Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Media Kesehatan Masyarakat Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal MKMI menerima manuskrip berupa laporan penelitian (Original article research paper) dalam bidang studi Kesehatan Masyarakat yang belum pernah atau sedang diproses untuk diterbitkan di jurnal lainnya. Manuskrip dapat menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Manuskrip dikirim/submit berupa file MS Word ke OJS MKMI. Panduan Submit Bisa di Download Disini

Aturan penulisan Jurnal MKMI sebagai berikut :

  • Manuskrip ditulis di kertas berukuran A4 (satu kolom), dengan batas tepi (margin) 2,5 cm tiap tepi, huruf (font) Times New Roman, besar huruf (font size) 11 point dan spasi 1,5.  maksimum 15 halaman dalam satu artikel. Setiap halaman diberikan nomor secara berurutan, mulai dari halaman judul sampai terakhir pada sudut sebelah kanan bawah.
  • Komponen artikel meliputi Judul artikel, Penulis, Abstrak (Indonesia dan Inggris), Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, saran, Ucapan Terima kasih, Daftar Pustaka dan Lampiran. Template/Format Penulisan dapat di download Disini.

  • Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 12 kata tanpa mencantumkan tahun. Judul harus jelas, padat dan menarik.

  • Penulisan abstrak maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris dengan menggunakan Times New Roman 11 point, spasi 1. Abstrak berisi : pendahuluan (1-2 kalimat), tujuan penelitian (1 kalimat), bahan dan metode (3-5 kalimat), hasil penelitian (3-5 kalimat), kesimpulan (1 kalimat) yang dibuat dalam 1 (satu) paragraf.

  • Kata kunci : Minimal 3 kata maksimal 5 kata  (huruf kapital hanya terdapat pada kata kunci pertama, dipisahkan dengan tanda koma dan tidak diakhiri tanda titik pada kata kunci terakhir)

  • Pendahuluan berisi urgensi dan latar belakang masalah penelitian yang diuraikan dengan metode piramida terbalik mulai dari tingkat global, nasional dan lokal. Mencantumkan referensi (pustaka atau hasil penelitian relevan) dengan menggunakan nomor sumber (Vancouver superscript) disetiap kalimat setelah tanda titik (.) Jumlah halaman pada bagian pendahuluan sebanyak 1-1,5 halaman yang ditulis dengan menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Tiap paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam 5 digit. Bagian akhir pendahuluan harus mengemukakan tujuan penelitian.

  • Bahan dan Metode menjelaskan tentang jenis penelitian, lokasi dan waktu penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Penelitian yang menggunakan alat dan bahan, perlu menuliskan spesifikasi alat dan bahan yang digunakan. Penelitian kualitatif seperti studi kasus, fenomenologi, etnografi, dan lain – lain, perlu menambahkan uraian mengenai pengecekan keabsahan hasil penelitian. Penulisan menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam 5 digit dan tidak boleh menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam “anak sub-judul” pada bagian ini. Ditampilkan dalam 1-2 paragraf.

  • Bagian Hasil menguraikan tentang karakteristik subjek penelitian, analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat (jika ada). Pada bagian ini TIDAK DIPERBOLEHKAN memasukkan tabel dan gambar. Interpretasi hasil penelitian dibuat dalam bentuk naratif, tabel dan gambar dibuat terpisah di bagian lampiran. Penulisan menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam 5 digit dan tidak boleh menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam sub-headings untuk setiap variabel.

  • Bagian Pembahasan berisi alasan yang menjelaskan hasil penelitian dan penelitian lain yang mendukung dan tidak sejalan dengan hasil penelitian yang diperoleh. TIDAK DIPERBOLEHKAN menggunakan kalimat yang sama dengan yang tercantum di bagian hasil dan TIDAK DIPERBOLEHKAN membaca ulang tabel dan grafik hasil analisis. Namun, hasil bisa dikelompokkan untuk diinterpretasikan dan dibahas berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu. Penulisan menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam 5 digit dan tidak boleh menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam sub-headings untuk setiap variabel.

  • Kesimpulan berisi ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian. Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan. Penulisan kesimpulan dan saran menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam 5 digit dan tidak boleh menggunakan bullet atau nomor. Ditampilkan dalam 1 paragraf.

  • Jika diperlukan ucapan terima kasih dapat diberikan kepada 1) pihak-pihak yang memberikan bantuan dana dan dukungan, 2) dukungan dari bagian dan lembaga, 3) para profesional yang memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan.

  • Daftar pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver. Semua referensi yang digunakan dalam penulisan di daftar pustaka diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel, bukan menurut abjad. Hanya mencantumkan kepustakaan yang dipakai dan relevan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Sumber rujukan berupa jurnal dari artikel minimal 60% dari total daftar pustaka. Rujukan yang digunakan adalah sumber primer berupa artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian, buku atau artikel yang terkait dari sumber resmi. Artikel yang telah dimuat dalam jurnal MKMI disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.  Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi standar seperti Endnote, Mendeley, Zotero, RefWorks  atau Colwiz.

  •  Lampiran berisi tabel dan gambar yang dilengkapi dengan nomor urut sesuai urutan penampilannya dalam teks dengan menggunakan angka arab. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel, sedangkan judul gambar ditulis di bagian bawah gambar dengan menggunakan Times New Roman font 12, Bold, spasi 1. Tabel disajikan tanpa garis vertikal/garis kolom. Isi tabel diketik dengan Times New Roman font 12, spasi 1.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Lisensi Creative Commons
Jurnal MKMI disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.