Hasrat Nizar Qabbani Dalam Kumpulan Puisi Qomus Al-Asyiqin : Prespektif Psikoanalisis Jacques Lacan

Authors

  • Bagja Agung Gadjah Mada University

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.26141

Abstract

Karya sastra merupakan hasil limpahan hasrat yang tertuang dalam bentuk teks. Karena hasrat merupakan hal yang tersembunyi dari diri seseorang yang tidak bisa diketahui namun dapat dicurahkan; manifestasi hasrat yang menghasilkan karya sastra tentunya akan tertuliskan apa yang ada di alam bawah sadar pengarang, karena pada hakikatnya pengarang pasti mengalami lack yang harus dipenuhi. Karena alam bawah sadar (termasuk hasrat) Nizar Qabbani dengan naturalnya atau ketidaktauannya muncul, sekaligus bergerak termanifestasikan dalam antologi puisi yang ada dalam buku Qomus Al-Asyiqin. Maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini diantaranya 1.) Bagaimanakah rantai rangkaian penanda sebagai trasformasi (manifestasi) hasrat Nizar Qabbani melalui aturan main metafora dan metonimi dalam Qomus Al-Asyiqin ? 2) Bagaimanakah hasrat dari Nizar Qabbani yang tertuang dalam Qomus Al-Asyiqin ? Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prespektif dan metode Jaques Lacan, dengan cara menganalisis yang dimulai dari kata, frasa, bait dan baris dalam antologi puisi; hal tersebut dilakukan untuk menemukan kondisi-kondisi dari alam bawah sadar Qabbani (subjek) yang ‘bermain hasrat’ pemenuhan diri melalui mekanisme dari metafora dan metonimi. Kata Kunci : Hasrat; Nizar Qabbani; Qomus Al-Asyiqin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesi, P., & Yuniati, I. (2021). HASRAT TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KAMI BUKAN SARJANA KERTAS KARYA J.S KHAIREN. Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu,.

Andika, F. I. (2022, Juni 2). Jacques Lacan: Mengapa Kita Selalu Berhasrat? Diambil kembali dari Qureta: https://www.qureta.com/post/jacques-lacan-mengapa-kita-selalu-berhasrat

Anggreini, H., & Pujiharto. (2019). HASRAT SARTIKA SARI DALAM KUMPULAN PUISI ELEGI TITI GANTUNG: PERSPEKTIF PSIKOANALISIS LACANIAN. Atavisme.

Evans, D. (2006). An Introductory Dictionary of Lacanian Psychoanalysis. London: Taylor & Francis e-Library.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Faruk. (2020). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Lacan, J., & Tomaselli, S. (1988). The Ego in Freud’s Theory and in the Technique of Psycoanalysis. London: W.W. Norton & Company.

Manik, R. A. (2016). HASRAT NANO RIANTIARNO DALAM Cermin Cinta: KAJIAN PSIKOANALISIS LACANIAN. Jurnal Poetika.

Musliyana, & Sudikan, S. Y. (2022). HASRAT TOKOH UTAMA LANGGIR JANAKA DALAM NOVEL RASUK KARYA RISA SARASWATI . Bapala.

Polimpung, H. Y. (2010). Psikoanalisis paradoks kedaulatan kontemporer - kasus kebijakan global waron terror Amerika Serikat semasa pemerintahan George W. Bush . Jakarta: Tesis.

Qabbani, N., & Rahman, M. (2020). Qomus Al-Asyiqin. Yogyakarta: DIVA Press.

Qabbani, N., & Rahman, M. (Agustus). 2020. Yogyakarta: DIVA Press.

Rozida, S. (2019). METONIMI DAN METAFORA JAQUES LACAN DALAM SUBJEK LAGU CIDRO. el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education.

Sahara, D. (2019). HASRAT EKA KURNIAWAN DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS (KAJIAN PSIKOANALISIS JACQUES LACAN). Salaka.

Sakina, R. (2020, Juli 27). Perkembangan Sastra Arab pada Masa Umayyah & Abasiyyah. Diambil kembali dari Basaha dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora: https://bsa.uinsgd.ac.id/blog/2020/07/27/sastra-arab-masa-umayyah-abasiyyah/

Schutter, D. D. (1983). A Study of Metaphor and Metonymy in Lacan. Georgetown University.

Septiaji, A. (2017). KONFLIK SOSIAL DALAM ANTOLOGI PUISI ESAI: SERAT KEMBANG RAYA KARYA FATIN HAMAMA, DKK. Arkhais.

Yunus, M. (2015). Sastra (Puisi) Sebagai Kebudayaan Bangsa Arab. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Bagja Agung. (2023). Hasrat Nizar Qabbani Dalam Kumpulan Puisi Qomus Al-Asyiqin : Prespektif Psikoanalisis Jacques Lacan. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 20(3), 32 - 44. https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.26141