Pemanfaatan Sungai Tallo sebagai Potensi Transportasi Sungai Berbasis Ekowisata di Kota Makassar

Authors

  • Indira Satriani Nursalam Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
  • Ananda Malaeika Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
  • Dimas Prayogi Setyo Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Keywords:

Ekowisata, Sungai, Transportasi

Abstract

Sungai Tallo dan segala potensinya yang begitu besar, belum dimanfaatkan secara optimal baik itu dari pihak swasta maupun pihak pemerintah. Penelitian ini betujuan untuk mengoptimalkan potensi Sungai Tallo dalam bidang transportasi demi mendukung Makassar sebagai Kota yang Berkelanjutan. Hal ini dikarenakan pemanfaatan Sungai Tallo sebagai transportasi air dapat meningkatkan kualitas lingkungan baik air maupun udara. Pemanfaatan Sungai Tallo juga diharapkan membangunkan sektor potensial lainnya seperti pariwisata. Metode dalam penelitian ini ada metode deskiptif kualitatif seputar potensi-potensi yang ada, dan kualitatif dalam pengolahan data kebutuhan dan keterkaitan aktivitas yang ada. Selanjutnya dilakukan analisis yang mengintergasikan variabel satu dengan variabel lainnya guna menghasilkan suatu perencanaan yang saling terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koridor Sungai Tallo dapat dikembangkan menjadi jalur tranasportasi air (waterway) yang menghubungkan pusat-pusat kawasan strategis dan kawasan cepat tumbuh di Kota Makassar maupun daerah hinterlandnya serta dapat dikembangkan menjadi objek wisata alam. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indira Satriani Nursalam, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.

Fakultas Teknik

References

David, Fred. R. (2011). Strategic management: concepts and cases. Fred

R. David.—13th ed. Francis Marion University, Florence, South Carolina.

Hidayat, Ferry Taufik. 2014. Analisis SWOT dalam Meningkatkan Pelayanan Program Transjakarta. Skripsi FISIP UI 2014.

Ibrahim, Roslinda dkk. 2013. "Pengembangan Kawasan Sungai Tallo: Sebuah Upaya Peningkatan Kualitas Kota Makassar." Prosiding Temu Ilmiah IPBLI 2013.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/02/man faat-transportasi-sungai-di-jakarta- pelestari-ekologi. Diakses pada 10 Oktober 2016

Tamin, Ofyar Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, penerbit ITB: Bandung.

Downloads

Published

2017-12-29

Issue

Section

Articles