PENGARUH ANTARA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI, DAN KUALITAS LAYANAN DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA RUMAH SAKIT HAJI MAKASSAR

Authors

  • Noer Bahry Noor
  • Burhanuddin Bahar
  • Guntur R Fara

DOI:

https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i3.468

Keywords:

IT, diferensiasi, kualitas, kemampuan bersaing

Abstract

Perkembangan persaingan antar perusahaan semakin ketat baik pada tingkat regional maupun global. Pada sebagian besar industri jasa, kualitas layanan secara umum diterima sebagai suatu faktor penentu (key factor). Zeithaml dan Berry menyatakan bahwa kualitas layanan merupakan strategi yang mendasar dalam upaya perusahaan meraih sukses dan keberlanjutan dalam lingkungan bisnis yang ketat. Kualitas pelayanan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti penggunaan teknologi informasi dan implementasi strategi diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing, dan pengaruh implementasi strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory adalah untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui proposisi konfirmatory dan pengujian. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan Structural Equation Modelling (SEM). Perwakilan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yang sesuai dengan menggunakan teknik analisis SEM.Teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, strategi diferensiasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif, kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Teknologi informasi dan strategi diferensiasi dapat memengaruhi kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan itu sendiri akan memengaruhi keunggulan bersaing rumah sakit. Kesimpulannya adalah penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sedangkan strategi diferensiasi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

References

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. Delivering Quality Service : Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press. 1990:40-48.

Churchill GA, Surprenant C. An Investigation into the Determinants of Customer Satisfaction. Journal of Marketing Research. 1982; 19(4): 491-504.

Wahlers JL. Competitive Factors and Performance Measurement : Applying the Theory of Constraints to Meet Customers Needs. International Journal of Production Economics. 1994:229-240.

Menon A, Jaworski BJ, Kohli AK. Product Quality : Impact of Interdepartmental Interactions. Journal The Academy of Marketing Science. 1997;25 (3):187-200.

Zhu FX, Wymer W, Chen I. IT-Based Services and Service Quality in Consumer Banking. International Journal of Service Industry Management. 2002;13 (1): 69-90.

Jabnoun, Chaker. Comparing the Quality of Private and Public Hospitals. Journal of Managing Service Quality. 2003;13 (4):290-299.

Anonymous. A Model of Service Quality for Training. Journal Industrial & Comercial Training. 1996; 28 (6):31.

Getz GA, Sturdivant FD. The Nuts and Bolts of Formulating Differentiation Strategy. California Management Review. 1989:114.

Grant RM. The Resource-Based Theory of Competitive Advantage: Implications for Strategy Formulation. California Management Review. 1991:114.

Muafi. Mengelola Persaingan Kompetitif Melalui Aliansi Strategis. Telaah Bisnis. 2000; 1 (2): 133-146.

Downloads

Published

2016-06-21

Issue

Section

Articles