Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien

Ratna Dwi Wulandari, Ilham Akhsanu Ridho, S. Supriyanto, M. Bagus Qomaruddin, Nyoman Anita Damayanti, Agung Dwi Laksono, Alida Nella Fedelina Rassa

Abstract


Sejak diberlakukannya kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), seluruh puskesmas di Indonesia wajib mengikuti akreditasi. Melalui akreditasi, diharapkan kualitas pelayanan puskesmas semakin meningkat, salah satu diantaranya dapat dilihat dari peningkatan kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh akreditasi terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancang bangun cross-sectional, yang dilakukan kepada 90 pasien puskesmas yang pernah berkunjung ke puskesmas sebelum dan sesudah akreditasi. Sampel diambil secara accidental sampai memenuhi kuota yang ditetapkan untuk tiap puskesmas. Uji Paired-Sample T Test dilakukan untuk melihat signifikansi perbedaan skor kepuasan sebelum dengan sesudah akreditasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor kepuasan yang signifkan antara sebelum dengan sesudah akreditasi untuk dimensi mutu responsiveness, credibility, competence, communication, security, access, courtesy, understanding customer dan tangibles. Dimensi reliability tidak ditemukan perbedaan yang signifikan. Sedangkan khusus untuk dimensi understanding cutomer terjadi penurunan skor kepuasan sesudah akreditasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akreditasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, penting bagi puskesmas memperbaiki sistem pelayanannya terutama terkait dengan pemenuhan janji layanan yang telah ditetapkan sebagai sasaran mutu. Penyebaran informasi kepada masyarakat harus ditingkatkan, agar masyarakat menjadi mengetahui adanya akreditasi yang dijalankan oleh puskesmas.


Keywords


Akreditasi, kepuasan, mutu, pasien, puskesmas

Full Text:

PDF

References


Kapoor BP. Why Quality in Healthcare? Medical Journal Armed Forces India [Online Journal]. 2011;67(3):206–208. Available at:http://dx.doi.org/10.1016/S0377-1237(11)60040-3.

Gupta KS, Rokade V. Importance of Quality in Health Care Sector : A Review. Journal of Health Management. 2016;18(1):1–11.

World Health Organization. Quality and Accreditation in Health Care Services: a Global review [Online]. Geneva: World Health Organization; 2003. Available from: http://whqlibdoc.who.int/hq/2003/WHO_EIP_ OSD_2003.1.pdf

Desveaux L, Mitchell JI, Shaw J, Ivers N. Understanding the Impact of Accreditation on Quality in Healthcare: A Grounded Theory Approach. International Journal for Quality Health Care. 2017:29(7);1–7.

Hoag BG, Ritschard H V., Cooper CL. Obstacles to Effective Organizational Change: The Underlying Reasons. Leadership and Organization Development Journal. 2002;23(1):6–15.

Avey JB, Wernsing TS, Luthans F. Can Positive Employees Help Positive Organizational Change? Impact of Psychological Capital and Emotions on Relevant Attitudes and Behaviors. Journal of Applied Behavioral Science. 2008;44(1):48–70.

Devkaran, S., O’Farrell P. The Impact of Hospital Accreditation on Quality Measures: an Interrupted Time Series Analysis. BMJ Health Services Research. 2015:15(137);1-14.

Yousefinezhadi, Taraneh, Mosadeghrad, Ali Mohammad, Arab, Mohammad, Ramezani, Mozhdeh, Sari AA. An Analysis of Hospital Accreditation Policy in Iran. Iranian Journal of Public Health. 2017;46(10):1347–1358.

Yarimoglu, E.K. A Review on Dimensions of Service Quality Models. Journal of Marketing Management. 2014:2(2);79-93.

Kementerian Kesehatan RI. Standar Akreditasi Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI; 2014.

Ferrand YB, Siemens J, Weathers D, Fredendall LD, Choi Y, Pirrallo RG, et al. Patient Satisfaction with Healthcare Services a Critical Review. Quality Management Journal. 2017;23(4):6–22.

Supriyanto, S., Wulandari RD. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Health Advocacy; 2011.

Batbaatar E, Dorjdagva J, Luvsannyam A, Savino MM, Amenta P. Determinants of Patient Satisfaction: A Systematic Review. SAGE Journals. 2016;137(2):89–101.

Fatima I, Humayun A, Iqbal U, Shafiq M. Dimensions of Service Quality in Healthcare: a Systematic Review of Literature. International Journal Quality Health Care. 2019;31(1):11–29.

Respati SA. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2014. [Skripsi]. Semarang Universitas Negeri Semarang; 2015. Available at: https://lib.unnes.ac.id/20257/1/6411411220-S.pdf

Mirshanti F. Pengaruh Status Akreditasi Puskesmas, Faktor Sosial Ekonomi dan Jenis Asuransi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien di Puskesmas. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret; 2017.[Online]. Available at:https://eprints.uns.ac.id/39498/1/S021508013_pendahuluan.pdf

Yewen MR, Korompis GEE, Kolibu FK. Hubungan antara Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;7(5).

El-Jardali F, Hemadeh R, Jaafar M, Sagherian L, El-Skaff R, Mdeihly R, et al. The Impact of Accreditation of Public Healthcare Centers: Successes, Challenges and Policy Implications as Perceived by Healthcare Providers and Directors in Lebanon. BMC Health Services Research. 2014;14(86).

Hazfiarini A, Ernawaty. Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2016;4(2):77–85.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v15i3.6195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats