PENGARUH PARTISIPASI PETANI TERHADAP LKM-A (LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS) SEMBODOMAKMUR

Main Article Content

Fitri Rosalia Kusumadewi
Abdul Farid
Bambang Sudarmanto

Abstract

Efektivitas menjadi faktor kunci keberhasilan LKM-A (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis) sebagai salah satu unit usaha mikro yang dapat menunjang permodalan usahatani di pedesaan. Sebagaimana amanat dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 82/Permentan/OT.140/8/2013 bahwa selain melaksanakan fungsi pengelolaan unit pengolahan dan pemasaran  hasil, atau unit penyediaan saprodi GAPOKTAN juga harus mampu melaksanakan fungsi unit usaha jasa permodalan. Namun meskipun demikian hingga saat ini penumbuhkembangan LKM-A sebagai salah satu Kelembagaan Ekonomi Petani tidaklah berjalan sesuai dengan apa yang telah dicanangkan. Salah satu faktor yang dapat menghambat penumbuhkembangan LKM-A adalah partisipasi petani selaku sasaran yang menerima dan mengelola LKM-A itu sendiri. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tingkat partisipasi petani di Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu dalam mengelola LKM-A. 2) Mendeskripsikan efektivitas LKM-A di Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. 3) Mengetahui sejauh mana pengaruh partisipasi petani terhadap efektivitas LKM-A di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang tergabung dalam GAPOKTAN Sembodomakmur yakni terdiri dari 238 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik probability Sampling yakni simple random sampling. yang kemudian dihitung dengan rumus slovin dan diperoleh sampel sejumlah 70 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi petani dan efektivitas LKM-A Sembodomakmur berada pada kategori sedang. Partisipasi petani selaku anggota berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas LKM-A.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusumadewi, F. R., Farid, A. and Sudarmanto, B. (2019) “PENGARUH PARTISIPASI PETANI TERHADAP LKM-A (LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS) SEMBODOMAKMUR”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(3), pp. 229 - 238. doi: 10.20956/jsep.v15i3.7073.
Section
Articles

References

Astuti, Aini Nur. 2010. Analisis Efektivitas Kelompoktanidi Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Jawa Tengah : Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sbelas Maret Surakarta.

Amilia, Riska Elanda. 2015. Pengaruh Partisipasi Anggota dan Permodalan Terhadap Keberhasilan Koperasi di KPRI Hidup Kabupaten Tulungagung. Surabaya: Jurnal Pendidikan Ekonomi Edisi Yudisium. Vol 3. No 3. Hal:1-10.

Buku Pelaksanaan Penumbuhan Dan Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani Tahun 2016. 2015. Jakarta: Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian.

Mardikanto, Totok. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: UNS Press.

Kurniawan, Albert. 2010. Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Setianingrum, Maria Erra. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggota Dan Pelayanan Kredit Terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kopekoma Kota Magelang. Jawa Tengah: Skripsi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.