Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Petani Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Limbah Tempe

Isi Artikel Utama

Ucca Anantariya
Ugik Romadi
Harwanto Harwanto

Abstrak

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi petani dalam pembuatan pupuk organik cair limbah tempe. Penelitian ini dilakukan di Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur pada bulan Maret-Mei 2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dimana dari 11 kelompok tani terpilih 3 kelompok tani yang masuk dalam  kriteria yang ditentukan dengan jumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi petani dalam pembuatan pupuk organik cair dari limbah tempe yaitu umur, lama berusahatani, pendidikan, keuntungan dan kerumitan. Luas  lahan, kekosmopolitan, serta sarana dan prasarana tidak berpengaruh nyata terhadap motivasi petani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anantariya, U., Romadi, U. . dan Harwanto, H. (2023) “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Petani Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Limbah Tempe”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), hlm. 287-298. doi: 10.20956/jsep.v19i3.27952.
Bagian
Articles

Referensi

Aziz, S., Nuraini, C., & Saepudin, A. (2021). HUBUNGAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI PETANI DENGAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH (Kasus Pada Usahatani Padi Sawah di Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). AGRIBUSINESS SYSTEM SCIENTIFIC JOURNAL, 1(1).

Budiono, A., Nangameka, Y., & Puryantoro, P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Petani Dalam Berusaha Tani Cabe Rawit Di Desa Selowogo Kecamatan Bungatan. JPM: Jurnal Purnama Media, 1(2), 78-88.

Dewandini, S. K. 2010. Motivasi petani dalam budidaya tanaman mending di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret: Surakarta. 131 Hlm.

Lestari, F., Susanti, I., & Jayati, R. D. (2021). Pelatihan Pengolahan Limbah Tempe Menjadi Pupuk Cair Di Desa Payo Lebar. Surya Abdimas, 5(1), 22-27.

Nisa, N. K., & Zain, I. M. (2015). Motivasi Petani dalam Menanam Komoditas pada Daerah Lumbung Padi Di Kabupaten Gresik. Swara Bhumi, 3(3), 80-90.

Rosyid, Z. (2021). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Petani Dalam Berusahatani Tebu (Studi Kasus Di Desa Kertosari Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo). Agribios, 19(1), 15-28.

Zulvera. (2014). Faktor penentu adopsi sistem pertanian sayuran organik dan keberdayaan petani di Provinsi Sumatera Barat. (Disertasi). Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor