KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAA ANAAM KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (SUATU TINJAUAN INTRINSIK)

Penulis

  • Linda a:1:{s:5:"en_US";s:22:"Universitas Hasanuddin";}
  • Haeriyyah Universitas Hasanuddin
  • Ilham Ramadhan Universitas Hasanuddin

Abstrak

Penelitian ini merupakan analisis terhadap karakter tokoh utama dalam novel yang berjudul “Laa Anam” karya Ihsan Abdul Quddus. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis yang mengalami electra complex yaitu ketertarikan yang berlebih terhadap ayahnya hingga merasa bersaing dengan ibu tirinya dalam mendapat perhatian sang ayah, selain itu ia memiliki karakter yang unik karena sifatnya yang kompleks. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode kajian pustaka. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik baca dan catat. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah content analysis. Tinjauan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan intrinsik, yaitu tinjauan yang mengkaji unsur-unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah karakter tokoh utama dalam novel “Laa Anaam” karya Ihsan Abdul Quddus. Setelah melakukan penelitian, di dapati bahwa Nadia memiliki karakter yaitu Percaya diri, pintar, manipulative, jahat, memiliki kepribadian yang kompleks, simpati, pembohong, bertanggung jawab, sombong, introvert, pendiam, cerdik, fanatik kepada ayahnya, munafik, pencemburu, pemarah, memiliki sifat iri hati, pendendam, bertekad kuat, cermat, mudah cemas/overthinking, manja, pemalu, keras kepala, berani, egois, dan setia. Sedangkan, dalam menentukan penggambaran tokoh, maka terbagi dua yaitu dengan teknik analitik dan teknik dramatik. Penggambaran dengan teknik analitik atau penggambaran tokoh dengan pemberian deskripsi secara langsung, maka tokoh Nadia meliputi lima karakter berikut ini: jahat, bertanggung jawab, pendiam, memiliki sifat iri dan berani. Sedangkan, penggambaran tokoh dengan teknik dramatik atau penggambaran tokoh secara tidak langsung, maka tokoh Nadia meliputi 18 karakter, yaitu: percaya diri, pintar, manipulatif, wanita penyayang, introvert, fanatik ke ayahnya, munafik, mudah cemburu, pemarah, pendendam, bertekad kuat, cermat, mudah cemas/berpikir berlebihan, manja, pemalu, egois, dan setia. Selain itu, ada empat karakter yang di gambarkan menggunakan teknik analitik dan dramatik, yaitu kepribadian kompleks, sombong, cerdik, dan keras kepala.   Kata Kunci: Tokoh Utama, Novel, Karakter.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ramadhan, I. (2020). أثر البيئة في قصيدة "المعلقة" لزهير بن أبي سلمى : دراسة بيئية أدبي. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab. doi:https://doi.org/10.20956/jna.v17i2.12030

Ramadhan, I., Haeruddin, & Rauan, G. A. (2021). التشبيه في ديوان" هكذا أكتب تاريخ النساء" لنزار قباني: دراسة تحليلية بلاغية: Majas Dalam Antologi" Begitulah Kutulis Sejarah Para Perempuan" Karya Nizar Qabbani. Jurnal Bahasa Arab. doi:https://doi.org/10.20956/jna.v18i2.18432

أغوستينا, ر. ج.(2018). العناصر الداخلية يف رواية "فتح األندلس" جلرجي زيدان (دراسة أدبية). core.ac.uk.

القدوس, ا. ع. (1958). لا أنام.

حميدة, س. (2018).العناصر الداخلية في رواية "مواكب األحرار" لنجيب الكيالني (دراسة أدبية). digilib.uinsby.ac.id.

Arsyad, H. (2017). Analisis Struktural Pada Novel Kaze No Uta Wo Kike Karya Haruki Murakami. Digilib.Unhas.Ac.Id.

BYL, J. J. (2016). Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov. Ejournal.Unsrat.Ac.Id.

Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: K-Media.

Darma, B. (2019). Teori Sastra. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Devi, N. I. (2021). Teknik Pelukisan Analitik Dan Dramatik Pada Tokoh Utama Dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. BELAJAR BAHASA, 73.

Dewi, S. R. (2011). Tokoh Dan Penokohan Alif Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi: Sebuah Analisis Objektif. Lib.Ui.Ac.Id.

Hasmah, R., Masnani, S. W., & Nur, M. (2023, September). Kritik Sosial dalam Novel Lan

Amūta Sudā karya Jehād Al Rajbȳ. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(3), 51-63.

Fitriah, R. (2013). Analisis Karakter Tokoh Pendidik Yang Terdapat Pada Novel Dunia Kecil Karya Yoyon Indra Joni. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Haeriyyah, H., & Ramadhan, I. (2023). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel "Al-Hubb Fii Zamani An-Nafthi" Karya Nawal El-Sa’dawi (Tinjauan Psikoanalis Carl Jung): Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel "Al-Hubb Fii Zamani An-Nafthi" Karya Nawal El-Sa’dawi (Tinjauan Psikoanalis Carl Jung). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(03). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/30881

Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar. Makassar: CV. Berkah Utami.

Hawa, M. (2017). Teori Sastra (Vol. 1). Yogyakarta: Deepublish.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press& Yuma Pustaka.

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: Cv. Ae Media Grafika.

Kartini. (2017). Konflik Dalam Novel Fadaytuki Yā Layla Karya Yūsūf Al-Sibā‘Ī (Suatu Tinjauan Intrinsik). Digilib.Unhas.Ac.Id, 11.

Kasnadi, & Sutejo. (2014). Kajian Prosa Kiat Menyisir Dunia Prosa. Yogyakarta: TERAKATA & P2MP Spectrum.

Al-Ma'ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori Dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: AMZAH.

Masnani, S. W., Aminah, T., & Bahri, S. (2023). Kepribadian Tokoh Dalam Film Al-Fiil AlAzraq: Suatu Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(2), 37- 52

Mustoip, S., Japar, M., & MS, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nurgiyantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pebriani, Y. (2016). Analisis Fiksi Kado Untuk Putri Ungu Dan Suri Cucu Kakek Dulhak: Tinjauan Strukturalisme. Jurnal Gramatika, 1.

Quddus, I. A. (2012). Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan. Jakarta Timur: Pustaka Alvabet.

Ramadhan, I. (2021). مظاهر أخلاق الرؤساء الوسطية في وصية عمر بن الخطاب للخلفاء الذين جاءوا بعده: دراسة أدبية / A Nobel Character Figure for a Leader in Umar Bin Khattab’s will for The Next Leader: Literary Studies. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 7(1), 35-49. https://doi.org/10.24252/diwan.v7i1.16838

Suarta, I. M., & Dwipayana, I. K. (2014). Teori Sastra. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjiman, P. (1988). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Suwardani, N. P. (2020). "Quo Vadis" Pendidikan Karakter: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Bali: Unhi Press.

Widayati, S. (2020). Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Baubau: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press.

Yuliantik, E. (2018). Perkembangan Karakter 3 Dimensi Tokoh Mada Dalam Film Haji Backpacker Berdasarkan Pola Strukur Naratif. Jurnal.Isi.Ska.Ac.Id.

Zulfahnur, Z.F. (2014). Lingkup Ilmu Sastra: Teori Sastra, Sejarah Sastra, Dan Kritik Sastra, Serta Hubungan Antara Ketiganya. Pustaka.Ut.Ac.Id, 13-14.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: K E N C A N A Prenada Media Group

Zuhriah, Z. (2016). PERUBAHAN POLA PEMBENTUKAN QAṢĪDAH BURDAH IMAM AL-BŪṢĪRY. Prosiding ASBAM, 1(1), 437–443.

Zuhriah, Z. (2018). Changes Pattern Formation Qasidah Burdah Imam Al-Būṣīry. Springer, 233–243. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5669-7_20

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

, L., Haeriyyah, & Ilham Ramadhan. (2024). KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAA ANAAM KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (SUATU TINJAUAN INTRINSIK). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 4(01), 1-16. Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/32906