Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Gapoktan Mitra

Isi Artikel Utama

Distantya Hanifa
Joko Winarno
Suminah Suminah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas komunikasi pemasaran produk dan  mendeskripsikan variabel serta menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan, personal selling (pejualan perseorangan), direct marketing(penjualan langsung), dan word of mouth baik secara simultan dan parsial terhadao efektivitas komunikasi pemasaran produk di Roko Tani Indonesia Center Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pemilihan sampel secara non-probably sampling. Data dianalisis melalui analisis deskriptif, verifikatif, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan efektivitas komunikasi pemasaran produk gapoktan mitra pada Toko Tani Indonesia Center Yogyakarta meliputi komponen pengetahuan dan behaviour change secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Variabel promosi penjualan, personal selling, direct marketing, dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran produk gapoktan mitra pada Toko TaniIndonesia Center Yogyakarta. Sedangkan variabel periklanan tidak berpengaruh. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,874, artinya 87,4% efektivitas komunikasi pemasaran produk gapoktan mitra pada TTIC Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, promosi penjualan, personal selling, direct marketing, dan word of mouth.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hanifa, D., Winarno, J. dan Suminah, S. (2023) “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Gapoktan Mitra”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), hlm. 219-230. doi: 10.20956/jsep.v19i3.27563.
Bagian
Articles

Referensi

Belch, G. E., and M. A. Belch. 2018. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 11th ed. McGraw-Hill Education.

Chen, J., and X. Shen. 2015. “Consumer Behavior in Online Shopping: A Study on Factors Influencing Purchase Intention.” International Journal of Marketing Studies 7(4):225–35.

Ekawati, M., S. Kumadji, and A. Kusumawati. 2014. “Pengaruh Electronic Word of mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Account Twitter@ WRPdiet).” Brawijaya University 14.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrayani, I., and E. Suprayitno. 2018. “Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Konsumsi Rumah Tangga: Studi Di Desa Kecapi Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 24(2):145–50.

Kumar, S., and S. Patra. 2017. “Does Promotion Mix Really Help to Enhance Brand Equity: A Literature Review.” Indian Journal of Commerce and Management Studies 8(2):80–86.

Sari, P. R., and E. Y. Purwani. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Berlabel Halal.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 10(1):1–20.

Solomon, M. R., G. W. Marshall, and E. W. Stuart. 2019. Marketing Real People, Real Choices. 10th ed. Pearson Education.

Yusuf, R. B. 2017. “Pengaruh Direct marketingDan Personal selling Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong ‘Singkongku’ Di Desa Danasari Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.