Pemanfaatan Strategi Promosi terhadap Minat Beli Followers Instagram @paktani.co pada Produk Sayur Pack

Isi Artikel Utama

Serrina Dwi Handini
Fadli Mulyadi
Vi’in Ayu Pertiwi

Abstrak

Kehadiran media sosial dianggap dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi jual beli produk. Namun, tidak semua pemasar memiliki strategi untuk memasarkan produknya di media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mendalami pengaruh strategi promosi media sosial yang dilakukan oleh akun @paktani.co karena dinilai kurang luas dalam memasarkan produknya. Maka dari itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengaruh strategi promosi yang dilakukan oleh akun instagram @paktani.co untuk mengetahui minat beli produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2022, dengan responden sebanyak 100 orang yang ditentukan melalui judgment sampling dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat minat responden dalam membeli sayur pack pada akun instagram @paktani.co berkategori sedang dan sudah berada di tahap desire atau memiliki keinginan untuk membeli produk. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel context dan connection terhadap minat beli sayur pack secara parsial. Sedangkan keseluruhan variabel independen yaitu context, communication, collaboration, dan connection berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dengan kontribusi sebesar 57,1% terhadap minat beli sayur pack pada akun instagram @paktani.co.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Handini, S. D., Mulyadi, F. . dan Ayu Pertiwi, V. . (2023) “Pemanfaatan Strategi Promosi terhadap Minat Beli Followers Instagram @paktani.co pada Produk Sayur Pack”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), hlm. 207-218. doi: 10.20956/jsep.v19i3.25576.
Bagian
Articles

Referensi

Daftar Pustaka

Farisi, S. Al, Saroh, S., & Hardati, R. N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Lazada. JIAGABI, 9(2), 377–385.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Mukti, G. W. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen. Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 1(2), 48–63.

Hidaya, N., & Esfandari, D. A. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Akun @duniakulinerbdg terhadap Minat Penggunaan Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner. E-Proceeding of Management, 6(1), 1691–1699.

Johan, Maradonald, & Mukyandi, M. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada @basoacicuankiaa di Sepatan Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–5. http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JIMEB

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Minat Beli Followers Instagram pada Warunk Upnormal. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 78–88. www.dailysocial.id

Listyowati, E. A., Suryantini, A., & Irham. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat dan Keputusan Konsumen Membeli Sayuran dan Buah Secara Online. Jurnal Kawistara, 10(1), 66. https://doi.org/10.22146/kawistara.41891

Mahpolah, Mahdalena, & Purnamasari, V. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kebiasaan Mengkonsumsi Fast Food pada Remaja SMA Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Kedokteran Yarsi, 16(3), 1–12.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategis Kewirausahaan, 2(1), 73–84.

Nareswari, S. P., Yulianti, F., & Zamrudi, Z. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Akun Instagram Argadia Melati Toko Kerajinan Sulam Airguci di Banjarmasin). E-Proceeding.

Oktavia, A. R., Syafiq, A., & Setiarini, A. (2019). Faktor –Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Buah-Sayur pada Remaja di Daerah Rural-Urban, Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Raflesia, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.33088/jkr.vlil.400

Othysalonika, Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1134. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147–155.

Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8).

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 389–399.

Sintesa, N., Indriany, Y., & Astuti, E. D. (2022). Pengaruh Promosi dan Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen pada Restoran Cepat Saji (MC Donald, KFC dan Pizza Hut). The 1st LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH), 11, 18–33.

Sukma, B., & Rivaldo. (2022). Pengaruh Tagline terhadap Brand Awareness pada Software Invoice Paper.id. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 15–24.

Susenas Badan Pusat Statistika (2022). Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Sayur-Sayuran Per Kabupaten/kota (Satuan Komoditas), 2022No Title. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/5/2100/1/rata-rata-konsumsi-perkapita-seminggu-menurut-kelompok-sayur-sayuran-per-kabupaten-kota.html

Syafira, J. A., Ambayoen, M. A., & Kusuma, B. A. (2021). Pengaruh Instagram @pesenkopi_id terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(3), 828–839. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.20

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram : Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica, 1(1), 46–58.

Widyayanti, E. R. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Produk Pakaian Wanita Aris Grosir di Kabupaten Bantul). Seminar Nasional & Call for Paper, 166–179.