DIGITALISASI UMKM DALAM RANGKA MEMBANGUN EKOSISTEM DIGITAL PADA MASYARAKAT UMKM SULAWESI

Authors

  • Hasnawiya Hasan Hasanuddin University
  • Haliah Hasanuddin University
  • Muhammad Alief Fahdal Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.18403

Keywords:

UMKM, digitalization, website

Abstract

COVID-19 phenomena has effect on the collapse of mayority Indonesia UMKM during pandemic. Large scale social restriction during the pandemic is the main reason of the collapse of mayority UMKM in Indonesia. Therefore, a transformation from conventional marketing methode to a digital marketing which is more efficient is necessary for these UMKM. However, the knowledge limitation of traditional UMKM society is real obstacle to change and grow for them. Beside COVID 19, new technology era also demands a development in UMKM society. The growth of local products which is the potential to be exported and the unique life style of Indonesian people who choose to shop via online during post pandemic has become motivation to adopt digital marketing technology. As strategy for development of internet technology, the aim of Hesamuddin University Community Service in this project is to convert conventional UMKM into digital UMKM in order to increase cost efficiency, improve product appealing, and increase prosperity of UMKM society. This UMKM digitalization website is chosen to be applicated because website is popular among other technology. So that, UMKM owners is expected to expand the marketing range nationally and internationally. In this case, the community service team of Hesamuddin University design website using PHP, Java Script, CSS, or hand coding technic.  Websites are designed using Visual Studio Codes software, testing and verification using XAMPP software, and uploading using hosting and domain from web hosting company in Indonesia. The programs in this community service project are designing business websites for the UMKM partners and organizing UMKM digitalization training for public and UMKM partners. In the future, this digitalization UMKM could be adopted by the majority UMKM in Indonesia so that could be more convenient in selling and marketing, cost efficiency, and improve products appeal  --- Adanya COVID-19 membuat banyak pengusaha UMKM mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perubahan terhadap metode marketing konvensional menjadi metode digital marketing yang lebih efisien. Namun rendahnya wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai digital marketing menjadi hambatan bagi UMKM konvensional untuk berkembang.  Semakin banyaknya produk lokal yang layak diekspor dan perubahan gaya hidup masayarakat Indonesia pasca pandemi yang lebih menyukai berbelanja secara online menjadi motivasi tersendiri untuk menggunakan teknologi digital marketing. Menyiasati perkembangan teknologi ini, maka mengkonversi UMKM konvensional ke dalam bentuk UMKM digital. Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Hasanuddin menggunakan website berbasis PHP, Java Script, CSS, atau menggunakan teknik handcoding, Desain websites dikerjakan dengan menggunakan software Visual Studio Code, diujicoba dengan software XAMPP, dan diupload pada hosting dan domain yang dimiliki oleh perusahaan web hosting di Indonesia. Dalam program pengabdian ini, selain membuat website bisnis untuk mitra-mitra UMKM, juga dilakukan pelatihan digitalisasi UMKM untuk umum dan mitra. Hasil dari pengabdian ini adalah telah sukses menkonversi UMKM konvensional ke bentuk UMKM digital dalam format websites bisnis dan juga mengajak mitra memasarkan produk via internet. Dimasa depan, diharapkan program ini mampu diadopsi oleh mayoritas UMKM di Indonesia sehingga memudahkan dalam operasional penjualan dan pemasaran, mengurangi biaya dan meningkatkan daya tarik terhadap produk. Hasil kegiatan pengabdian telah berhasil melakukan transformasi kedalam bentuk digital UMKM diindikasi dengan produk websites untuk mitra UMKM, yang dirancang dengan teknik handcoding menggunakan bahasa pemogramman PHP, CSS, dan Javascript. Websites telah diupload ke domain dan hosting milik salah satu perusahaan web hosting di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, A., Mulbar, U., dan Suliana, A. (2019). Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 37–53.

Dewi, Ni Putu Ayu Wulan Purnama dan Mahyuni, Luh Putu (2021). Optimalisasi Internet Marketing Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Handicraft Di Desa Sebatu. Jurnal Panrita Abdi, 6(2), 324-334.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Kaukab, E. (2021). Pemasaran Produk Berbasis Teknologi Informasi Sederhana. April, 67.

Kustin, A (2017). UMKM Go Online (pp. 1–3). Retrivied from. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online

Mangeswuri, D. R., Wuryandani, D., Purwanto, N. P., Hendra, S. P., Meilani, H., Sayekti, N. W., dan Rivani, E. (2018). Industri Kreatif, Fintech dan UMKM dalam Era Digital. In Jurnal Teknologi Informasi.

Tanjia Chowdury. M. J. A. (2019). An Easy Way of Learning : HTML,CSS,JS,PHP, and MySQL. Lambert Academic.

Tri, D. D., dan Darwanto. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang. Ilmu Ekonomi, 2, 1–40.

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., dan Henny, C. (2020). Belanja on-line mahasiswa di era pandemi covid-19: modifikasi perilaku konsumen. Islamic Communication Journal, 5(2), 143. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.2.6450

Wati, A. P., Martha, J. A., dan Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Edulitera (Vol. 59).

Wijoyo, Hadion, Vensuri, Hamzah, Widianti, Musnaini, Sunarsi, Denok, Haudi, Prasada Dodi, Muhammad Luthfi, Asep, dan Rizka Akbar, I. (2019). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia: Tantangan Dan Peluang Pengembangan Iptek. Jurnal Transborders, 3(1), 15. Retrivied from https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Hasan, H., Haliah, & Fahdal, M. A. (2023). DIGITALISASI UMKM DALAM RANGKA MEMBANGUN EKOSISTEM DIGITAL PADA MASYARAKAT UMKM SULAWESI . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 646-654. https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.18403