Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI SUBMITTER 

1. Ketik/Klik http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/

2. Klik REGISTER di menu bar

3. Isi Profil anda, dimulai dengan user name yang diinginkan. Tanda (*) wajib diisi.

4. Beri tanda  √  pada kotak confirmation, Reader dan Author, lalu klik REGISTER

5. Kalau sudah pernah register, langsung klik LOGIN di menu bar.

6. Masukkan username dan password, lalu klik LOGIN

7. Pada halaman user home, Klik New Submission

8. Pada Journal Section, Pilih Articles, Beri tanda  √ semua kotak pada Submission Checklist dan copy right notice

9. Klik SAVE and CONTINUE

10. Lanjutkan mengisi tahap 2. Upload Submission, 3. Enter Metadata, 4. Upload Supplementary Files, 5. Confirmation

PETUNJUK BAGI PENULIS

Petunjuk penulisan dibuat untuk membantu penulis dalam menulis manuscript yang akan dipublikasi di Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan dapat diunduh di:

Download Author Guidelines

Download File Templates

Manuscript diketik dengan menggunakan word processors (Microsoft Word or Open Office) software. Jenis font yang digunakan adalah Book Antiqua. Ukuran kertas adalah A4 (210 x 297 mm), format 1 kolom  dengan margin 2.5 cm pada bagian atas, 2 cm pada bagian bawah, 2.5 cm margin pada bagian kiri, dan 2 cm margin pada bagian kanan. Menggunakan spasi 1, justified pada sebelah kanan. Nomor halaman dibuat pada bagian bawah setiap halaman. Jumlah kata untuk keseluruhan artikel tidak lebih dari 5.500 kata.  Gunakan kata benda (pronouns) dan menghindari penggunaan pronouns seperti  Saya, Kami dan sebagainya.

Manuscript yang dikirim ke JSEP (kecuali artikel review) harus mengikuti sistematika berikut:

Judul

Penulis: nama dan lembaga afiliasi

Abstrak

Kata Kunci

Sitasi

Pendahuluan

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasan

Kesimpulan;

Ucapan terima kasih (kalau ada); dan

Daftar Pustaka

A. BAGIAN AWAL

1.    Judul, dibuat untuk menarik perhatian pembaca. Ingat bahwa pembaca adalah penulis potensil yang akan mengutip (mensitasi) artikel anda. Identifikasi isu utama dari paper. Mulai dengan subjek artikel. Judul harus akurat, tidak bermakna ganda, spesifik, dan komplit. Jangan menggunakan singkatan. Jumlah kata untuk judul tidak lebih dari 20 kata.

Judul ditulis dengan font Book Antiqua, ukuran 14 pt, spasi 1.0,  dicetak tebal, menggunakan huruf kapital dan ditempatkan di tengah (center) padai bagian atas.

Jika menggunakan sub judul, maka judul utama diakhiri dengan tanda titik dua (:). Sub-judul ditulis dengan font Book Antiqua, ukuran 12 pt, spasi 1.0,  dicetak tebal, menggunakan huruf kapital pada awal setiap kata (kecuali kata depan) dan ditempatkan tepat di  bawah judul utama.

Manuscript berbahasa Indonesia, selain judul yang berbahasa Indonesia, harus menyertakan judul berbahasa Inggris dan sebaliknya. Judul berbahasa Inggris (dan sebaliknya) ditulis dengan font Book Antiqua, ukuran 12 pt, spasi 1.0,  dicetak tebal dan miring, menggunakan huruf kapital pada awal setiap kata (kecuali kata depan) dan ditempatkan tepat di  bawah judul utama.

 Contoh 

PERANAN MAKANAN TRADISIONAL BERBAHAN SAGU

SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMENUHAN GIZI MASYARAKAT:

Kasus Desa Laba, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara,

Provinsi Sulawesi Selatan

The Role of  Traditional Food is Made from Sago

as Alternative in Compliance of Community Nutrition:

Case Laba Village, Masamba Sub-district, North Luwu District, South Sulawesi

 

 

2.    Nama Penulis, ditulis lengkap tanpa gelar dan jabatan. Jangan menyingkat nama belakang atau selalu menyebutkan nama depan dan nama belakang. Tulis dengan jelas lembaga dimana penulis berafiliasi. Untuk mahasiswa, afiliasinya adalah Departemen dimana yang bersangkutan terdaftar.

Jumlah penulis maksimal 5 orang ditulis secara berurut yang dipisahkan dengan tanda koma (,) dan salah seorang diantaranya menjadi kontak person (corresponding author) yang ditulis lengkap dengan alamat emailnya.

Nama penulis ditulis dengan font Book Antiqua, ukuran 12 pt, spasi 1.0,  dicetak tebal, ditempatkan tepat di  bawah terjemahan (Inggris/Indonesia) dari judul.

3.  Afiliasi Penulis dan Kontak Penulis, ditulis dengan font Book Antiqua, ukuran 9 pt, spasi 1.0,  tidak dicetak tebal, dan ditempatkan tepat di  bawah nama penulis.

Contoh:

Endah Ernawati, Heliawaty*, Pipi Diansari

Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian,

Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar

*Kontak penulis: heliawaty_sosek@agri.unhas.ac.id

 

4. Abstrak, ditulis  jelas, tepat dan deskriptif. Abstrak memberikan gambaran singkat mengenai keseluruhan isi artikel. Harus memuat secara singkat latar belakang masalah, tujuan penulisan, metoda/metodologi, ringkasan hasil temuan dan kesimpulan.

Isi dari abstrak ditulis dengan font Book Antiqua 11 pt dan spasi 1.0, dengan jumlah kata tidak lebih dari 250 kata.

Abstrak manuscript berbahasa Indonesia harus menyertakan abstrak berbahasa Inggris, dan sebaliknya.

5. Kata Kunci, maksimum 5 kata yang dipisahkan oleh titik koma (;) dan diakhiri dengan titik (.).  Kata kunci  penting untuk pengindeksan artikel yang sesuai.  Isi kata kunci ditulis dengan font Book Antiqua 11 pt tanpa dicetak tebal.

6.  Sitasi

Sitasi yang dimaksud adalah informasi bagi pembaca atau peneliti dalam mensitasi  artikel.  Sitasi dibuat oleh pengelola JSEP, setelah artikel direview oleh reviewer dan diputuskan untuk dimuat pada volume dan nomor tertentu.

B. BAGIAN ISI

Seluruh bagian isi artikel diketik menggunakan font Book Antiqua 12 pt dengan spasi 1.0.  Judul bagian tulisan dicetak tebal dengan menggunakan angka sesuai urutan dalam sistematika. Sedangkan judul sub bagian dicetak tebal dan miring. Penjelasan singkat setiap bagian artikel sebagai berikut:

1. Pendahuluan, sebaiknya hanya memuat 500-1000 kata yang memberikan informasi mengenai pentingnya artikel dan kebaruan dalam pengembangan keilmuan. Pendahuluan ditulis sedemikian rupa sehingga menimbulkan ketertarikan bagi pembaca. Dengan kata lain, bagian pendahuluan adalah tempat untuk “menjual” isi artikel.

2. Metoda Penelitian/Metodologi, sebaiknya hanya 500-1000 kata yang menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Bagian ini memuat hal-hal yang berkaitan dengan cara pengumpulan data dan bagaimana menganalisanya.

3. Hasil dan Pembahasan, harus jelas dan ringkas. Hasil harus mengemukakan temuan-temuan penting dan bagaimana perbedaannya atau kesamaannya dengan hasil penelitian/publikasi lainnya. 

Pembahasan harus mengeksplorasi signifikansi hasil penelitian, bukan pengulangan-pengulangan. Pemisahan atau penggabungan antara hasil dan pembahasan diperbolehkan. Hindari sitasi yang terlalu banyak dari literatur. 

Pembahasan (discussion) adalah bagian yang paling penting dari artikel Anda. Dalam bagian ini Anda berkesempatan untuk mentransaksikan temuan atau ide Anda. Pembahasan harus sesuai dengan hasil, bukan pengulangan dari hasil.

Komponen yang harus dimuat dalam pembahasan (diskusi) adalah bagaimana kaitan hasil dengan pertanyaan atau tujuan yang telah dikemukakan pada bagian pendahuluan; interpretasi secara saintifik setiap hasil temuan yang dikemukakan; dan apakah hasil/temuan Anda konsisten atau berbeda dengan yang ditemukan atau dilaporkan penulis lain?   

Tabel, harus diberi nomor secara berurut diikuti dengan nama tabel. Tabel harus berada di tengah pada halaman.

Antara nama tabel dan batang tubuh tabel harus dipisahkan dengan spasi (6 pt). Elemen dalam tabel diketik dengan spasi tunggal (single-space). Spasi ganda (double space) digunakan untuk mengelompokkan atau memisahkan bagian-bagian dalam tabel.  Nama tabel diketik dengan 12 pt. Tabel dirujuk dengan menunjuk nomor tabel, misalnya, Tabel 1.

Keterangan atau sumber data pada tabel ditulis di bawah tabel dengan font book Antiqua, ukuran 10 pt.  Sumber data sebagai keterangan tabel hanya diberikan pada tabel yang dikutip dari sumber lain, bukan hasil penelitian penulis yang terkait dengan artikel yang ditulis (Misalnya, untuk data tabel hasil penelitian, tidak perlu menuliskan keterangan tabel dengan Sumber: Data primer setelah diolah).

Contoh

Tabel 1

Differensiasi Peranan dalam Pengelolaan Reproduksi, Pengelolaan Produksi dan Kegiatan Sosial pada Agroekosistem Dataran Tinggi

 

No.

Peranan

Dataran Tinggi (Desa Lanne)

 

Tinggi

Sedang

Rendah

1

Reproduksi

20

(36.4)

25

(45.5)

10

(18.2)

2

Produksi

30

(54.5)

15

(27.3)

10

(18.2)

3

Kegiatan Sosial

10

(18.2)

34

(61.8)

11

(20.0)

 

Rata-rata

20

(36.0)

25

(45.0)

10

(19.0)

 

Total

55

(100)

         

Keterangan: Angka dalam kurung adalah persentase

Tinggi  (3) = Setara,

Sedang (2) = Kurang Setara,

Rendah (1)   = Tidak setara

 

Gambar, diberi nomor secara berurut mulai dari 1. Judul gambar ditempatkan pada bagian tengah tepat di bawah gambar. 

 Contoh:

  

Gambar 1. Sungai Jeneberang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Persamaan, ditulis pada bagian tengah artikel. Apabila persamaan disertai dengan keterangan, maka keterangan ditulis dengan jarak 5 ketukan ke dalam, ukuran huruf 10 pt.

Contoh:

TC = FC + VC

      Keterangan : TC = Total Biaya Produksi

                                            FC = Biaya Tetap

                                            VC = Biaya tidak Tetap

 

 

 

 

Unit, Singkatan dan Simbol, unit metrik yang digunakan. Berikan pengertian singkatan dan simbol pada saat pertama digunakan dalam teks.

Contoh:

  • Singkatan: Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang merupakan salah satu DAS Prioritas Nasional.
  • Simbol: Produksi (Y)

4. Kesimpulan, Kesimpulan harus menjawab tujuan penulisan artikel. Jelaskan bagaimana argumentasi dalam artikel anda lebih maju atau berbeda dengan pengetahuan yang ada sekarang. Tanpa kesimpulan yang jelas, reviewer dan pembaca akan mengalami kesulitan menilai artikel Anda. Berikan justifikasi scientifik argumentasi anda dan tunjukkan kemungkinan aplikasi dan pengembangannya. Anda bisa juga mengemukakan saran untuk penelitian lanjutan atau implikasi kebijakan. 

C. BAGIAN AKHIR

1. Daftar Pustaka, sebutkan publikasi ilmiah yang menjadi rujukan dari artikel Anda.  Sebutkan refensi dengan lengkap (nama penulis, volume, edisi, tahun, nomor DOI). Silakan gunakan Reference Manager Applications seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll.

Semua refensi yang disebutkan dalam teks harus disebutkan dalam Daftar Pustaka. Referensi diurut menurut abjad. Artikel yang tidak dipublikasikan atau komunikasi pribadi tidak perlu disebutkan dalam daftar pustaka, namun dapat disebutkan dalam teks.  

Referensi dalam teks harus disebut lengkap jika mereka memiliki satu atau dua pengarang (misalnya: Jusoff, 2013; Jusoff dan Arsyad, 2013); dalam kasus lebih dari tiga atau beberapa penulis, mereka harus dikutip seperti  Jusoff et al. (2013) atau (Jusoff et al., 2013. Referensi lengkap harus diberikan di bagian Referensi.

Penulisan daftar pustaka pada baris pertama dimulai pada sembir kiri dan pada baris kedua dan seterusnya dimulai 5 ketuk dari sembir kiri. Ditulis satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor berdasarkan nama belakang pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab. 

Pedoman penulisan nama penulis pada literatur yang dirujuk diuraikan, sebagai berikut:

a. Apabila ditulis oleh satu orang, cara penulisannya:

Nama belakang penulis (koma) inisial nama depan-jika ada- (titik) (koma) inisial nama tengah –jika ada- (titik) (koma) tahun publikasi (titik) Judul artikel (titik) identitas lain dari literatur yang dirujuk –tergantung jenisnya-

b. Apabila penulis terdiri dari beberapa orang, maka cara penulisannya:

Nama belakang penulis pertama (koma) inisial nama depan penulis pertama -jika ada- (titik) (koma) inisial nama tengah penulis pertama –jika ada- (titik) (koma) inisial nama depan penulis kedua –jika ada- (titik) (koma) inisial nama tengah penulis kedua –jika ada- (titik) (koma) nama belakang penulis kedua (titik) (koma) – dan seterusnya sama cara penulisan penulis kedua- (koma) tahun publikasi (titik) Judul artikel (titik) identitas lain dari literatur yang dirujuk –tergantung jenisnya-

Jika beberapa artikel ditulis oleh penulis yang sama, maka ditulis berurut berdasarkan tahun terlama ke yang terbaru. Jika dalam tahun yang sama, penulis mengeluarkan beberapa artikel, maka tahun terbitan ditambahkan huruf kecil secara berurut, misalnya: 2017a, 2017b, 2017c, dst. 

Jika merujuk dari Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP) atau jurnal lain, maka harus mengikuti teknik penulisan yang ada pada kotak Sitasi yang ditampilkan di bawah abstrak pada setiap artikel.

Dengan tetap mengacu pada petunjuk yang telah diuraikan, secara spesifik cara penulisan daftar pustaka berdasarkan jenis literatur yang dirujuk, diuraikan sebagai berikut:

Artikel JurnalNama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun publikasi (titik) judul artikel (titik) nama jurnal dicetak miring (koma) volume/tahun terbit (koma) nomor terbitan (koma) bulan dan tahun terbitan (titik dua) halaman mulai (garis mendatar) halaman terakhir (titik)

Elizabeth, 2007. Fenomena Sosiologis Metamorphosis Petani: Ke Arah Keberpihakan Pada Masyarakat Petani di Pedesaan Yang Terpinggirkan Terkait Konsep Ekonomi Kerakyatan. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 25 No. 1, Juli 2007: 29 – 42.

Ali, D. dan R.M. Rukka, 2011. Peran Pedagang Kakao dalam Peningkatan Efisiensi Pasar di Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol. 8, No. 1, Februari 2011: 16 – 23. 

Buku: Nama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun publikasi (titik) judul buku dicetak miring (titik) kota penerbit (titik dua) nama penerbit (titik)

 

Mosher, A.T., 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian: Syarat-Syarat Pokok Pembangunan dan Modernisasi. Jakarta: CV Yasaguna.

Durbin, R., S.R. Eddy, A. Krogh and G. Mitchison., 1999. Biological Sequence Analysis: Probabilistic Models of Proteins and Nucleic Acids. Cambridge: Cambridge University Press. 

Bab dalam Buku: Nama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun publikasi (titik) judul artikel (titik) tulisan “dalam” nama penulis editor (lihat pedoman penulisan nama) (koma) judul buku dicetak miring (koma) (buka kurung) halaman mulai (garis mendatar) halaman terakhir (tutup kurung) (titik) kota penerbit (titik dua) nama penerbit (titik)

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P. J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science     (62 - 84). London: Routledge.

Laporan: Nama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun publikasi (titik) kata “Laporan Penelitian/Studi/Survey/dsb” (titik dua) judul laporan dicetak miring (titik) kota penerbit (titik dua) nama penerbit/instansi (titik)

Jamil, M.H., A. N. Tenriawaru, R.M. Rukka, N. Busthanul, T. Ibrahim, Akhsan, A. Sulili, 2016. Laporan Penelitian: Penguatan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan melalui Posluhdes pada BP3K Dampang, Kabupaten Bantaeng.  Makassar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Prosiding: Nama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun publikasi (titik) judul artikel dicetak miring (titik) prosiding pada nama kegiatan (koma) pelaksana kegiatan (koma) tanggal kegiatan (koma) halaman awal pada proseding (garis mendatar) halaman akhir pada proseding  (titik)

Stock, A., 2004. Signal Transduction in Bacteria. In the Proceedings of the 2004 Markey Scholars Conference, pp: 80-89.

Rahmadanih, S. Bulkis, D. Salman dan M. Fahmid, 2013. Strategi Pengembangan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Melalui Pendekatan Kemasyarakatan Lokal pada Tipologi Dataran Tinggi dan Dataran Rendah. Prosiding pada Lokakarya Nasional dan Seminar Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia, Bogor, 2 – 4 September 2013, (141 – 152).

Skripsi/Thesis/Disertasi: Nama penulis (lihat pedoman penulisan nama) (koma) tahun (titik) judul dicetak miring (titik) Tulisan Skripsi/Thesis/Disertasi Tidak dipublikasikan –apabila tidak terpublikasi- (titik) nama kota (titik dua) program studi (koma) departemen (koma) fakultas (koma) universitas (titik)

Alkhaer M.Z.Z, 2017.  Persepsi Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Sebelum dan Setelah Adanya Program Upsus. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Makassar: Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin.

Dokumen Resmi:

Judul (koma) tahun publikasi (titik) judul artikel (titik) kota penerbit (titik dua) nama penerbit (titik)

Pedoman Penulisan Laporan Penelitian, 1978.  Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990.  Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Rujukan on-line: penulisan daftar pustaka sesuai dengan jenis artikel seperti yang telah diuraikan  dengan penambahan  (buka kurung) kata online (tutup kurung) (koma) setelah nama jurnal/buku/prosiding dan diakhiri dengan (buka kurung) website (koma) kata diakses pada -tulis tanggal, bulan, tahun- (tutup kurung) (titik)

Rukka, R.M., N. Busthanul, N. Fatonny, 2018. Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus hybridus) dengan Pendekatan Business Model Canvas, JSEP 14(1): 41 – 54 (online). (http://pmc.unhas.ac.id/jsep/    download/authorguidelines_jsep_2016.docx, diakses pada tanggal 18 Februari 2018).

Checklist Sebelum Submit

Sebagai bagian dari proses submit, penulis diminta untuk melakukan pengecekan seluruh submission's compliance terutama dalam hal:

1. Artikel ilmiah ini tidak mengandung unsur plagiarisme.

2. Artikel ini belum pernah dan tidak dalam proses publikasi pada media lain baik cetak maupun elektronik

Hak Cipta (Copyright)

Paper harus tunduk pada Creative Commons Attribution License

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan ke dalam situs jurnal JSEP ini akan digunakan secara eksklusif untuk maksud tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.

 

Chief Editor

Darmawan Salman

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel ilmiah ini tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Artikel ini belum pernah dan tidak dalam proses publikasi pada media lain baik cetak maupun elektronik
  3. Penulis yang mengirimkan manuskrip memahami bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta artikel tersebut akan diberikan kepada Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP) Unhas.

    Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP) Unhas.
 

Copyright Notice

This works is under Creative Commons Attribution License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.