REPRESENTASI IDEOLOGI DIBALIK MITOS DALAM MENGEMAS MAKNA SUBJEKTIF IKLAN MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK: SEBUAH ALTERNATIF SEMIOTIKA

Authors

  • Nurginaya Ginaya student

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v17i2.12201

Abstract

Periklanan cukup memberi kesan persuasif pada khalayak demi melariskan produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini ialah mengungkap makna terdalam pada representasi ideologi dibalik mitos dalam mengemas makna subjektif iklan media cetak “Kopi Good Day” dan iklan media elektronik “Garnier Micellar Water” sebuah alternatif semiotika. Teori yang digunakan mengungkap makna iklan menggunakan teori John Fiske dan Barthes: level 1 realitas, level 2 representasi, level 3 ideologi, pemaknaan paradigmatik (sinkronik), hingga sampai pada mitos. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan media elektronik durasi 14 detik dengan perolehan gambar analisis sebanyak 14 gambar menghasilkan pemaknaan subjektif yang dipandang dari segi ideologi bahwa perempuan identik dengan warna pink (merah muda) yang tampak pada pakaian model, lalu dipadukan dengan kemasan Garnier Micellar Water baru juga berwarna pink menandakan bahwa produk tersebut khusus untuk perempuan. Selain itu, sangat praktis digunakan dengan khasiat yang luar biasa dan tampilan sederhana. Mitos yang tertemukan pada iklan ini ialah wanita menyukai warna pink dan hal-hal praktis, sederhana, juga nyaman. Sementara, iklan media cetak menghasilkan pemaknaan subjektif dari segi ideologi bahwa orang-orang pada umumnya menantikan hari yang penuh dengan kesenangan. Kopi ditandai sebagai salah satu minuman terbaik yang disukai banyak kalangan. Oleh sebab itu, penamaan Kopi Good Day Karena Hidup Perlu Banyak Rasa sangat sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada pada keseharian masyarakat. Mitos yang terungkap pada iklan ini ialah Kopi Good Day berbagai varian rasa menjanjikan kesenangan di tiap harinya. Kedua produk tersebut berusaha menguasai pasar iklan agar tertanam dalam ideologi masyarakat secara persuasif dengan memasuki kehidupan sehari-harinya. Kata Kunci: Perempuan, Pink, Kopi, Ideologi, Mitos, Subjektif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Ginaya, N. (2020). REPRESENTASI IDEOLOGI DIBALIK MITOS DALAM MENGEMAS MAKNA SUBJEKTIF IKLAN MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK: SEBUAH ALTERNATIF SEMIOTIKA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(2), 31-46. https://doi.org/10.20956/jna.v17i2.12201