Perkembangan Agribisnis Teh Selama Pandemi Covid – 19 di PTPN VIII Kebun Kertamanah, Pangalengan, Jawa Barat

Isi Artikel Utama

Diva Maurizky
Ernah Ernah

Abstrak

PTPN VIII Kebun Kertamanah merupakan perusahaan negara yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN yang bergerak pada produksi tanaman teh yang memiliki reputasi yang baik di Jawa Barat. Akan tetapi hasil produksi teh nasional cenderung menurun beberapa tahun terakhir serta diperkeruh dengan adanya pandemi Covid – 19 yang turut berdampak pada sektor perkebunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan agribisnis teh, mengetahui faktor internal dan eksternal pada perusahaan, serta menentukan strategi pengembangan agribisnis teh yang tepat. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi literatur. Dalam menjelaskan keragaan agribisnis dilakukan secara deskriptif, sedangkan dalam menentukan strategi pengembangan yang tepat, digunakan analisis matriks IFAS, EFAS, IE, dan SWOT. Berdasarkan penguraian data secara deskriptif, subsistem pengadaan input produksi mendukung berjalannya subsistem produksi / budidaya dan subsistem pengolahan, selanjutnya kedua subsistem tersebut mendukung berjalannya subsistem pemasaran. Kelancaran kegiatan seluruh subsistem ditunjang oleh beberapa lembaga penunjang. Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh sembilan alternatif strategi sebagai berikut : (1) Mempertahankan kinerja dan kualitas, (2) Membuka lapangan kerja, (3) Melakukan inovasi, (4) Memaksimalkan penggunaan teknologi, (5) Memaksimalkan aset perusahaan, (6) Bekerjasama dengan aparatur pemerintahan dan lembaga penyuluh, (7) Melakukan perencanaan dengan lebih mendetail, (8) Memanfaatkan program pabrik unggulan, dan (9) Meningkatkan promosi sekaligus edukasi yang menarik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maurizky, D. dan Ernah, E. (2021) “Perkembangan Agribisnis Teh Selama Pandemi Covid – 19 di PTPN VIII Kebun Kertamanah, Pangalengan, Jawa Barat”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 18(1), hlm. 1-14. doi: 10.20956/jsep.v18i1.15280.
Bagian
Articles

Referensi

Arfah, S. Y. C. (2019). Strategi Pengembangan Agribisnis Kakao Di Sulawesi Tengah. Jurnal Agroland, 26(2), 179–188.

Awaliyah, F. (2018). Keragaan Agribisnis Komoditas Mangga Gedong Gincu Di Kabupaten Cirebon. Jurnal Mahatani, 1(2), 129–141.

Choiri, A., & Sunartomo, A. F. (2008). Keragaan Agribisnis Dan Prospek Pemasaran Kopi Rakyat. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (Jsep), 2(3), 13.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Method Approaches. Sage.

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

Gumbira-Sa’id, E., & Intan, A. H. (2001). Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia.

Karmini. (2020). Dasar - Dasar Agribisnis. Mulawarman University Press.

Kurniawan, M. F. T., Darmawan, D. W. I. P., & Astiti, N. W. S. R. I. (2013). Strategi Pengembangan Agribisnis Peternakan Ayam Petelur Di Kabupaten Tabanan T. Jurnal Manajemen Agribisnis, 1(2), 53–66.

Prasetya, M. H., Zebua, D. D. N., & Yuliawati. (2021). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Tingkat Resistensi Petani Terhadap Usahatani Padi Organik. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(1), 39–51.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. (2005). Sistem Manajemen Agribisnis. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rangkuti, F. (1997). Analisis Swot : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Ratih, F., Nanda, F., & Tinaprilla, N. (2012). Analisis Daya Saing Dan Strategi Pengembangan Agribisnis Teh Indonesia. Forum Agribisnis : Agribusiness Forum, 2(1), 33–52.

Silaban, M. G. D. (2020). Strategi Pengembangan Agribisnis Stroberi Pada CV. Bumi Agro Technology, Jawa Barat. Universitas Padjadjaran.

Songi, R. I., Baruwadi, M., & Rauf, A. (2018). Strategi Pengembangan Agribisnis Bawang Merah Di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 3(1), 30–38.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suoth, V., Loho, A. E., & Ruauw, E. (2019). Keragaan Sistem Agribisnis Kakao (Theobroma cacao) Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Agri-Sosioekonomi Unsrat, 15(2), 369–376.