan penomoran latin dan tabel hanya dibuat maksimum dengan menggunakan 4 garis horizontal. Judul tabel harus mencerminkan isi tabel and ditulis secara singkat dan jelas. Gambar dibuat dengan resolusi yang tinggi.  Judul gambar harus mencerminkan isi gambar dan ditulis secara singkat dan jelas.

 

Contoh Tabel.

 Tabel 1. Rasio Keuangan Bank Mandiri Tahun 1998-2005.

 

Contoh Gambar.

Gambar 1. Perbedaan konsentrasi logam Pb di dalam daging dan cangkang kerang simping.  Huruf yang berbeda menunjukkan perbedaan yang nyata (p < 0,05)

 


 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.